Cara Menangkap Tampilan Layar di Laptop atau PC Windows

Cara menangkap tampilan layar di laptop atau PC Windows itu ada beberapa. Bisa dengan menggunakan fitur bawaan Windows dengan memanfaatkan tombol PrtSc, atau dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga. Hampir semua aplikasi pengolah gambar menambahkan fitur penangkap layar sebagai fitur tambahan. Bisa juga dengan menggunakan addon Firefox NativeShot. Terserah kamu. Tapi buat saya, tombol PrtSc sudah cukup.

Selain karena kita tidak perlu install apapun, cara menangkap layar dengan tombol PrtSc ini juga sangat mudah. Kamu bisa lakukan di laptop apapun selama memakai OS Windows. Di Linux juga bisa. Agak beda sedikit sih. Kalau di Windows, hasil print screen akan masuk di clipboard, sementara Linux akan langsung menempatkan hasilnya menjadi sebuah file gambar di folder Pictures.

Asal tahu saja, tombol Print Screen ini bisa punya tulisan berbeda-beda. Ada yang bertuliskan Print Screen, PrtScn, atau Prt Sc Sysrq. Semua berfungsi sama. Kalau di keyboard kamu ada tambahan Sysrq itu berarti tombol ini punya dua fungsi. Tapi fungsi pertama-nya tetap Print Screen.

Cara menangkap tampilan layar dengan tombol Prt Sc

Cara menangkap tampilan layar dengan tombol Prt Sc

Sangat mudah kog, begini caranya:

  1. ketika kamu ingin menangkap layar yang sedang tampil, tekan tombol Prt Sc. Biasanya kamu bisa menemukan tombol ini di deretan kanan atas keyboard laptop, berdampingan dengan tombol pause break, insert, dan delete. Bisa beda-beda urutannya sih. Tapi kanan atas itu lokasi yang paling umum. Kalau di keyboard desktop, biasanya berada diatas tombol panah, berjajar dengan tombol Scroll Lock dan Pause Break.
  2. Buka aplikasi pengolah gambar. Yang paling enteng dan mudah adalah aplikasi Paint. Di Microsoft Word juga bisa. Terserah kamu-lah. Kalau pingin langsung edit agak berat, ya Photoshop-lah.
  3. Setelah aplikasi yang akan kamu pakai mengedit terbuka, tekan tombol Ctrl dan V bersamaan. Tahukan? Pasti kamu mahir banget kalau soal copy paste, hehe….
  4. Sudah. Sekarang tinggal kamu mau apakan hasil screen shot tadi. Mau di simpan sebagai file gambar, atau mau edit dulu seperlunya.

Tips mengcopy tampilan layar dengan tombol PrtSc

Yang diatas itu, cara paling dasar dan mudah. Sebenarnya, kamu punya pilihan lain untuk menyimpan tampilan layar. Kita lihat satu-persatu ya….

  1. Tombol PrtSc akan menangkap apapun yang berada di dalam layar dan menyimpannya ke clipboard – atau gampangnya ke memory gitu.
  2. Kombinasikan dengan tombol Alt untuk menangkap tampilan jendela yang sedang aktif. Jadi ketika windows aplikasi yang kamu buat screen shot sedang aktif, tekan berbarengan tombol Alt dan PrtSc. Ini lumayan membantu loh. Daripada nanti kamu harus melakukan cropping pada file hasil screen shot, kan jauh lebih mudah kalau kita tangkap window-nya saja. Hasilnya juga lebih halus.
  3. Di Windows 8 keatas, kamu juga bisa langsung menyimpan hasil tangkapan layar ke sebuah file. Jadi tidak harus membuka Paint lalu nge-paste ke situ. Caranya dengan menangkap tombol Windows dan PrtSc bersamaan.

Bagaimana? Sangat mudah to? Tombol PrtSc ini senjata utama ketika kamu harus membuat tulisan yang membutuhkan detail gambar. Misalnya saja, ketika kamu kesulitan mengambil foto yang ada di file pdf terkunci, hanya bisa dibaca tapi tidak bisa di cetak. Ambil saja screen shot-nya, paste di Paint, lalu edit sedikit. Taruh di Ms. Word, dan kamu bisa mencetaknya. Kan? Soal penggunaannya itu terserah anda. Jangan lupa baca juga Cara Memperbaiki File Document Rusak Tidak Bisa Dibaca.

Jangan biarkan teman kamu kudet & kuper, bagikan info ini

(Dibaca 1,137 kali, hari ini 1 kali)
Loading...