Cara Memilih Nama Domain Murah Tapi Bagus Untuk SEO

Cara Memilih Nama Domain Murah Tapi Bagus Untuk SEO | Saya lupa dimana, tapi pernah baca seperti ini: Memilih domain itu seperti memilih pasangan hidup, yang kita inginkan selalu terlalu mahal atau sudah dipilih orang lain. Haha… Terdengar agak alay juga sih. Tapi jika anda sedang membidik niche tertentu untuk blog baru, anda tentu tahu maksud saya.

Selain untuk urusan branding, bagi personal blogger, nama domain itu lebih karena urusan emosional alias kepuasan kita membaca nama sendiri di SERP-nya Google, haha… Jadi agak-agak narsis gitu deh jadinya. Entah apapun keyword yang anda tembak, begitu mencoba mencarinya di search engine terus nemu ternyata nama anda ada di halaman pertama apalagi jadi yang pertama itu sesuatu banget.

Sebelumnya, mungkin ada yang masih perlu alasan untuk membeli domain sendiri, baca ini dulu: Sebaiknya Pakai Custom Domain Atau Cukup Subdomain Gratisan?

Memilih nama domain itu memang gampang-gampang susah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, apalagi jika anda sedang menembak niche atau keyword tertentu. Tapi ada beberapa panduan atau tips dasar cara memilih nama domain untuk SEO blog anda.image

Loading...
credit foto: www.theblogwidgets.com

Tips Cara Memilih Domain Terbaik Untuk Blog

  • Pastikan domain pilihan anda sependek dan sesederhana mungkin
    Idealnya musti seberapa pendek? Sependek yang anda bisa dapatkan. Ini yang harus anda utamakan pertama kali ketika memilih nama domain. Semakin pendek, orang akan semakin mudah mengingat domain anda dan semakin kecil kemungkinan mereka salah mengetik url anda. Tentu saja anda juga harus memperhatikan keterbacaan atau makna dari nama domain anda itu. Pendek tapi kalau hanya berisi huruf acak tanpa makna kan percuma saja.
  • Upayakan domain anda unik
    Ini biasanya digunakan oleh orang-orang yang menunggu pengunjung yang salah mengetikkan url ketika hendak masuk ke situs tertentu. Upayakan anda tidak memilih nama domain yang mirip-mirip dengan domain lain. Ini akan berpengaruh dengan penampilan anda di search engine dan juga terkadang menimbulkan masalah dengan hak cipta. Susah kan? Be unique!
  • Gunakan keyword dari niche yang anda incar
    Ini juga penting banget. Karena akan berpengaruh besar pada kemudahan blog anda itu untuk menjadi yang pertama di Google. Usahakan anda mengambil domain yang sesuai dengan niche anda. Semakin dekat semakin baik. Gunakan saja keyword anda sebagai domain – jika mungkin – karena semakin sempit niche-nya, akan semakin kecil juga domain itu belum dibeli orang lain. Harus cepet-cepetan pokoknya. Senarsis apapun sesungguhnya anda, jangan gunakan nama anda sendiri sebagai domain. Kecuali ini akan menjadi blog personal atau anda suatu saat nanti akan sebesar John Chow.
  • Pilih ekstensi yang sesuai dengan isi blog anda
    Ada banyak sekali pilihan ekstensi top level domain yang tersedia, misalnya .com, .net, .org, .biz, .edu, .mobi, dll. Biasanya yang paling umum digunakan adalah .com. Pertimbangannya apa? Ini tergantung pada kira-kira nanti anda menyasar pengunjung yang macam apa. Misalnya blog anda itu berisi hal-hal yang umum, pakai .com itu bagus. Misalnya anda menyasar pengguna mobile maka sebaiknya ekstensi .mobi itu yang dipakai.
  • Hindari penggunaan karakter khusus
    Jika kebetulan nama domain yang kita mau sudah laku, kita bisa memilih jalan pintas, misalnya dengan menggunakan karakter khusus. Yang paling umum adalah karakter “-“ seperti pada ‘dee-nesia’. Ini sesungguhnya tidak bagus. Akan tetap lebih bagus kalau bisa ‘deenesia’ begitu saja. Tapi waktu itu sudah terlanjur sih, haha…. Orang bisa saja lupa mengetikkan tanda hypen itu tadi. Kan memang lebih mudah mengetik ‘deenesia’ tanpa tanda strip itu to? Jadi sebaiknya jangan mengulangi kesalahan saya.
  • Hindari penggunaan angka
    Sama seperti penggunaan karakter khusus, terkadang, ketika nama itu sudah tersewa orang lain, maka kita ambil resiko dengan menambahkan angka dibelakangnya, dan nama domain anda disetujui. Yang perlu diingat, penambahan angka itu, sama seperti penambahan angka pada alamat email, tidak akan membuat domain anda terlihat beda, justru konyol. Tambahan lagi, bisa jadi orang tidak akan mengingat tambahan angka tadi ketika mengetikkan alamat url blog anda di browser, dan resiko kehilangan calon pengunjung semakin besar. Sama sekali tidak bagus. Kecuali, anda memang sedang membuat blog yang ada hubungannya dengan angka, tambahan 69 misalnya? Haha… Beresiko banget.

Selain tips cara memilih nama domain diatas, ada beberapa yang kita bisa lakukan untuk mendapatkan domain yang bagus untuk SEO, yaitu dengan membeli domain yang sudah ada. Biasanya sudah expired atau memang dijual oleh yang punya. Ini sesuatu yang bagus. Bahkan ada orang yang memang secara khusus memperjualbelikan domain jadi ini. Hasilnya sangat lumayan, dengan nilai tidak terbatas. Tapi kita tetap harus hati-hati ketika ingin membeli nama domain yang sudah pernah dipakai orang lain.

Apa saja yang harus diperhatikan ketika membeli domain jadi?

Ini bisa jadi sangat bagus dari sisi SEO, karena domain sudah jadi itu biasanya sudah punya Google PageRank dan ranking Alexa. Jadi lumayan, istilahnya anda membeli umur dari domain tersebut. Tidak buruk. Tapi berarti faktor PageRank dan Alexa Rank ini harus menjadi pertimbangan.

Berikutnya adalah riwayat dari domain tersebut. Jika domain tersebut pernah digunakan untuk sesuatu yang melanggar hukum atau pernah dipenalty Google, hadew… mending jangan dech. Resiko nanti anda kena penalty juga akan besar.

baca ini: Cara Melihat Apakah Domain di Banned atau Tidak Oleh Google

Ok, sudah siap menentukan domain blog anda sendiri? Sekarang tinggal dimana membeli domain yang murah, bagus, dan mudah?

Saya membeli domain dee-nesia ini di namecheap. Alasannya? Karena akun PayPal saya belum verified, itu artinya tidak bisa membeli domain di layanan registrar yang lain. Salah satu yang mau menerima pembayaran dengan PayPal unverified ya namecheap ini. Jika anda juga punya PayPal belum terverifikasi, ada baiknya anda juga membeli di namecheap. Untuk bulan ini, ada diskon sampai 10%. Lengkapnya, baca ini:
Kode Kupon Diskon Domain Murah NameCheap Bulan Ini
Selamat berburu domain untuk blog tercinta ya….

(Visited 61 times, 1 visits today)
Loading...
Comments(4)
  1. dora
  2. stafa

Jangan ragu untuk berkomentar ya....