dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Memperbaiki Power Supply Yang Rusak

Cara Memperbaiki Power Supply Yang Rusak | Meskipun saat ini pamor PC desktop sudah menurun dibandingkan laptop dan tablet PC, namun untuk gamer dan orang-orang yang menuntut kinerja komputer yang tinggi, PC desktop tetap menjadi komputer utama. Jika power supply komputer desktop anda rusak, opsi paling mudah memang beli baru. Opsi kedua, adalah dengan memperbaikinya. Pilihan ke dua ini bisa jadi adalah yang terbaik, mengingat biaya yang anda keluarkan akan bisa dihemat. Tetapi memperbaiki komponen elektronik seperti power supply ini memang membutuhkan keahlian tersendiri. Sebelumnya, kita lihat dulu, apa sih power supply itu, dan berfungsi untuk apa bagi komputer kita.

Power Supply itu apa? Fungsinya?

Power Supply itu, sesuai dengan namanya, perangkat yang berfungsi untuk men-supply, memberi daya (dalam hal ini listrik) bagi perangkat lain. Di dalamnya terdapat bagian-bagian lagi sesuai dengan fungsinya. Misalnya untuk menurunkan tegangan, untuk mengubah arus AC menjadi DC, dan untuk menyetabilkan tegangan yang dihasilkan. Nah, karena fungsinya sangat vital bagi kehidupan si komputer, maka jika dia rusak atau salah satu saja bagiannya mengalami masalah, komputer akan terganggu, bisa sampai tidak menyala sama sekali. Power Supply pada desktop PC juga langsung membagi keluaran daya listriknya berdasarkan kebutuhan komponen-komponen di dalam PC.

Power Supply menyediakan tegangan + 12V, -12V, + 5V, -5V, dan sinyal POR (Power On Reset) untuk mengaktifkan motherboard. Daya maksimal yang dapat di konsumsi oleh power supply ini sekitar 200 watt dengan tegangan masuk sebesar 220 V AC dari PLN. Dengan efisiensi yang sangat tinggi power supply ini sekitar 200 watt dapat menyediakan tegangan sebesar + 5V dengan arus sekitar 15 – 20 A untuk keperluan peralatan digital motherboard, disk drive, hard disk, fan prosessor, CD-Rom Drive dan card-card yang dimaksudkan pada slot motherboard.

Bagaimana cara memastikan bahwa Power Supply rusak?