Cara Mengaktifkan Plugin Click To Play Di Firefox

Cara menghemat kuota internet dengan mengaktifkan plugin click to play di Firefox | Pernahkah anda berkunjung ke suatu blog atau website, dimana begitu kita masuk ke dalamnya, segera kita mendengar lagu mp3 yang diputar terus menerus? Atau iklan berupa flash video yang otomatis diputar tanpa kita ditanya mau lihat atau tidak? Saat ini bahkan ada beberapa situs yang langsung membuka window Forifox baru yang berisi video yang minta kita memberi vote? Kalau kita sedang memakai internet yang gratis, itu bukan masalah. Tapi kalau kita memakai yang berbayar, pakai kuota lagi, terus dipaksa memakan kuota untuk hal yang kita tidak mau, kan parah itu. Beberapa MB hilang karena kita dipaksa melihat iklan, hmmmm…. Eman banget. Terus bagaimana caranya supaya Firefox tidak otomatis memainkan lagu atau video seperti itu? Nah, itu bisa kita lakukan dengan mengaktifkan plugin click to play, jadi kita punya kontrol atas file yang akan dijalankan pada saat kita mengunjungi blog atau situs tertentu itu. Kalau memakai Opera Turbo, fitur ini akan otomatis aktif. Di Firefox, hmmm, agak tersembunyi sih, tapi bisa kog.
baca juga: Cara Menghemat Kuota Internet Dengan Mengubah User Agent di Firefox, Chrome, dan Internet Explorer
Begini caranya:

Cara mengaktifkan Click To Play Extension di Firefox.

Buka Firefox, dan ketik about:config di address bar, seperti ini:
about:config

Loading...

Anda akan disuguhi peringatan agak keras, bahwa mengakses halaman config ini harus dilakukan dengan hati-hati karena bisa mengacaukan settingan default Firefox. Klik saja “I’ll be careful, I promise!” untuk melanjutkan.
I’ll be careful, I promise
Sekarang cari:

plugins.click_to_play

cari plugins.click_to_play
Kemudian silahkan ubah nilainya menjadi True.
mengubah nilai plugins.click_to_play
Sekarang silahkan restart Firefox anda. Untuk mencobanya, silahkan masuk ke Youtube.com, sebelum anda melakukan klik, bidang videonya akan berisi tampilan seperti ini:
Click here to activate plugin
Mau memainkan videonya? Tinggal klik pada lambang segitiga di tengah itu dan plugin untuk memainkan video tersebut akan aktif, biasanya Flash player. Nah, sekarang anda sudah menghemat beberapa MB dari kuota internet anda. Lumayan kan? Terbebas dari video dan mp3 yang memaksa nge-play sendiri dan menghemat kuota internet. Bagaimana? Anda punya cara lain?

(Visited 72 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....