Cara Mengembalikan Setting Enable Java Script di Firefox Baru

Cara Mengembalikan Setting Enable Java Script di Firefox Baru | Apakah anda sudah update Firefox ke versi 23 atau yang lebih tinggi? Jika ya, maka mungkin anda menyadari, kalau ada beberapa fitur standar yang dihilangkan. Fitur penting yang dihilangkan itu 3 diantaranya adalah pilihan untuk otomatis mengunduh gambar, mengaktifkan JavaScript, dan selalu menampilkan tab bar.

Mengapa dihilangkan? Mungkin, pihak Mozilla merasa ketiga fitur tersebut tidak diperlukan pengguna, toh sekarang rata-rata pengguna memiliki akses internet yang cepat. Betul, tapi itu di luar sana. Di Indonesia? Wong menkominfo kita, Tifatul itu, malah bertanya, untuk apa akses internet kecepatan tinggi. Kan?

Yang paling membutuhkan ketiga fitur diatas adalah pengguna browser yang tidak memiliki akses internet cepat, apalagi kita yang sudah internetnya lambat, tidak stabil, pakai kuota lagi, hmmmm….

Misalnya kita bisa matikan gambar dan JavaScript, hmmmm, lumayan banget tuh penghematan kuota internet kita. Okelah, Firefox versi terbaru selalu membawa fitur-fitur baru yang bagus dan berguna, terutama dari sisi keamanan user terhadap malware dan phising. Tapi kalau ketiga fitur dasar tadi hilang, ya bikin kurus, karena jatah makan jadi dipakai untuk jatah kuota, haha…. alay banget ya…
Firefox Versi Terbaru

Loading...
Terus harus bagaimana dunk?
Ok, mari kita coba mengembalikan mereka. Tutorial berikut akan mengembalikan dua fitur saja, yaitu:

  • Load images automatically
  • Enable JavaScript

Sebenarnya Firefox tidak benar-benar menghapus mereka. Kita masih bisa mengaktifkannya. Seperti biasa, kalau sudah berurusan dengan fitur tersembunyi di browser, kita harus berurusan dengan halaman about:config.
Untuk mengembalikan mereka, ikuti beberapa langkah sederhana berikut ini:

  1. Buka Mozilla Firefox dan ketik about:config di address bar dan tekan Enter. Akan muncul pesan peringatan, silahkan lanjut dengan menge-klik pada tombol ‘I’ll be careful, I promise!
  2. Untuk mengaktifkan atau mematikan pilihan “Load images automatically”, ketik permissions.default.image di dalam kotak Search Filter dan anda akan menemukannya dalam daftar pilihan.mengaktifkan atau mematikan pilihan “Load images automatically"

    Nah, nilai defaultnya adalah 1, artinya semua gambar akan di load otomatis. Untuk mematikannya, ubah nilainya menjadi 2. Kalau anda mau mengijinkan gambar dari website tersebut tetap diload, tapi gambar yang berasal dari alamat lain di matikan, isi dengan 3.

  3. Untuk mengaktifkan atau mematikan pilihan JavaScript, sama seperti tadi, cuman sekarang ketikkan javascript.enabled di dalam kotak Search Filter. Anda akan menemukan nilai boolean dengan nama “javascript.enabled” di dalam preference list.image
  4. Nilai defaultnya adalah true, artinya JavaScriptnya enabled atau aktif. Nah, untuk mematikannya, tinggal ganti dengan nilai false. Untuk mengubahnya, anda bisa dengan melakukan double click pada nama preferensi atau dengan klik kanan.
  5. Kalau untuk fitur “Always show the tab bar“, Mozilla benar-benar sudah menghapusnya. Pada versi terbaru Firefox, nilai “browser.tabs.autohide” sudah tidak ada lagi dalam source code nya. Bahkan jika kita membuat preferensi sendiripun tetap tidak bisa.
Nah, begitulah cara mengakses dan mengubah preferensi autoload gambar dan JavaScript di Firefox versi baru.
Jika anda merasa masuk ke halaman about:config itu terlalu rumit dan menakutkan, silahkan pakai add-on “SettingSanity” yang sekarang bisa di download. Ini jauh lebih mudah.

Anda bisa download di sini:

Download SettingSanity Add-on for Mozilla Firefox
Sekarang, kita tidak perlu bingung lagi. Bisa pakai cara manual dengan masuk ke about:config, atau dengan yang lebih otomatis melalui add-on SettingSanity tadi.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....