dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Membuat Foto Panorama Di HP Android

Tahu istilah panorama kan? Kalau anda suka mengulik hp android yang sekarang anda pakai, ataupun suka mengexplore kemampuan kamera digital juga kamera HP anda, pastinya istilah foto panorama sudah tidak asing lagi. Foto panorama itu foto yang disajikan sedemikian rupa sehingga tercipta kesan lebar. HP jadul punya saya, G502 saja bisa kog, cuman hasilnya ya kurang maksimal dibanding kalau anda menggunakan gadget Android. Belum lagi kalau hp Android anda itu terkenal dengan kamera yang bagus macam dari Sony Ericsson yang sekarang berubah jadi Sony Mobile Communication itu, pasti hasilnya akan lebih tidak terduga. HP Android Sony rata-rata sudah memiliki kemampuan yang akan kita bahas di sini sekarang.

Untuk membuat foto panorama, pada dasarnya sama saja, anda mau pakai kamera apapun cara dasar membuat foto panorama itu sama saja. Begini: sang fotografer berdiri di satu titik dan mengambil gambar memutar secara berurutan. Gasil jepretan gambarnya kemudian “dijahit” dengan program khusus. Bisa pakai Photoshop atau program pengolah foto yang lain.

Masalahnya, membuat gambar panorama tidak semudah teorinya. Gambar yang diambil harus dipastikan konsistensinya sewaktu dijahit nanti. Begitu pula pengaturan kamera harus diperhatikan mengingat gambar yang satu bisa saja lebih terang karena pengaturan exposure-nya berbeda dengan gambar yang lain. Ini agak rumit.

Contoh Foto Panorama

Beberapa merek kamera, termasuk tipe kamera saku, menyertakan fitur panorama sehingga kita bisa membuat gambar panorama dengan panduan di dalam kamera. Sayangnya, proses penjahitan tetap dilakukan terpisah dengan aplikasi tersendiri di komputer. Celah itu yang diisi oleh aplikasi “360” yang dibuat oleh TeliportMe, sebuah studio yang berbasis di Amerika Serikat.

Aplikasi “360” bertujua