Cara Mengatasi Asus 1215B Touchpad Error

Share posting ini supaya orang tahu kalau kamu tahu....

Cara mengatasi Asus 1215B TouchPad error  | Netbook 12 inchi murah nan laris dari Asus ini memang menggoda banyak orang untuk membelinya. Harga murah, bertenaga dengan prosesor E450, RAM 2GB, mampu memainkan video 1080p full HD, bisa diajak main game kelas berat, dan sederet keunggulan lainnya (lengkapnya baca:  Review Asus 1215B Netbook Murah Bertenaga).

Namun selain sederet keunggulan tadi, Asus Eee PC 1215B mempunyai masalah yang sangat mengganggu, yaitu touchpad yang sering error. Biasanya terjadi ketika kita menekan agak keras pada bagian kiri atas touchpadnya. Errornya sangat mengganggu, fungsi tap tidak berjalan semestinya. Jadi kalau kita melakukan tapping alias mengetuk pada touchpad sebagai ganti melakukan klik kiri, yang terjadi adalah kursor mouse akan berpindah ke sisi kanan atas layar. Jadi percuma kalau anda sudah menginstall Synaptics Pointing Device Driver. Dia juga akan berhenti bekerja.

Dari hasil googling, ada beberapa versi mengapa error pada touchpad 1215B ini terjadi. Namun secara umum mereka menyimpulkan bahwa keberadaan bantalan di bawah touchpad-lah yang menjadi akar masalahnya. Jadi menginstall driver terbaru pun tidak bisa menyelesaikan masalah touchpad error ini. Karena memang masalahnya ada di hardware-nya bukan pada sisi software. Ok, terus cara mengatasi touchpad error-nya bagaimana?

Langkah mengatasinya memang agak menyeramkan. Tapi kalau anda cukup berani dan nekat, saya

kira semua langkah menyeramkan mengatasi error pada touchpad netbook kesayangan si Asus 1215B ini akan anda lakukan juga. Mengingat kalau anda membawanya ke service center juga anda harus menunggu berhari-hari. Berikut ini ada langkah-langkah detailnya, bagaimana mengatasi touchpad error pada Asus 1215B ini. (sumber: wahidnh)

  1. Siapkan obeng kecil (kembang) jangan kekecilan atau kebesaran, pastikan pas dengan baut yang akan dibuka.
  2. Lepaskan baterai laptop
  3. Lepaskan 2 baut yang letaknya di bawah baterai laptop.
  4. Lalu, lepask karet kecil yang menutupi baut yang ada di bagian tengah dan buka bautnya, kemudian buka penutup yang terkunci tadi di bawahnya akan nampak RAM yang digunakan.
  5. Kemudian lepaskan 4 baut yang berwarna hijau dan merah seperti nampak pada gambar
  6. Kemudian lepaskan touchpad secara perlahan menggunakan bantuan kartu kredit atau kartu SIM untuk mencongkel pinggir touchpad secara perlahan.., dimulai dari salah satu sisi ke sisi yang lain sampai terlepas.
  7. Kemudian akan nampak 2 bantalan
  8. Ambil aja 2 bantalan tadi. Tarik saja dengan tangan. Asal baut garansinya tidak tercabut, maka bisa dipastikan belum hangus kog garansinya, hehe…
  9. Setelah itu pasang kembali toucpadnya dan pasang semua baut seperti sebelumnya.
  10. Ta da … Tinggal melakukan tes berhasil tidaknya perbaikan touchpad Asus 1215B yang error. Ow, iya, jangan lupa: berdoa…

credit foto: wahidnh


(Dibaca 1,305 kali, hari ini 2 kali)
Loading...