dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Mematikan Fitur Hardware Acceleration Untuk Mempercepat Loading Firefox

Cara mempercepat loading Firefox dengan mematikan Fitur Hardware Acceleration | “Hardware Acceleration” (GPU Rendering) adalah salah satu fitur yang baru diperkenalkan namun sudah diaplikasikan di hampir semua browser baru. Termasuk Mozilla Firefox sejak versi 4.0.

Fitur ini dibuat untuk membantu meningkatkan kinerja aplikasi tersebut sebenarnya. Namun ternyata ada banyak kasus di mana jika fitur ini aktif (yang sayanya secara default sudah demikian) pengguna Firefox bisa mendapatkan masalah dengan tampilan teks yang kabur di layarnya. Masalah lain yang juga bisa muncul adalah waktu loading Firefox yang lama. Sekitar 9-10 detik. Jika anda menggunakan netbook dengan RAM 1GB mungkin akan lebih lama lagi. Waktu loading yang lebih lama ini terasa mengganggu terlebih ketika kita sedang terburu-buru. Atau jika anda memakai akses internet time based, haha…. Terus bagaimana dunk? Ya matikan saja fitur Hardware Acceleration ini.

Cara mempercepat loading Firefox dengan mematikan Hardware Acceleration

  1. Buka Mozilla Firefox, klik pada kotak berwarna oranye bertuliskan Firefox, atau tekan tombol alt, kemudian klik pilihan ‘Option’
  2. Buka tab “Advanced”
  3. klik pada tab “General”
  4. Matikan pilihan “Use hardware acceleration when available”

klik “Ok” dan restart Firefox anda jelasnya lihat gambar di bawah ini: