Cara Mengaktifkan Bluetooth di Laptop

By | March 28, 2019

Langkah dan cara mengaktifkan Bluetooth di laptop | Koneksi tanpa kabel melalui Bluetooth di laptop bisa kita gunakan untuk mengirim dan menerima file dari berbagai perangkat, seperti HP, Printer, dan juga kamera digital. Meskipun sekarang keberadaannya agak tergeser oleh WiFi dan WA, tetapi tetap saja rasanya belum lengkap ketika Bluetooth di laptop tidak aktif.

Secara default, Bluetooth di laptop – utamanya Windows 10 dan 8 – di setting aktif oleh Windows. Karena kedua OS ini dibangun dengan tujuan kemudahan dan keluasan konektivitas dengan perangkat lain. Senyampang anda menggunakan OS Windows 10 atau 8, maka seharusnya masalah Bluetooth yang tidak aktif ini tidak akan terjadi.

Kecuali laptop anda mengalami salah satu atau semua kemungkinan di bawah ini:

Kemungkinan penyebab Bluetooth di laptop tidak aktif

  • driver tidak terinstall
  • keliru Setting Bluetooth
  • modul Bluetooth di laptop rusak
  • laptop tidak memiliki modul Bluetooth

Driver tidak terinstall

  • Anda bisa secara manual install sendiri driver Bluetooth di laptop anda. Biasanya tersedia dalam bentuk CD. Atau kalau tidak ada, coba cari di DVD driver bawaan laptop anda. Kalau DVD driver hilang bagaimana?
  • Cari di Google, usahakan hanya download driver dari situs resmi merk laptop anda itu. Kalau sudah, install.
  • Kalau mau mudah tidak ribet, serahkan saja pada Windows untuk mencari driver yang tepat untuk modul Bluetooth di laptop anda.

Keliru Setting Bluetooth

  • Saya pernah mengatur supaya Bluetooth di laptop Asus Pro P2420LJ ini mati. Biasa untuk menghemat baterainya yang sekarang cuman bisa bertahan maksimal 3 jam ini.
  • Dan ketika saya memerlukan sambungan Bluetooth, ternyata tidak bisa diaktifkan lagi. Saya sudah coba semua cara yang saya tahu, tapi tetap gagal. Bahkan di Device Manager-pun tidak ada. Keterangannya malah menyatakan kalau Asus Pro P2420LJ ini memang tidak punya modul Bluetooth.
  • Saya yakin kalau laptop saya ini memang ada Bluetooth-nya dan tidak sedang berhalusinasi pernah menggunakannya di laptop ini.
  • Ternyata, memang saya pernah mematikan Bluetooth di laptop ini, bukan cuman mematikan, tetapi juga membuatnya tidak terlihat di notification panel.
  • Dan setelah ubek2 sampai pusing, akhirnya saya bisa mengaktifkan Buetooth di laptop Asus Pro P2420LJ Windows 10 ini.

Modul Bluetooth di laptop rusak

  • Ini kecil sih kemungkinannya, tapi tetap saja ada. Kalau anda tidak yakin bisa bongkar pasang sendiri, lebih baik bawa laptop anda ke toko komputer yang juga punya layanan servis.
  • Biasanya yang mereka lakukan adalah mencoba membenahi atau kalau mungkin mengganti modul Bluetooth yang bermasalah itu – kalau bisa.
  • Kalau tidak, mereka cenderung menyarankan untuk menggunakan dongle Bluetooth yang terpasang di port USB supaya Bluetooth di laptop anda bisa aktif kembali.
  • Saran ini cukup masuk akal. Karena memperbaiki modul Bluetooth di motherboard laptop itu resikonya terlalu besar, dibandingkan dengan fungsi atau penggunaannya yang tidak terlalu sering dan bisa diganti dengan alat lain dengan mudah, murah, dan minim resiko.
  • Rata-rata modul Bluetooth tertanam di dalam motherboard, dan tidak terpisah sebagai modul mandiri seperti yang biasa kita lihat pada modul WiFi.

Laptop tidak memiliki Bluetooth

Ini lebih kecil lagi kemungkinannya. Kalau laptop anda itu sudah jadul banget – mungkin – anda memang menggunakan laptop yang dari pabriknya tidak disertai dengan Bluetooth.

Tetapi untuk laptop yang dirilis setelah 2012, masih ada sih yang tidak ada Bluetooth-nya, tapi tidak banyak.

Cek laptop ada Bluetoothnya atau tidak via Device Manager

Cara ini bisa anda gunakan untuk mengetahui laptop punya Bluetooth atau tidak. Kalau anda pernah tahu ada Bluetoothnya tapi kog tidak terlihat atau tidak ketemu, berarti Bluetoothnya rusak, atau salah setting tadi itu.

  • Buka Device Manager.
    • Caranya terserah, bisa pakai tombol Windows + X di keyboard, lalu klik pada Device Manager.memanggil Device Manager dengan Windows X
    • Kalau Explorer sudah terbuka, bisa juga dengan klik pada My Computer, lalu klik pada ikon Manage.My Computer, lalu klik pada ikon Manage
  • Setelah Device Manager terbuka, cari Bluetooth di dalam daftar perangkat yang ada. Kalau tidak ada, coba cek di kategori Network Adapters.
  • Kalau masih tidak ada juga, coba lihat jika ada perangkat yang ditandai dengan tanda seru dan dinamai dengan unknown device. Kemungkinannya ya itu…. Ini berarti anda perlu mendapatkan driver yang sesuai.

Cara mengaktifkan bluetooth di laptop

Setidaknya ada 4 cara mengaktifkan Bluetooth di laptop, seperti berikut ini:

  • mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Notification Panel
  • mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Windows Setting
  • mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Device Manager
  • mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui tombol di keyboard

Mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Notification Panel

Jika anda menggunakan Windows 10, maka ini adalah cara mengaktifkan Bluetooth di Windows 10 yang paling gampang.

Anda hanya perlu klik pada tombol call out di pojok kanan bawah di sebelah jam itu untuk membuka Notification Panel, temukan dan klik pada ikon Bluetooth, dan sudah, Bluetooth di laptop anda sudah aktif dan segera memindai jika ada perangkat Bluetooth lain di sekitarnya.

cara mengaktifkan Bluetooth di laptop via notification panel

Kalau sudah terhubung setelah proses pairing, laptop anda sudah bisa dikirimi atau mengirim file ke perangkat lain.

Mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Windows Setting

Cara ini bisa anda lakukan sebagai alternatif saja. Pas buat anda yang tipenya ngikutin alur dan taat aturan, hehe…. Urutan langkahnya lebih panjang daripada yang sebelumnya.

Untuk mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Windows Setting, silahkan mulai dengan klik pada: Start > Settings > Devices > Bluetooth and Other Devices > Aktifkan Toggle Bluetooth.

Mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Settings Bluetooth and other devices

Kalau tidak ada masalah, sekarang laptop anda sudah bisa mulai melakukan proses pairing dengan perangkat lain yang ingin anda hubungkan.

Mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Device Manager

Kadang, kedua cara di atas tidak berhasil. Bisa karena ikon Bluetooth tidak ada di Notification Panel, atau tombol Toggle Bluetooth di Setting ternyata tidak bisa digeser-geser dan berwarna pudar alias tidak akif.

Cara mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui Device Manager ini bisa menjadi alternatif berikutnya.

Caranya, silahkan buka Device Manager – terserah mau pakai cara apa seperti tadi – atau pakai cara anda sendiri.

Pada Device Manager, klik kanan pada perangkat Bluetooth yang terdaftar di situ, lalu periksa jika statusnya di situ. Kalau tertulis Disabled, berarti Bluetooth sudah aktif dan bisa digunakan. Kalau tulisannya Enabled berarti Bluetooth dalam keadaan dimatikan.

Mengaktifkan Bluetooth di Device Manager

Mengaktifkan Bluetooth di laptop melalui tombol di keyboard

Kalau laptop anda rilis sekitar 2010an begitu, maka kemungkinan laptop anda itu masih memiliki tombol fisik untuk mengaktifkan dan mematikan koneksi wireless – WiFi dan Bluetooth. Seperti misalnya pada netbook Acer AOD 250 punya saya.

Pada laptop yang lebih baru, tombol fisik seperti itu sudah hilang. Yang ada, koneksi wireless diletakkan pada salah satu tombol fungsi. Kalau di Asus Pro P2420LJ yang saya pakai ini, ada di tombol F2.

Silahkan cari saja tombol fungsi yang ada logo seperti antena seperti simbol WiFi.

Untuk mengaktifkan Bluetooth (dan juga WiFi), anda bisa menekan tombol fungsi tersebut. Tombol ini bersifat toggle. Kalau Bluetooth mati, menekan tombol ini berarti akan menghidupkannya. Kalau Bluetooth menyala, menekannya akan berarti mematikan Bluetooth.

Silahkan ikuti salah satu cara mengaktifkan Bluetooth di laptop tadi. Kalau berhasil, maka sekarang anda sudah bisa menambahkan device.

Loading...

Setelah terhubung dan statusnya paired, anda sudah bisa mengirim atau menerima file ke smartphone, mendengarkan musik melalui speaker atau headset Bluetooth, mencetak dokumen ke printer Bluetooth, atau bisa juga tethering koneksi internet HP melalui Bluetooth.

(Visited 76 times, 1 visits today)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.