Cara Menambahkan Gambar di Header Blogspot

Sebagai pemula, saya pingin juga menambah gambar di header blog saya. Terkadang saya juga bosan dengan gambar bawaan template yang sudah terpasang. Nah, ini adalah hasil tanya sana-sini, yang kemudian saya praktikkan. Semoga bisa membantu.

  1. Lakukan back up template anda. Seperti biasa, langkah pertama sebelum kita melakukan perubahan pada template ini sangat penting dilakukan, supaya bila ada yang salah, kita masih bisa mengembalikan tempalte yang sebelumnya.
  2. Upload gambar yang anda ingin pasang di header blog anda di layanan hosting gambar atau foto. Anda bisa memakai Picasa atau layanan gratisan yang lain.
  3. Masuklah ke Dashboard blogger anda, klik pada tab Layout, langkah ini akan membawa anda pada halaman Add and Arrange Page Elements.
  4. Klik pada tab Edit HTML yang akan membuka halaman Edit Template. Anda tidak perlu mencentang atau mencontreng kotak Expand Widget Template.
  5. Cari kode berikut ini:

<div id="header-wrapper">
<b:section class="header" id="header" maxwidgets="1" showaddelement="no">
<b:widget id="Header1" locked="false" title="The Widgets of Beta Blogger. (Header)" type="Header">
</b:widget>
</b:section></div>

    6.  Nah, sekarang, anda perlu mengubah kode maxwidgets="1" menjadi maxwidgets="2”
         dan juga ubahlah kode showaddelement="no" menjadi showaddelement="yes"

7.  Simpan Template anda.
8.  Sekarang bukalah tab Page Elements. Nah, anda sekarang akan melihat pada bagian header akan ada pilihan Add Element. Kalau anda mengekliknya, maka pilihlah Picture, lalu tekan pada pilihan add to blog. Paste-lah alamat dari gambar atau foto yang hendak anda pakai untuk header anda. Simpan.
9.  Jadi dech ….

Technorati Tags: blogging tips

Loading...
3 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....