Cara Mencetak File PDF Terproteksi Dengan Mudah

Cara mencetak file PDF yang terproteksi dengan mudah | Tidak bisa disalahkan kalau banyak file PDF dikunci dengan password atau bisa dibuka tapi tidak diijinkan untuk di print. Itu hak prerogatif pembuatnya. Namun adakalanya kita benar-benar butuh untuk mencetak file PDF yang dikunci itu. Contohnya saya punya file PDF tutorial Dreamweaver yang diproteksi seperti itu. Dibaca pakai software PDF reader apapun mau-mau saja. Tapi giliran mau diprint, ada pesan kalau kita tidak diijinkan. Padahal tutorial itu bagus sekali, saya merasa tidak cukup jika hanya membacanya lewat monitor PC, mudah lelah ini mata. Saya harus mencetaknya. Dan berkali juga saya gagal mencetak file PDF terproteksi itu.

Baru saja saya iseng membuka tutorial Dreamweaver itu di Ubuntu. Iseng juga ketika saya memencet icon Print. Ternyata tidak ada peringatan bahwa file PDF ini terproteksi. Maka saya segera menyalakan printer saya, setelah beberapa saat printernya di deteksi, maka pilihan untuk nge-print file PDF lewat printer-pun muncul. Saya mencoba mencetak 2 halaman. Hasilnya: tidak ada masalah.

Jadi kalau anda kesulitan atau tidak tahu cara mencetak file PDF yang terproteksi, buka saja di Ubuntu, semoga yang saya alami ini juga akan sama dengan anda.

cara mencetak file PDF yang diproteksi
Loading...

Tidak banyak yang mengetahui cara mencetak file PDF terproteksi ini. Biasanya orang lebih cenderung bersandar pada software yang bisa memaksa membuka, mengedit, dan menerobos proteksi file PDF supaya bisa mencetaknya. Kalau yang gratis, biasanya ada batasan. Yang paling ringan sih mengharuskan kita signup ke newsletter dari software tersebut dan kita akan terus menerus dikirimi iklan via email, menjengkelkan bukan?

Biasanya juga aplikasi gratisan seperti itu akan berusaha menyertakan aplikasi lain. Bisa saja berisi malware atau malah-malah virus. Dan yang terakhir, biasanya mereka itu cuman scam, alias tidak benar-benar bekerja membobol proteksi file PDF yang kita mau. Hanya pura-pura bisa, dan menyebutkan supaya berhasil kita harus melakukan ini-itu.

Ada juga layanan online untuk membuka proteksi PDF. Sama saja, mereka itu ada yang beneran ada yang hanya tipu-tipu. Berhati-hati saja. Lebih baik baca-baca dulu di forum-forum. Atau anda bisa bertanya di Yahoo! Answers.

Jadi, daripada bersusah-susah mencari dan bisa tertimpa sial, mending gunakan saja Ubuntu. Dan mencetak file PDF yang diproteksi bukan masalah lagi. Hehe…. Jangan lupa untuk membaca juga 5 Cara Aman Mencoba Install Ubuntu. Atau kalau masih setia dengan Windows, simak juga Ini Review Windows 10 Pro versi dee-nesia, Lebih Bagus Dari Windows 8.

Loading...
Tags:, ,

Jangan ragu untuk berkomentar ya....