Cara Membuat CV di HP Format PDF

Saat ini, Anda tidak lagi butuh laptop untuk membuat CV, bahkan jika Anda memerlukan CV dengan format PDF. Anda hanya perlu smartphone. Mau mencoba? Begini cara membuat CV di HP format PDF dengan aplikasi gratis.

Anda akan membutuhkan aplikasi untuk membuat CV di HP. Pilihan aplikasi yang bisa Anda gunakan ada banyak sekali. Anda tinggal search di Google Play Store dengan kata kunci “curriculum vitae maker.” Maka yang muncul adalah aplikasi yang khusus dibuat untuk membantu Anda membuat CV di Android atau iPhone.

baca juga: Tips Bagi Para Fresh Graduate untuk Mendapatkan Pekerjaan Pertama

Selain itu, ada banyak pula aplikasi multifungsi yang menghadirkan kemudahan serupa, ditambah dengan menyediakan lebih banyak template CV – gratis dan berbayar, sesuai dengan kebutuhan Anda. Anda bisa temukan Adobe Express, Desygner, GoDaddy Studio, Canva, dan masih banyak lagi lainnya.

Pun rata-rata aplikasi yang bisa Anda manfaatkan untuk menulis Curriculum Vitae itu tersedia di Google Play Store maupun Apple Store. Jadi tidak masalah, jika smartphone yang Anda gunakan itu Android atau iPhone. Semua bisa Anda gunakan.

Kali ini, kita akan membuat CV dengan Canva – aplikasi grafis dengan banyak sekali fungsi memiliki jumlah pengunduh paling banyak dibandingkan aplikasi sejenis lainnya. Pada saat tulisan ini dibuat, Canva sudah di download oleh 100 juta pengguna, sementara Adobe Express 10 jutaan, Desygner 5 jutaan, dan GoDaddy juga 5 jutaan.

Cara Membuat CV di HP dengan Canva

Ok, kita mulai langkah-langkahnya.

  1. install dan download aplikasi Canva. Anda bisa search dan download dari Google Play Store atau AppStore.
  2. Jika Anda belum memiliki akun, maka Anda harus mendaftar dulu, bisa sign ini otomatis dengan akun Google atau Facebook kog.
  3. Setelah berhasil, pastikan Anda berada di laman beranda….
  4. Pada kolom telusuri konten, masukkan keyword pencarian “curriculum vitae” atau “resume” dan tap pada ikon pencarian.Hasil Pencarian Template Curriculum Vitae di Canva
  5. Untuk mempermudah pencarian, gunakan filter berdasarkan Style, Theme, atau Color.
  6. Pilih salah dari template CV yang muncul. Anda bisa gulung layar ke bawah atau atas untuk melihat lebih banyak pilihan CV.
  7. Lakukan editing seperlunya dan pastikan data yang Anda masukkan lengkap, benar dan legal.
  8. Tambahkan foto terbaik pada frame yang disediakan.
  9. Jika sudah dirasa cukup, Anda bisa mengunduh CV dengan format PDF, JPG, atau PNG. Untuk kualitas terbaik, disarankan untuk mengunduh format PDF.

baca juga: Foto Untuk CV dan Lamaran Kerja, Harus Seperti Apa?

Cara Membuat CV di HP Format PDF

Untuk membuat CV di HP format PDF dengan menggunakan Canva, maka setelah Anda merasa puas dengan desain curriculum vitae yang Anda buat, pastikan untuk mengunduhnya ke HP dengan fomat PDF.

Pilihan Format File Download CV di Canva

Setelah berhasil terdownload ke smartphone, Anda bisa menggunakannya sesuai kebutuhan. Anda bisa mengirimkannya sebagai attachment melalui email lamaran kerja ataupun melalui aplikasi chatting seperti WA atau Telegram.

Canva memberikan banyak opsi untuk menyimpan desain CV yang Anda buat. Anda bisa menyimpannya menjadi:

  • file dokumen dengan format PDF
  • file gambar atau foto dengan format JPG atau PNG

Selain itu, ada juga pilihan untuk membagikan desain CV atau dokumen lain di Canva kepada pengguna Canva yang lain berupa link. Mirip seperti berbagi akses file di Google Drive, Anda bisa membatasi akses menjadi editor maupun viewer.

Untuk CV, memang pada umumnya, perusahaan lebih memilih untuk menerima file kelengkapan berkas lamaran kerja dilampirkan dalam format PDF.

Tips Membuat Desain CV Yang Bagus

  1. Pilih theme CV minimalis
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan font yang berbeda
  3. Hindari template CV dengan bintang-bintang
  4. Pilihan warna template CV dengan warna yang serasi
  5. Pastikan font yang Anda gunakan konsisten dalam hal ukuran, warna, dan jarak dari objek yang lain.
  6. Gunakan bagian about me untuk menunjukkan kepribadian positif Anda

baca juga: CV Lamaran Kerja Yang Bagus Supaya Kamu Diterima Kerja

Template atau theme CV dan resume yang tersedia di Canva rata-rata sudah memiliki desain yang bagus, serasi, dan profesional. Tetapi, tetap saja, Anda harus memilih desain CV di Canva yang sekiranya paling sesuai untuk digunakan melamar pekerjaan tertentu.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.