Cara Memperkuat Sinyal Ponsel Android Yang Lemah

Cara memperkuat sinyal Android | Ada beberapa jenis HP Android memang penerimaan sinyalnya lemah. Contohnya yang sekarang saya pakai, Sony Xperia Ray. Tapi karena fitur lainnya sangat bagus, sampai sekarang masih tetap saya pertahankan. Sempat pindah ke Xperia M dual sih, tapi karena sering kangen dengan kameranya Ray yang luar biasa, kembali juga ke Ray.

Si Ray memang unik penerimaan sinyalnya. Dari yang saya alami, si Ray tidak berjodoh dengan Indosat, (saya pakai Im3), tapi baik-baik saja dengan Telkomsel. Bahkan dalam kondisi sinyal jelek bangetpun si Simpati tetap lancar jaya untuk mengakses internet. Tapi kartu Im3 di Pakis, sama sekali tidak ada sinyal. Baru kalau saya bawa ke Celaket atau Sawojajar, sinyalnya muncul, itupun hanya 2 atau 3 bar. Di tempat lain, baik-baik saja.

Sebelum kita lanjutkan, kita cermati dulu, kapan atau dalam kondisi bagaimana HP Android kita kehilangan sinyal. Biasanya, penerimaan sinyal HP akan terganggu jika:

  • berpindah posisi
  • berada di dalam gedung bertingkat
  • berada di basement
  • berada di tempat yang tertutup oleh penghalang (gedung atau gunung)

Selain itu, kita juga melihat riwayat HP tersebut sebelumnya. Misalnya, sinyal hilang setelah HP terjatuh, terbentur dengan keras, atau tercelup air.

Bagaimana cara memperkuat penerimaan sinyal Android?

Sebenarnya hampir tidak ada yang bisa kita lakukan untuk memperbaikinya, karena ini berurusan dengan hardware. Tetapi paling tidak ada beberapa hal yang bisa diusahakan untuk paling tidak memastikan ponsel Android ada optimal penerimaan sinyalnya. Silahkan ikuti petunjuk di bawah ini:

Memastikan Jaringan Operator (Networks Operators)

Misalnya begini, sebenarnya anda memakai memakai kartu operator X, tetapi tidak ada sinyal. Kemudian anda mengechek dalam Network Operators yang ada adalah jaringan operator Y, maka kemungkinan memang tidak cukup kuat jaringan operator X di dalam ruangan atau tempat tersebut. Cobalah keluar ruangan. Kalau masih tidak ada sinyal juga, ya mungkin lebih baik beli kartu yang di tempat itu ada sinyalnya.

Untuk memastikan jaringan operator, silahkan masuk ke menu Setting> Wireless & Networks. Mobile Networks> Network Operators.

mengatasi Android lemah sinyal

Loading...

Memastikan Mode  Jaringan (Networks Mode)

Berikutnya, kita pastikan kita berada di jaringan yang memang tersedia di tempat tersebut. Ini terkait dengan kenyataan bahwa tidak semua operator memiliki jaringan 3G/HSDPA di semua tempat. Jika kita memaksa HP Android hanya menggunakan jaringan 3G/HSDPA padahal di situ tidak tersedia, maka semua fungsi komunikasi HP anda akan percuma. Mungkin akan membantu jika anda mengaturnya supaya bekerja di kedua jaringan (GSM dan WCDMA).

Sebagai catatan penting bahwa cara memperkuat sinyal hp Android di atas,  hanya bisa dilakukan pada HP Android bertipe Android OS Gingerbread. Untuk HP dengan sistem operasi Android Ice Cream Sandwich (ICS) dan Jelly Bean secara defaultnya dalam jaringan mode WCDMA Preferred (diprioritaskan mode WCDMA). Dan jika hal ini terjadi di ponsel Android Ice Cream Sandwich (ICS) dan Jelly Bean Anda, Anda bisa langsung masuk ke menu dialer lalu ketik *#*#4636#*#* kemudian pilih Phone Information.

Menggunakan Stiker Penguat Sinyal

Pertama kali melihat produk stiker penguat sinyal ini, dee-nesia sempat ragu, apa iya bisa memperkuat penerimaan sinyal di HP Android? Lihat bentuknya saja sudah aneh.

Tapi ternyata lumayan ada efeknya loh. Bentuknya yang cuman berupa lembaran yang bisa dipasang di belakang casing membuatnya bisa kita gunakan untuk menguatkan sinyal Android. Memang sih, kalau memang sinyal seluler provider yang kamu pakai lemah, alat ini tidak akan membuatnya jadi penuh. Tapi setidaknya ada penambahan dua sampai 3 bar. Cukuplah untuk membuat sambungan telepon dan akses internet lebih lancar dan stabil.

Kalau mau kamu, silahkan lihat di Jual Stiker Penguat Sinyal HP Universal (Android, BlackBerry, iPhone, Windows Phone). Murah kog. Ada yang harganya kurang dari 20 ribu.

****

Ada cara lain, yang di Xperia Ray saya punya efek lumayan, yaitu: ganti baseband. Kalau mau silahkan Download Firmaware Xperia Ray Terbaru.

Pada saat masih pakai GingerBread, Ray saya pakai baseband 64. Kemudian setelah pindah ke ICS, defaultnya pakai baseband 77, nah, terakhir saya ubah ke 86 ternyata lumayan. Si Indosat mulai muncul sinyalnya, meski cuman 2 bar. Efeknya, baterai jadi lebih boros dan si Ray mudah terasa panas meskipun tidak dipakai. Bagaimana?

Loading...
  • ow begitu cara biar nangkep sinyal…

  • Nazla

    Kak mau nny klo masalah sinyal lemah karena ada penghalang tembok dan jaringan wifi,, apa stikernya masih bisa digunakan?makasih

    • Setahu saya masih ada efeknya mmbak Nazla….

  • egi nesya

    Klo perbaiki sinyal gmana gan,,,hp dri batam di bawa ke padang malah E sinyalnya,,padahal kartu sinyalnya bagus,,ane coba tuker karu sma tmen,,pas di hp tmen H+,,tpi di hp ane cuma E
    Mohon solusinya gan

  • sapto sarwedy

    Gan stelah ane pergi ke kode yg agan kasi…
    Ane setel ke WCDMA only koq bisa knpa yaa….?? tolong bntu ane gan..

    • Androidnya pakai dual SIM kah mas Sapto?
      Kalau single SIM, kemungkinannya adalah memang sinyal 3G di tempat mas kurang bagus. Bisa karena terhalang tembok, terlalu jauh dari BTS 3G, atau dibawah atap berbahan galvalum. Kalau ternyata pakai Android lain sinyal 3Gnya diatas 2 bar, maka kemungkinan ada yang bermasalah baseband terpasang. Silahkan coba cari dan install baseband yang cocok.
      Kalau dual SIM, pastikan sudah di set koneksi internetnya pada kartu yang anda mau. dee-nesia pernah juga kesulitan mengaturnya di Zenfone 5. Saking jengkelnya, saya matikan saja SIM Card yang tidak dipakai akses internet, baru deh itu pengaturan pakai WCDMA only bisa jalan.
      Kadang juga bisa baik-baik saja meski kedua SIM Card aktif. Aneh. Tapi silahkan coba seperti itu mas Sapto.

  • stiker penguat sinyal,, hmm baru pertama kali saya mendengarnya mas,.. hehehe,, mau coba pigi cari ah,,..

  • asrof

    Gan hp saya sudah di Root tapi malah jadi buruk sinyal nya dari HSPDA jadi UMTS terus apakah ada cara benerin nya

    • kalau cuman gara-gara di root sih rasanya terlalu aneh sampai membuat lemah sinyal mas Asrof.
      Kayaknya lebih karena faktor cuaca sekarang tuh….

      Atau kalau beneran yakin karena root, ya coba di unroot loh…
      Silahkan cari tahu di Google bagaimana cara unroot Android mas Asrof. Tiap merk dan tipe bisa beda cara mas.

      Semoga berhasil….

  • Yang bkin penasaran masalah stiker… 😀
    Kok bisa seh stiker jadi penguat sinyal.. emang bahan dasarnya apa.. ehehhe

    • wkwkwk…

      stikernya itu biasa saja Om. Cuman plastik yang ditempeli tembaga dengan pola tertentu.
      Cara kerjanya mirip dengan induksi magnet begitu.
      Kalau dulu orang lebih banyak pakai kumparan dengan bahan, panjang, diameter lilitan, dan jumlah lilitan tertentu.
      Masalahnya, kumparan kan tidak bisa tipis. Hnah, si stiker ini yang jadi gantinya.
      Begitu….

  • umar89

    Sip perlu dicoba nih tengkyu min infonya,!!!!