Cara Memperbaiki File Document Rusak Tidak Bisa Dibaca

Cara Memperbaiki File Document Rusak Tidak Bisa Dibaca | File ketikan anda tiba-tiba tidak bisa dibuka? File document itu bisa berupa file doc, docx, xls, xlsx, ppt, pptx. Bisa juga file gambar jpg, bmp, tif yang tahu-tahu tidak bisa dibaca. Menyedihkan to..? Tenang saudara-saudara, kita coba menyelematkan file rusak dengan aplikasi gratisan ini. Sepanjang internet masih jalan, kita akan menemukan banyak orang baik yang membagikan aplikasi gratis penuh manfaat seperti ini. Hehe…
baca juga: Cara Mengembalikan Partisi Harddisk Yang Hilang

Memang sih, pada banyak kasus, ini tidak selalu berhasil. Karena tergantung juga dengan seberapa parah file tersebut rusaknya. Kalau cuman header pengenal file yang bermasalah maka kemungkinan berhasil lebih besar. Tapi kalau sampai data berupa byte di dalam file yang hilang ya kemungkinan berhasilnya sangat kecil. Kalaupun file tersebut kemudian bisa dibaca lagi, biasanya tetap ada bagian yang hilang. Namanya juga hilang atau tidak ada. Kalau gambar bisa diinterpolasi, lha kalau tulisan atas ide anda? Piye coba? Tidak mungkin to? Jadi sambil melakukan penyelamatan file rusak anda, berdoalah. Semoga cuman header file yang bermasalah, hehe….

Biasanya ketika kita mencoba file dokumen itu yang muncul malah warning window seperti ini:

document-corrupt
Loading...
Hmmm…. Apa penyebab file document bisa sampai rusak ya? Ternyata ada beberapa kemungkinan penyebabnya, misalnya listrik yang bermasalah (tiba-tiba mati misalnya), koneksi jaringan yang bermasalah (ketika download file), infeksi virus, program aplikasi error dan lainnya. Rasanya pasti gemas-gemas bagaimana gitu. Apa masih bisa diperbaiki? Sepanjang kerusakan file document tersebut tidak terlalu parah, kita bisa memanfaatkan salah satu aplikasi gratis File Repair.

Ukurannya kecil, cuman 1.01 MB, tentu tidak akan menghabiskan jatah pulsa internet anda untuk mendownloadnya to?

Berikut daftar file yang bisa dikenali File Repair:

  • corrupted Word documents (.doc, .docx, .docm, .rtf)
  • corrupted Excel spreadsheets (.xls, .xla, .xlsx)
  • corrupted Zip or RAR archives (.zip, .rar)
  • corrupted videos (.avi, .mp4, .mov, .flv, .wmv, .asf, .mpg)
  • corrupted JPEG, GIF, TIFF, BMP, PNG or RAW images (.jpg, .jpeg, .gif, .tiff, .bmp, .png)
  • corrupted PDF documents (.pdf)
  • corrupted Access databases (.mdb, .mde, .accdb, .accde)
  • corrupted PowerPoint presentations (.ppt, .pps, .pptx)
  • corrupted music (.mp3, .wav)

Berarti bukan cuman file dokumen saja to? Wah, sakti juga ini aplikasi gratisan.
Ini screen shotnya:

file repair

Penggunaan program ini sangat mudah, tinggal kita klik tombol dengan titik tiga untuk membuka file, kemudian klik tombol Repair. Jika proses berhasil, maka file akan diperbaiki dengan nama seperti yang ada di bagian Output fixed file as. Aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk memperbaiki file satu persatu. Mau?
Download File Repair

Jika File Repair tidak bisa memperbaiki file yang rusak, mereka juga menerima kiriman file rusak melalui email untuk dicoba diperbaiki selama 1-24 jam. Jika bukan data yang sangat penting (sensitif atau rahasia), dokumen bisa dikirim ke email repair@filerepair1.com.

(Visited 3,533 times, 1 visits today)
Loading...
14 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....