dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Mematikan RBT Nada Sambung Indosat, Telkomsel, XL, Esia, Three, Flexi, dan Fren

Cara mematikan RBT nada sambung semua operator – Indosat, Telkomsel, XL, Esia, Three, Flexi, dan Fren. Nada sambung, atau RBT (Ring Back Tone) telah menjadi salah satu sumber pendapatan besar bagi penyelenggara layanan seluler di Indonesia. Mereka untung besar, pelanggannya – alias – kita yang kelimpungan tersedot pulsanya. Kalau RBT atau nada sambung itu memang kita kehendaki tidak masalah.

Pasalnya, seringkali si RBT atau nada sambung itu datang sendiri. Seperti kasus  RBT Arema Voice pada pelanggan Flexi di Malang beberapa waktu lalu. Pihak Flexi memasang lebih dulu tanpa konfirmasi, lalu ketika pelanggan minta dimatikan fasilitas RBT-nya, jawabannya mbulet tidak karuan.

Sering kali juga layanan semacam itu datang dalam bentuk sms yang isinya menjebak. Biasanya modusnya adalah dengan menanyakan pertanyaan yang kalau tidak dijawab maka pelanggan dianggap ikut serta program RBT itu. Benar-benar menjengkelkan.

Padahal sebagian besar pengguna layanan seluler akan segera menganggap sms semacam itu tidak perlu ditanggapi. Padahal kalau tidak dijawab, maka kita akan dianggap setuju menjadi pelanggan. Hmmm …. Pinter, tapi menyesatkan. Maka, ada baiknya anda membaca sampai selesai dan hati-hati ketika menerima sms menyesatkan begitu.