Cara Mengamankan Data di Laptop Supaya Tidak Mudah Di Intip Orang

Ingin tahu cara mengamankan data di laptop paling mudah tanpa keluar biaya? Setelah sebelumnya kita membahas betapa password login Windows itu sama sekali tidak berguna. Sekarang, kita bicarakan tips mengamankan data sensitif di hard disk.

Jadi meskipun orang usil bisa masuk ke Windows yang terproteksi password, kita masih punya cadangan pengamanan data di Windows. Biar yang usil itu tidak terlalu cepat senang karena bisa membobol password kamu.

Ingin benar-benar mengamankan data penting anda? Gunakan enkripsi!

Satu-satunya cara untuk mengamankan data di Windows dengan gratis dan tanpa upaya lebih, alias harus install aplikasi lain adalah dengan memanfaatkan fitur enkripsi. Windows memberikannya dengan gratis.

Dengan enkripsi ini, jika data anda dibaca di komputer yang tidak bersesuaian, file anda tidak akan mau dibuka atau dibaca, kecuali sesuai dengan pola yang dipakai untuk mengacaknya, atau mereka tahu password yang anda pasangkan pada data tersebut.

Namun, sebagai konsekuensinya, jika kita melakukan enkripsi terhadap sejumlah besar data, adalah sedikit pengurangan kinerja. Ini juga jadi bahan pertimbangan, seperlu apa anda melakukan enkripsi data. Jika yang anda lakukan dengan laptop atau komputer hanyalah surfing Facebook dan Youtube, sedikit mengolah data dengan Excel, atau mengetik dokumen biasa dengan Word, sepertinya anda tidak perlu melakukan enkripsi.

Dokumen yang layak untuk dienkripsi paling tidak adalah dokumen keuangan atau dokumen bisnis yang penting. Meski sebenarnya, anda sendiri yang paling berhak menentukan sensitivitas data dari file anda. Lakukan enkripsi seperlunya.

Jika anda tetap ingin melakukan enkripsi data, minimal anda memakai Windows versi Professional untuk bisa menggunakan BitLocker untuk meng-enkripsi data di hard drive. Jika anda tidak memakai versi Professional, ada pilihan lain yang bagus dan gratis, yaitu dengan menggunakan aplikasi open-source yang free namun sakti, TrueCrypt.

Download TrueCrypt Versi Terbaru

Anda akan diminta untuk memasukkan password setiap kali booting, sehingga file yang anda enkrip bisa dibaca. Anda juga bisa mengatur supaya dia menyimpan file-file penting di folder tertentu, dan membiarkan file lain di luarnya tidak ter-enkripsi.

Cara Mengamankan Data di Laptop

Loading...

Haha, ternyata password Windows tetap ada gunanya ya…, paling tidak itu akan membuat orang sungkan. Kalau mau lebih aman, enkripsi juga file-file penting anda.

Ok. Tidak ada sistem yang sempurna. Tentu masih saja ada kemungkinan orang yang bisa membuka file teracak dengan algoritma enkripsi paling sulit sekalipun. Namun, tidak semua orang bisa dan merasa data anda layak didapatkan sampai sedemikian rupa. Kecuali anda berurusan dengan data sensitif milik perusahaan, pemerintah, atau barangkali anda seorang mata-mata? Jangan lupa membaca juga Cara Mengembalikan ke Pengaturan Awal Default Aplikasi Windows 10.

Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....