Membuat Online Shop Sendiribaca tipsnya di sini....

Cara Memaksa Layar Netbook Memiliki Resolusi di Atas 1024×600 di Windows 8

Ingin tahu cara mengubah resolusi layar netbook dari 1024×600 pixel menjadi lebih tinggi minimal 1024×768 pixel? Ok, kalau anda sekarang memakai netbook atau laptop berlayar 11,6 inchi keluaran 2 tahun terakhir, memang kebanyakan sudah memakai resolusi 1024×768 yang menjadi resolusi minimal supaya aplikasi yang sudah dioptimasi untuk dijalankan di Windows 8 berjalan maksimal. Jika resolusinya dibawah itu, maka modern-style apps tersebut akan menolak untuk dijalankan. Mengingat sampai sekarang masih banyak teman-teman yang memakai netbook dan ‘sedikit’ memaksa menginstall Windows 8 di dalamnya, maka posting ini saya rasa masih perlu.

Dahulu, ketika saya masih memakai Acer AOD saya juga memanfaatkan cara ini di Windows 7 demi resolusi yang lebih tinggi. Akal-akalan sih, karena resolusi native-nya memang hanya 1024×600 pixel. Akibatnya, semua jadi terlihat lebih kecil. Lumayan membantu, terutama ketika memakai Windows Live Writer.

Kelemahannya?

Ya, namanya juga trik software, jadi ya tampilan layar di netbook jadi agak kasar dan kabur di desktop. Tapi terlihat normal ketika menonton video dan foto. Tapi semua masih presisi dan nyaman kog. Setelah 2 atau tiga hari anda akan merasa normal-normal saja.

Bagaimana cara kerjanya?

Kebanyakan netbook, menggunakan integrated graphics dari Intel. Nah, graphics driver dari Intel itu mempunyai setting tersembunyi untuk meng-enable fitur ‘downscaling.’ Fitur ini mengijinkan pengguna untuk menjalankan resolusi layar yang lebih tinggi dari resolusi default-nya di dalam Windows.

Trik mengubah resolusi layar netbook ini kadang tidak bisa dipakai. Kebanyakan alasannya adalah karena netbook tersebut tidak memakai grphics driver punya Intel atau ada perbedaan pada chipset-nya. Ya tidak bisa dipaksa juga.

Ok, sekarang kita akan bahas langkahnya satu per satu.

Cara mengubah resolusi layar netbook menjadi 1024×768 pixel

Pertama, karena ini urusannya mengubah registry, maka kita akan panggil regedit. Supaya mudah, tekan tombol Windows, ketik regedit, lalu tekan Enter seperti gambar dibawah ini:

regedit Windows 8

Loading...

Setelah aplikasi Registry Editor tampil, tekan Crtl+F, dan cari nilai registry display1_downscaling_supported. Caranya ya tinggal ketika atau copy-paste ke dalam kotak Find what lalu tekan Enter, atau klik Find Next

image

Lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Di bagian kanan akan ada setting yang bernama “Display1_DownScalingSupported” Lakukan double klik pada setting tersebut dan beri nilai 1.

hNah, jika anda tidak menemukan setting tersebut, berarti netbook anda tidak memakai graphics driver punya Intel atau chipsetnya berbeda sehingga trik memaksa resolusi layar netbook menjadi lebih tinggi ini tidak bisa anda gunakan.image

image

Tekan tombol F3 untuk mengulangi pencarian, dan ubahlah semua setting Display1_DownScalingSupported menjadi bernilai 1 sampai selesai.

Kalau sudah tidak ada lagi, sekarang silahkan restart netbook anda. Sudah?

Sekarang coba buka window Screen Resolution. Itu loh, klik kanan pada desktop, trus pilih Screen resolution. Coba set resolusi layar anda menjadi 1024×768 pixel. Tada…. Sekarang anda sudah bisa menjalankan modern apps di netbook.

sumber: HTG

image

Disclaimer:

trik ini beresiko. Lakukan dengan sadar. Saya tidak bertanggung jawab jika ada masalah dengan netbook anda setelah menjalankannya.

Jika setelah mengikuti trik mengubah resolusi netbook ini terjadi blank screen, maka coba restart lagi, masuk ke safe mode lalu undo semua pengubahan nilai tadi menjadi 0. Lalu restart lagi.

Semoga berhasil.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....