Cara Mengatasi Memory Card Tidak Terbaca di Android

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Ini cara mengatasi memory card tidak terbaca di Android. Benar-benar menjengkelkan ketika kita mengalaminya. Kalau isinya cuman file film atau musik itu mah gampang. Bisa copy lagi atau paling apes ya mesti download lagi. Lha kalau file foto dan video yang kita rekam sendiri? Bisa hilang itu semua kenangan.
Jika kamu mengalaminya, pertama jangan panik. Masih ada harapan supaya kartu memory bisa digunakan lagi, atau paling tidak, bisa dibaca lagi dan menyelamatkan data di dalamnya.

Coba ikuti langkah mengatasi kartu memory tidak terbaca di Android  berikut ini. Sebenarnya ini bukan cuman di Android saja. Kamu bisa menggunakannya juga jika kartu memory kamera digital atau punya smartphone ber-OS selain Android, macam iOS atau Windows Phone. Karena pada dasarnya sama saja.

Apa penyebab kartu memory tidak terbaca di Android?

Penyebabnya memang macam-macam. Yang paling sering adalah karena kualitas si microSD yang kita gunakan. Jika kamu bisa pastikan kalau microSD yang kamu gunakan itu dari merk yang bagus dan kondisinya juga bagus, tapi ternyata tidak terbaca di Android kamu, maka semoga beberapa tips cara mengatasi microSD tidak terbaca di Android berikut ini bisa membantu.

Sebelumnya, saya ingatkan dulu sebagai bentuk disclaimer dari posting ini:

Tidak ada jaminan bahwa setelah mengikuti langkah-langkah berikut ini maka ‘pasti’ memory card kamu akan dengan serta merta bisa dibaca kembali. Semua bergantung dari masalah dan seberapa berat kerusakan pada memory card yang kamu pakai. Saya juga tidak bertanggung jawab jika kemudian kamu mengalami kehilangan data atau kerusakan lain. Supaya kamu tidak malah jadi ragu, saya bisa pastikan bahwa semua langkah-langkah berikut sudah saya coba sendiri dengan hasil bervariasi. Ya itu tadi, tergantung dengan kerusakan pada microSD yang sedang kita coba perbaiki.

Memory card tidak terbaca di Android Karena Virus

Beberapa virus bisa saja membuat memory card tidak terbaca di Android. Ada juga yang membuat beberapa jenis file tertentu menjadi corrupt sehingga Android mengenalinya sebagai file yang rusak.
Sebagai mobile OS yang paling populer banyak penggunanya, Android menjadi sangat menarik para hacker dan orang-orang yang tertantang yang ingin mengeksploitasinya demi keuntungan berlipat. Virus berupa malware, spyware, dan sebagainya yang ujung-ujungnya cuman memusingkan pengguna.

Bagaimana cara mengatasinya? Tentu saja jawaban yang paling masuk akal adalah dengan menginstall aplikasi antivirus untuk Android.

Jujur saja, saya tidak melakukannya. Untuk melindungi Android dari virus dan malware, saya cuman pastikan tidak menginstall aplikasi yang tidak berasal dari Play Store, kecuali beberapa yang saya yakin benar aman dari virus. Toh, kalau kemudian kena virus ya tinggal flash ulang firmware Android yang saya gunakan itu.

Antivirus untuk Android itu rata-rata malah membuat kinerjanya turun. Apalagi selama ini saya cuman pakai Android kelas bawah yang RAM-nya cuman 1GB.

Bagaimana bisa yakin tidak ada virus yang ada di SD Card?

Ya tinggal lepaskan itu SD Card dari Android, masukkan ke card reader, lalu scan dengan antivirus di laptop atau PC. Tapi jelas harus uptodate itu antivirus. Kalau tidak ya sama saja bohong.

Memory card tidak terbaca di Android karena kesalahan sistem.

Dari beberapa orang teman yang mengalami memory cardnya tidak terbaca di Android, ada satu hal paling umum yang ditemui, yaitu kualitas memory card-nya memang kurang bagus. Itu loh, sekarang kan banyak orang jualan memory card dengan harga terlalu amat sangat murah. Ya gitu dech… Setelah dipakai beberapa waktu, Android-nya malah sering menampilkan pesan bahwa memory card tidak terbaca atau kadang unmounted. Bagaimana bisa? Wong jelas-jelas terpasang begitu. Usut-punya-usut, itulah. Memory Card-nya kelas bawah.

Ada juga memory card tidak terbaca karena terlalu sering dipakai sebagai swap sistem. Pada dasarnya memang bisa. Tapi kalau sering dan memory card tersebut kurang cepat, tidak butuh waktu lama sebelum dia teriak-teriak minta pensiun saja daripada disiksa membaca dan menulis dengan kecepatan tinggi terus menerus. Jadi kalau mau pakai link2sd atau aplikasi lain untuk memanipulasi Android supaya lebih hemat RAM atau membesarkan internal memorynya, pastikan anda memakai memory card yang cepat, minimal Class 10 gitu. Harganya memang lebih mahal. Tapi anda tidak akan gampang pusing karena Android jadi lemot gara-gara memory card yang lambat.

Jika ini yang terjadi, cobalah untuk menghubungkan memory card ke PC. Masuk ke Windows Explorer, kemudian  klik kanan pada drive memory card tersebut. Lalu pada menu tab pilih tools kemudian klik check now, kemudian centang pada opsi automatically check system dan scan for and attempt recovery of bad sector. Kemudian tunggu hingga pengecekan sistem drive micro sd tersebut selesai. Setelah selesai, pasangkan kembali micro sd / memory card tersebut ke Android anda. Pastikan untuk melakukan cek apakah memory card / micro sd card tersebut dapat terbaca.

Memory card tidak terbaca di Android Karena Terkunci

Ini jarang terjadi sih. Tapi memang ada beberapa orang yang sangat concern dengan data di dalam memory card-nya sehingga memakai aplikasi untuk mengunci memory card-nya. Kalau selalu ingat password-nya tidak masalah. Kalau lupa bagaimana? Ya tidak bisa dibaca itu memory card.

Jika ini yang anda alami, coba begini: hubungkan memory card ke PC dengan card reader, di Explorer masuk ke C:systemMMCstore.ini, baca mmcstore.ini dengan notepad atau menggunakan aplikasi MMCpwd.sls. Lalu cari password-nya.

Bagaimana? Apakah memory card anda masih tidak dibaca di Android?

Loading...
  • Desy Febriana

    Kalau memori saya tdk terdeteksi di android tapi terdeteksi di menu laptop tapi ketika diklik tidak muncul foldernya bagaimana?
    Mohon pencerahannya
    Terima kasih

    • Sudah dicoba lihat apakah file atau folder-nya terhidden? Bisa pakai Smadav atau aplikasi lain.

  • Desy febriana

    D smadav tidak muncul satu memori tersebut tp d menu computer muncul

    • hmmm… kalau bisa coba baca di HP yang lain.
      Kalau muncul berarti slot pembaca kartu SD di HP yang sekarang bermasalah.
      Kalau tidak muncul juga berarti mungkin kartunya yang bermasalah.
      Coba buka pakai getdataback atau aplikasi file recovery yang lain. Banyak kog. Silahkan pilah-pilih.
      Semoga bisa ya…

  • sansan

    Kak, klo punya ku pas dibuka file manager nya sih ada ket klo ada kartu SD card, tpi pas ngecek lagu,foto,sma aplikasi gak ada semua

    • coba di clear data sama cache aplikasi pemutar musik-nya….