dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Membuat Daftar Isi Blog

Cara membuat daftar isi blog yang memakai mesin blogspot | Dengan adanya daftar isi, maka pengunjung blog anda akan semakin mudah melihat postingan yang lain. Ini adalah salah satu cara meningkatkan pageview, mengurangi bounce rate, dan yang paling menguntungkan, meningkatkan kemungkinan pengunjung tertarik dengan iklan yang terpasang, haha…. (Jadi ngerasa, sudah lama sekali tidak pernah nulis yang nyerempet-nyerempet blogging, SEO, keyword, pageviews, dan semacamnya.)

Tapi itu benar sekali, Google sendiri sangat menyukai blog yang navigasinya enak, sehingga tautan atau link yang ada mudah terlihat. Yang menjadi agak susah diseimbangkan adalah kalau jumlah link dalam satu page atau posting terlampau banyak, dengan mudah Google akan menganggapnya sebagai spammy blog, ampun dech…. Terlalu banyaknya tautan juga akan membuat waktu loading akan semakin lama, ini juga dibenci Google. Jadi? Musti bagaimana donk? Supaya bisa pasang daftar isi blog tapi tetap aman?

Cara membuat daftar isi blog

Kemungkinan jawaban terbaiknya adalah dengan menempatkan daftar isi blog kita itu di page statis (sebuah fitur yang relatif belum lama dirilis Google untuk blogspot dibandingkan dengan wordpess.)

Nah, maka kali ini kita akan membuat sebuah static page berisi daftar isi blog kita.

Cara membuat daftar isi blog