dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Mengatasi HP Mati Kena Air

Ini cara mengatasi HP mati kena air | Kecuali HP kamu memang tahan kecemplung air, maka dia rentan banget kalau sampai air masuk ke dalam kompartemen di dalam bodi-nya. Kalau sekedar kecipratan air, biasanya tidak akan ada masalah. Tapi kalau sampai seluruhnya masuk ke dalam air, maka kita musti bersiap menghadapi yang terburuk, yaitu musti beli HP baru lagi.

Tentu saja tidak ada yang dengan sengaja memasukkan smartphone-nya ke dalam air. Yang biasa terjadi ya tidak sengaja menjatuhkannya ke dalam air, bisa ke kolam renang, bak mandi, atau bisa juga ke dalam closet. Ada juga teman yang lupa kalau menaruh Android-nya di dalam saku celana bagian bawah dan dengan tenang menyeberangi sungai. Ketika tersadar, itu Android sudah mati.

Jika memang nasib sial seperti itu sedang menaungimu, berikut ini langkah-langkah yang bisa kamu ambil untuk mengatasi HP kena air.

mengatasi HP kena air
HP kena air. foto: http://insharepics.info
Loading...

Cara mengatasi HP mati kena air

  1. Matikan HP secepat yang kamu bisa. Sebelum HP itu mati sendiri, upayakan segera mematikannya, supaya tidak terjadi hubungan pendek arus listrik di dalamnya yang bisa merusak komponen-komponen di dalamnya.
  2. Lepas baterainya. Kalau HP kamu kebetulan memiliki baterai non-removable ya berarti kamu harus sebisa mungkin melepas cover belakang, dan membuka semua yang bisa dibuka. Sayangnya, ini susah dilakukan pada HP dengan non-removable battery.
  3. Lepas kartu memory eksternal dan SIM Card.
  4. Coba keringkan dengan bahan yang menyerap air. Semakin dalam kamu bisa membongkar HP kamu semakin baik. Jadi air bisa benar-benar tuntas dibersihkan.
  5. Untuk membantu menghilangkan air, cobalah untuk memasukkan smartphone kamu yang masuk ke air tadi ke dalam semangkuk beras selama beberapa jam. Kamu bisa membolak-baliknya beberapa kali supaya efektif dan cepat.
  6. Kalau menurutmu ini kurang efektif, coba untuk mengeringkannya di bawah lampu semalaman. Panas dari lampu akan membuat sisa-sisa air menguap sampai beneran kering.
  7. Kalau sudah yakin kering benar, coba untuk merangkai kembali smartphone kamu, lalu coba nyalakan. Amati kalau ada bau gosong atau bau-bau aneh. Jika ya, segera lepas baterainya. Itu berarti masih ada sisa air dan sudah terjadi hubungan arus pendek. Biasanya akan ada kerusakan permanen di hardwarenya.

Kalau HP kamu sudah pernah masuk ke air, dan kebetulan kamu punya dana lebih, mending segera jual saja itu HP. Dari pada nanti kenapa-kenapa dibelakang hari. Dari yang pernah saya alami, bisa saja kerusakan komponen di dalamnya tidak langsung terasa dan membuat HP mati saat itu juga. Bisa setelah beberapa hari bisa dipakai normal, eh… tahu-tahu sudah tidak mau nyala. Kalau cuman bootloop sih masih bisa dicoba flash ulang firmware-nya.

Ok, itu saja cara mengatasi HP masuk ke air. Semoga bermanfaat ya … Jangan lupa di share jika menurut kamu ada gunanya.

(Visited 676 times, 1 visits today)
You might also like