Cara Mempercepat Google Chrome di Android

Cara mempercepat Google Chrome di Android | Meskipun untuk browsing di Android saya masih lebih banyak menggunakan Opera Mini, namun mengingat keterbatasannya, saya juga memakai Google Chrome. Sayangnya, karena saya memakai Xperia Ray yang RAM-nya cuman 512 MB dengan internal memory yang cuman pas-pas-an, alhasil, si Google Chrome terasa banget lemotnya. Sekedar dibuka saja bisa menghabiskan kesabaran yang stoknya bisa defisit, haha…. Terlebih ketika dipaksa membuka lebih dari 2 tab, hmmmm…. Rendering halaman bisa luama banget. Begitupun ketika Google Chrome dimatikan, untuk sekedar kembali ke home screen butuh waktu sekian detik sebelum siap. Sepertinya si Chrome memang benar-benar boros resource sampai si Ray ngos-ngosan begitu. Tapi apalah daya, karena terkadang butuh tampilan semirip mungkin dengan browsing di desktop, jadilah saya paksakan.

cara menghemat kuota internet di google Chrome

Loading...

Selain Chrome, saya juga memakai Puffin yang bisa wush-wush, cepet banget. Tapi tampilannya yang ribet itu bikin malas. Jadi ya lihat kebutuhan. Kalau butuh cepat, ya pakai Puffin, kalau bisa menunggu ya pakai Chrome. baca juga:  5 Aplikasi Browser Android Paling Ringan Dan Cepat  Ketika anda memakai smartphone Android dengan spesifikasi yang bagus, tentu Chrome akan berjalan dengan mulus. Kita bisa dengan sepenuhnya mengandalkan Chrome untuk mengakses internet. Tapi tidak semua orang punya gadget seperti itu kan? Lagi pula, meskipun spesifikasinya bagus, kalau kita terus menyiksa Android dengan menjalankan banyak sekali aplikasi yang jalan di background dengan semena-mena, maka dia akan nge-lag juga. Untuk mengetesnya, coba buka Chrome, buka beberapa tabs yang isinya banyak gambar. Nge-lag apa tidak? hHnah, usut punya usut, ternyata, seberapa pun besarnya RAM tersisa di Android anda, si Chrome secara default di set untuk hanya menggunakan 128 MB saja. Bukan masalah kalau yang anda buka hanya halaman web berisi teks dengan sedikit foto, gambar, atau alih-alih video. Tapi itu tidak cukup ketika anda terpaksa harus membuka halaman web yang agak besar, sehingga membutuhkan memory yang lebih besar. Untunglah, Android itu tidak seperti iOS yang strict banget. Di Android kita bisa mengubah-ubah parameter tertentu supaya lebih sesuai kebutuhan kita. Kita akan ubah batasan memory tersebut. Begini caranya:

  • masukkan teks berikut ini pada address bar:
    • chrome://flags/#max-tiles-for-interest-area

image

  • tekan Enter pada keyboard Android anda.
  • Akan muncul menu yang mengijinkan kita mengubah jumlah besaran memory yang bisa diakses Chrome.
  • Cari menu seperti ini:opsi Maximum tiles for internet area
  • Klik pada pilihan default, nanti akan muncul pop-up window yang isinya kurang lebih seperti ini:pilihan RAM untuk Chrome
  • Silahkan ubah isinya menjadi lebih tinggi, misalnya menjadi 256 atau 512. Tapi ingat juga kapasitas memory sebenarnya Android anda loh. Kalau memang kecil ya tidak akan ada efeknya. Malah bisa berbahaya.
  • Sekarang, kalau anda beruntung, anda akan menikmati Google Chrome yang lebih smooth, lebih cepat, dan lebih nyaman digunakan untuk browsing. sumber: how to speed up Chrome?

Saya sudah mencoba trik ini di Xperia Ray, lumayan membantu. Tapi ya itu, karena pada dasarnya RAM-nya Ray itu imut, peningkatannya tidak terlalu signifikan. Masih terasa nge-lag kalau yang dibuka halaman penuh gambar. Tapi lumayan kog. Silahkan, siapa tahu anda lebih beruntung.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....