Cara Masuk Safe Mode Windows 8

Cara Masuk Safe Mode Windows 8 saat booting| Tidak seperti Windows versi sebelumnya, Windows 8 tidak mengijinkan penggunanya dengan mudah booting dan masuk dalam safe mode. Ini juga salah satu hal yang di kritik penggunanya. Mereka itu merasa Microsoft membuat Windows 8 menjadi agak tertutup. Padahal, dalam keadaan tertentu kita tetap perlu melakukan akses ke dalam sistem, dimana akan lebih mudah ketika kita booting ke dalam Windows dalam safe mode. Secara pasti, saya tidak tahu mengapa Microsoft memilih untuk menonaktifkan fitur safe mode Windows 8 ini. Mungkin saking pede-nya, bahwa Windows 8 itu OS yang 100% aman dan stabil. Begitukah?
Dalam Windows 7, untuk masuk safe mode, bisa dilakukan cukup dengan menekan tombol F8 pada saat booting. Di Windows 8, kita harus melakukan beberapa tweaking supaya hal itu bisa dilakukan. Hmmmm, OS yang aneh, wkwkwk
Setidaknya, ada dua cara masuk safe mode dalam Windows 8 saat booting, seperti ini:

  1. Dengan mensetting di msconfig
  2. Dengan mensetting di PC Setting

Cara 1: msconfig
Buka msconfig, caranya tekan kombinasi Windows key + R (Run). Ketikkan msconfig, maka akan keluar tampilan dialog “System Configuration”. Masuk ke tab Boot, dan berikan centang pada Safe Boot. Pilih OK, Windows akan minta restart. Silahkan restart komputer anda. Nah, booting berikutnya akan akan langsung masung ke safe mode. Windows 8 masuk safe mode

Loading...

Cara 2: PC Setting
Windows 8 PC Setting
Pada cara ke dua ini, kita akan masuk ke menu PC Setting. Menu PC Setting bisa di temukan di Charm Bar, arahkan mouse anda ke sebelah kanan maka akan keluar Charm bar. Pillih “Setting”, kemudian pilih “PC Setting”, akan tampil menu PC Setting, pilih tab “General”. Plih Advanced Startup kemudian pilih Restart Now. Kita akan dibawa ke menu pilihan “Choose  an option” seperti gambar dibawah ini:
Windows 8 Safe Mode
Windows 8 Safe Mode
Kemudian pilih “Troubleshoot”, Pilih menu “Windows Startup Setting”. Kemudian akan diberi petunjuk tentang apa saja yang bisa kita lakukan dengan tombol Restart. Kemudian setelah restart, kita akan disodori pilihan angka 1-10. Pilih angka 4 untuk menuju ke Safe Mode, selamat mencoba.
Phew! Semoga berhasil masuk safe mode Windows 8 saat booting.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....