Cara Mencari Duplicate File Dengan Aplikasi

File ganda atau terduplikasi berkali-kali itu menyedihkan. Anda akan menyadari betapa menjengkelkannya file dobel ini ketika kapasitas hard disk laptop anda sudah mulai menipis. Satu file penting itu bagus dan harus dijaga. Dua file penting itu aman, karena ada backup. Tiga file penting, itu pemborosan resource yang sangat tidak perlu dilakukan. Terlebih ketika ternyata file yang dobel-dobel itu cuman foto dari hp teman yang sebenarnya tidak layak simpan. Atau bisa juga file doc(x) dari antah berantah karena mengikuti pelatihan tertentu. Atau, biasanya para bapak ibu guru, file RPP hasil copy-an dari manapun yang kalau dicermati ternyata isinya sama saja. Menyedihkan.

Jenis file yang sering terduplikasi

Di netbook yang sekarang saya pakai, Asus 1215B, file yang paling banyak terduplikasi adalah foto dan video yang saya ambil dengan G502 dan Ray. Baru kemudian dokumen dari pekerjaan. Yang ketiga, file mp3. Berikutnya ada file installer aplikasi dan driver. Kalau jenis yang lain, bisa diabaikan karena jumlah dan besaran file-nya tidak besar.

Itu saya, bagaimana dengan di hard disk anda? Apakah urutan file terduplikasinya sama dengan yang terjadi di netbook saya atau beda?

Penyebab File bisa terduplikasi

Soal penyebab ini bisa berbeda-beda pada setiap orang. Penggunaan laptop atau PC untuk pekerjaan kantor atau pribadi juga menjadi faktor pembeda. Tapi setidaknya kita bisa rinci menjadi sebagai berikut, emmm, kira-kira loh ya….

  1. tidak telaten memilah file yang akan dikopi. Ya, memang perlu waktu lama untuk memilah foto mana atau lagu mana yang sudah di kopi. Apalagi ketika kita terpepet waktu. Sedang mencuri data dari laptop atau flash disk orang lain. Atau karena waktu yang ‘pas’ lagi sempit. Kita yakin akan punya waktu untuk memilahnya nanti. Kita juga cenderung mengcopy satu atau beberapa folder sekaligus, tanpa melihat terlebih dahulu file apa saja yang ada di dalamnya. Ya, tidak bisa disalahkan, kan waktunya sempit, haha….
  2. paranoid akan kehilangan data. Baik ketika browsing di internet, atau ‘browsing’ offline di storage orang lain, begitu melihat ada folder yang ‘kira-kira’ isinya akan berguna untuk pekerjaan kita, mengkopi itu wajib. Benarkah? Padahal, kalau itu sudah anda lakukan beberapa lama, percayalah, yang anda kopi itu sama saja dengan yang sudah ada di hard disk anda. Ketakutan akan kehilangan data penting juga membuat kita jada paranoid sehingga menyimpan file atau data penting di beberapa tempat sekaligus itu terlihat logis, baik, dan benar. Meski di ujungnya nanti, kita bingung dan ragu karena lupa, file mana ya yang sudah diupdate datanya.
  3. merasa suatu file akan ada gunanya suatu saat nanti.
  4. merasa kapasitas hard disk masih terlalu amat sangat lega sekali.
  5. aplikasi backup data otomatis dan aplikasi lain yang menyimpan cache.

Metode aplikasi pencari duplicate file

Rata-rata aplikasi pencari duplicate file itu membandingkan nama file, besar file, waktu file dibuat, waktu terakhir file diakses, dan waktu terakhir file di modifikasi atau diubah. Berdasarkan parameter tersebut file dibandingkan. Kelihatannya mudah ya…

Aplikasi pencari duplicate file yang bagus

Sebenarnya juga bisa sih mencari file terduplikasi secara manual. Biasanya dengan membuka dua folder yang kita curigai berisi file yang sama, kemudian mendelik memeriksa satu per satu file di dalamnya. Tapi itu akan lama sekali dan menjemukan. Sangat lebih mudah kalau kita memakai bantuan aplikasi pencari file terduplikasi. Ada banyak pilihan dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

baca juga: Aplikasi Untuk Mempercepat Kinerja Laptop atau PC

Lalu mana yang paling bagus?

Selama ini saya pakai CCleaner. Di versi terbarunya, ada tambahan fitur pencari file. Fitur pencari file terduplikasi ini diletakkan di Tools> File Finder. Penggunaannya mudah. Hasilnya juga jelas. Tapi pilihan kita cuman menghapus saja. Tidak ada pilihan yang lain.

fitur mencari file terduplikasi di CCleaner

Loading...

Aplikasi lain untuk keperluan ini, ada Duplicate Cleaner Free. Ada yang gratis. Dengan kemampuan mencari file audio berdasarkan artis, judul lagu, dan album. Untuk mencari file gambar, anda diminta untuk beli versi yang Pro, lumayan mahal, US$29,95 atau sekitar 300 ribuan. Yang lebih dari Duplicate Cleaner Free adalah adanya pilihan untuk memindahkan file terseleksi ke tempat lain. Bukan cuman menghapus seperti punya CCleaner. Kalau mau, kunjungi www.digitalvolcano.co.uk.

Saya sih, cukup CCleaner saja. Lagian untuk apa memindahkan file terduplikat lagi. Memang sih, pencariannya tidak seotomatis DCF, tapi untuk keperluan saya, CCleaner sudah sangat cukup.

Loading...
2 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....