Cara Membuka System Information Panel Di Windows 8/8.1

Bagaimana cara membuka Sistem Information Panel di Windows 8/8.1? Jika sebelumnya anda memakai Windows 7 atau XP, rasanya pertanyaannya tadi sangat tidak layak ditanyakan. Karena kita bisa dengan mudah melakukannya. Tapi karena ketiadaan tombol Start itu rasanya hal yang bisa dan biasa kita lakukan di Windows 7 jadi terasa sulit. Sebenarnya tidak juga sih. Cuman karena kita belum terbiasa saja.

Sebenarnya sumber utama kebingungan ini adalah interface Windows 8/8.1 yang aneh membuat sebagian dari pengguna harus berputar-putar sebelum menemukan aplikasi atau tindakan yang sebelumnya sangat mudah dilakukan. Coba saja hitung berapa kali klik yang harus kita lakukan sekadar untuk melakukan shut down system pada Windows 8/8.1? Kan? Jadi lama to? Katanya sih karena Microsoft memaksakan pendapatnya bahwa dekstop itu juga bisa diperlakukan sama dengan memperlakukan smartphone atau tablet yang tidak perlu dimatikan ketika tidak dipakai. Hmmmm… Aneh dan maksa banget.

System Information Panel itu apa sih?System Information Panel on Windows 8/8.1

Loading...

Memang tidak setiap saat kita perlu melongok isinya. Dan biasanya hanya orang-orang yang cukup usil dan iseng yang melihatnya. Pengguna kebanyakan yang cenderung menyerahkan segala masalah yang terjadi pada laptop atau komputernya pada orang lain, bisa dibilang tidak akan pernah melakukannya.

System Information Panel adalah tempat dimana kita bisa melihat seluruh informasi tentang system komputer kita.

Bagaimana cara membuka System Information Panel di Windows 8/8.1?

Run on Windows 8/8.1

Klik kanan pada tombol Start dan pilih Run untuk memunculkan jendela dialog “Run”. Lalu ketikkan

msinfo32

dan tekan Enter. Maka panel System Information akan segera muncul.

mengetikkan msinfo32 di jendela dialog Run

Cara lainnya adalah dengan langsung mengetikkan msinfo32 tadi ke dalam Start Screen untuk melakukan pencarian dan anda bisa langsung menemukannya.

search di Start Screen

Jika mau, anda boleh saja melakukan klik kanan pada ikon msinfo32 tadi dan memilih Pin to Start untuk menempatkannya di Start Screen. Untuk pilihan yang lain silahkan anda coba sendiri.

Pin ke Start Screen

Kalau mau lebih rumit, silahkan cari dan temukan file msinfo32 di folder WindowsSystem32 directory. Jika sudah ketemu, tinggal di dobel klik saja.

Mudah kan? Sekarang anda sudah bisa membuka System Information Panel di Windows 8/8.1.

Kabar terakhirnya, banyak diantara kita yang masih enggan menggunakan Windows 8/8.1 karena tergagap-gagap dengan UI anehnya, barusan Microsoft mengumumkan kalau edisi berikut dari OS-nya adalah Windows 10, bukan Windows 9. Mengapa Windows 9 di lewati ya? Saya juga tidak tahu. Haha…. sumber: HTG

Loading...