dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Membuat FlashDisk Kebal Virus

Cara Membuat FlashDisk Kebal Virus. FlashDisk kebal virus? Apa bisa membuat flashdisk aman dari virus? Jawabannya ada. Ada banyak antivirus yang mempunyai fasilitas mengebalkan flashdisk anda dari virus.
Sebelumnya, sebaiknya kita coba pahami dulu, sebenarnya bagaimana virus bisa masuk kedalam flashdisk kita. Tidak dapat disangkal, bahwa flashdisk adalah yang paling bertanggung jawab atas penyebaran virus, selain via internet, seperti email dan file terinfeksi lain yang memaksa masuk kedalam komputer kita.

Awal muasalnya adalah fasilitas autorun dari OS Windows. Fasilitas ini sebenarnya dibuat untuk memudahkan kita, dia memungkinkan file tertentu bisa langsung dimainkan begitu kita mencolokkan media eksternal seperti CD, DVD, atau flashdisk. Nah, saking baiknya si autorun ini, dia jadi dimanfaatkan pembuat virus untuk melakukan penyebaran. Mengingat file autorun.inf bisa dimodifikasi untuk memanggil si virus. Begitu si virus aktif, maka dia akan menulari komputer korban, demikian pula virus yang sudah di dalam PC akan menulari setiap flashdisk yang pernah menancap padanya.

Nah, dari situ, kita jadi bisa berkesimpulan, pertama yang harus dimatikan adalah pengaktifan autorun dari sisi PC sendiri, caranya bisa mengedit registry-nya Windows, meski agak mumet kalau dilakukan manual, atau via aplikasi. Ada banyak aplikasi gratisan kog, cobalah googling saja, pasti ada. Saya sih pakai Tweak UI, aplikasi gratisan dari Microsoft sendiri, silahkan tanya mbah Google dimana musti download, saya lupa alamatnya.

Kedua, dengan membuat bagaimana caranya supaya file autorun.inf di dalam flashdisk tidak bisa di modifikasi. Tentunya anda mengenal Smadav to? Salah satu contohnya adlah si Smadav itu, meski beberapa hari yang lalu saya menemukan ada virus yang bisa nembus autorun-nya si Smadav. Lupa nama virusnya.

Cara membuat flashdisk kebal virus dengan fitur khusus antivirus

Loading...

Nah, untuk sekaligus melindungi flashdis