Cara Mengatasi File dll Hilang di Windows 10

Begini cara mengatasi file dll hilang di Windows 10 yang bisa kamu lakukan supaya PC atau laptop Windows 10 kamu bisa kembali digunakan dengan normal dan lancar.

File dll atau Dynamic Link Library berisi perintah-perintah yang mendukung program atau aplikasi tertentu. Program ini bisa merupakan program yang berjalan sendiri atau bisa juga program yang dibuat untuk mendukung program yang lain. File dll mendukung Microsoft Visual C++ Redistributable.

Ada beberapa cara mengatasi file dll yang hilang di Windows 10 ini, tergantung dari beberapa hal yang bisa saja membuat file dll Windows 10 ini hilang. Masalah atau penyebabnya tidak selalu berkaitan dengan Microsoft Visual C++ Redistributable.

Cara Mengatasi File dll Hilang di Windows 10

Cara Mengatasi File dll Hilang di Windows 10

Cara Mengatasi File dll Hilang di Windows 10


Untuk mengatasinya, kamu bisa melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Install ualng Microsoft Visual C++ Redistributable package (hati-hati, bisa saja kamu juga harus melakukan uninstall beberapa program di komputer kamu)

Program yang dimaksud adalah:

  • Microsoft Visual C++ 2005 Redistributable (x64).
  • Microsoft Visual C++ 2012 Redistributable (x64).

Setelah selesai uninstall keduanya, silahkan download versi terbarunya dari Microsoft. Supaya kamu tidak bingung lagi mencari-cari, silahkan download dari sini. Setelah selesai di download, silahkan install seperti biasa, dan restart komputer Windows 10 kamu, lalu periksa apakah masalah file dll yang hilang tadi sudah teratasi.

  • Scan file untuk mencari malware.

Banyak kasus dimana malware menyerang file dll sehingga membuatnya terhapus atau corrupt sehingga tidak bisa berfungsi dengan benar. Untuk memastikan sistem Windows 10 kamu bersih dari malware, coba jalankan malware scanning dengan antivirus yang kamu punya. Bisa menggunakan Windows Defender, Kaspersky atau yang lain.

  • Cari, download, dan paste file dll yang hilang

Ini sebenarnya tidak disarankan. Tetapi jika karena suatu hal kamu terburu-buru sehingga tidak punya cukup waktu untuk menunggu proses scanning malware atau install ulang Microsoft Visual C++ Redistributable tadi, maka kamu bisa saja langsung searching di Google untuk mencari file tersebut, lalu paste di folder System 32 atau di dalam folder program yang membutuhkannya.

Kalau tidak mau ribet mencari, silahkan coba cari dulu di dll-files.com.

Tapi sekali lagi, langkah ini tidak dee-nesia rekomendasikan. Pertama, karena sebenarnya riskan download file yang berurusan dengan sistem diluar sumber resminya. Kedua, riskan juga untuk berurusan dan mengubah apapun yang ada di dalam folder System 32. Ketiga, bagi yang masih mencoba-coba, ada kemungkinan malah akan menambah masalah. Keempat, ribet juga untuk menemukan, download, dan paste file dll, ketika jumlah file dll yang harus kamu cari jumlahnya banyak. Kalau satu sih, ndak masalah, kalau lebih dari 10? Beuh2….

Sehingga, tetap akan lebih baik untuk menginstall ulang program yang berkaitan dan atau memeriksa jika ada virus dan malware yang nyangkut menghapus file dll kamu.

Loading...

Kalau tulisan cara mengatasi file dll hilang di Windows 10 ini bermanfaat, silahkan berkomentar, share, dan beri rating ya…, hehe…. Demikian juga, jika ada yang belum jelas, jangan ragu untuk menuliskannya dengan berkomentar ya….

Cara Mengatasi File dll Hilang di Windows 10
5 (100%) 1 vote

(Visited 46 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.