Cara Main COC di PC atau Laptop Dengan Mudah

Ini cara main COC di PC atau laptop kamu dengan mudah. Tidak perlu spek yang terlalu tinggi untuk main COC di PC, asal bisa lancar Windows 7 atau 8, sudah cukup untuk kamu main COC di laptop sampai puas, hehe… Tapi sebelumnya, ya harus sadar diri juga, namanya pakai emulator itu berarti butuh RAM agak besar. Main COC di laptop RAM 1GB itu namanya menyiksa. Tidak cuman laptop kamu yang bakalan tersiksa, tapi juga kamu. Pasti akan banyak lag kalau gak malah layar item saja seperti yang banyak diceritakan teman-teman. Untuk amannya sih pastikan laptop kamu punya minimal RAM 2GB. Kalau bisa lebih. Toh sekarang harga modul RAM sudah lumayan murah.

Untuk sekarang, rasanya sudah agak susah menemukan PC atau komputer dekstop. Tapi untuk kalangan gamer beneran, laptop itu bukan pilihan yang bagus. Karena COC ini bukan game kelas berat yang butuh spesifikasi tinggi, dan lagi pula kebanyakan yang main COC itu bukan gamer kelas berat yang biasa dan tidak kaget dengan harga laptop atau PC desktop dengan spesifikasi gaming, maka mulai sekarang, saya akan menyamakan istilah desktop PC dan laptop. Jadi jika nanti saya sebut laptop itu bisa pula kamu artikan sebagai PC desktop.

Dalam posting cara main COC di PC atau laptop kali ini, kita tidak akan membicarakan beragam strategi supaya menang main COC atau yang semacamnya, karena itu sudah pernah saya tulis di posting lain. Jika butuh tips main COC (untuk pemula – haha…) silahkan baca: Cara Main COC – Tips Untuk Pemula.

Ok, sebelum kita mulai dengan cara main COC di PC atau laptop, mungkin ada yang bertanya, kenapa main COC di laptop? Apa untungnya? Kan lebih banyak ruginya? Hehe…

Ada beberapa alasan mengapa beberapa orang ingin main COC di laptop. Kemungkinan pertama, dia tidak punya smartphone Android – mengada-ada banget ya alasannya… – masak sih hari gini gak punya Android? Atau …. jangan-jangan kamu juga termasuk mereka yang tidak punya Android itu?

Kedua, tidak ingin baterai smartphone Android mereka rusak karena sering dipaksa sampai kepanasan main COC di Android.

Ketiga, ada loh yang beranggapan main COC di laptop itu akan menghemat kuota internet. Iya kalau kamu pakai koneksi WiFi di rumah, tapi kalau kamu pakai koneksi WiFi dari hostpot Android kamu ya sama saja, malah bisa jadi lebih boros kuota internetnya.

Keempat, ada yang merasa bisa lebih nyaman membiarkan game COC jalan terus dalam waktu lama via laptop atau PC biar tidak diserang musuh. Iya, bisa sih. Cuman itu lebih boros listrik. Kan?

Ok, apapun alasan kamu, terserah saja. Yang saya tahu, kamu ingin tahu cara main COC di PC atau laptop itu saja.

Cara Main COC di PC atau Laptop Dengan Mudah

Ada beberapa cara sih. Dan semuanya melibatkan aplikasi pihak ketiga untuk membuat laptop kita bisa mengemulasi Android supaya kamu bisa main COC di PC atau laptop. Apa saja itu?

1. Bluestacks

Ini yang selalu saya gunakan dan sangat direkomendasikan. Mengapa Bluestacks? Alasannya simple, karena ini emulator Android paling stabil yang pernah saya coba. Kita bisa install bermacam-macam aplikasi Android, bisa langsung dari Google Play Store atau file apk yang sudah kita simpan sebelumnya.

Beberapa orang mengeluh Bluestacks berjalan amat lambat atau bahkan tidak bisa menjalankan COC. Masalahnya biasa disebabkan spesifikasi yang ‘terlampau’ rendah. Supaya aman, ya minimal RAM di laptop kamu itu 2 GB. Kurang dari itu, kamu harus menjadi orang yang ekstra sabar dan perlu belajar pernafasan untuk menjaga emosi sebelum kamu banting laptop, hehe….

Untuk memakai Bluestacks supaya bisa main COC di PC, tinggal cari aplikasi-nya di Google, download, lalu install. Semudah itu. Supaya tidak bingung-bingung mencari installer-nya, silahkan kunjungi Download Bluestacks.

Setelah selesai download-nya, silahkan di install. Agak lama sih proses instalasinya, tergantung dengan kecepatan koneksi internet kamu. Lengkap-nya silahkan lihat videonya saja ya….

2. Andy Android EmulatorCOC on Andy Android Emulator

Loading...
Kalau dilihat di halaman resminya, fitur dan kemampuan Andy ini jauh lebih baik dari Bluestacks. Itu artinya pasti butuh resource lebih besar dari Bluestacks. Jadi kalau laptop atau PC kamu spesifikasinya pas-pasan, mending jangan deh.

Andy Android Emulator ini memang canggih banget. Sebagai emulator Android dia menggunakan Virtual Box untuk menjalankan iso Android yang akan di download setelah kamu install installer-nya yang super kecil. Kurang dari 1 MB, cuman sekitar 600 kb. Tapi hati-hati, untuk total-nya lengkap dengan Virtual BOx dan iso Android-nya, kamu butuh kurang lebih 400 sampai 500 MB. Siapkan saja kuota internet kamu.

Mau mencoba? Silahkan kunjungi http://www.andyroid.net/, download installer-nya, install, jalankan dan tunggu sampai dia siap. Seberapa lama? Kembali ke kecepatan akses internet yang kamu pakai, semakin baik semakin cepat. Cari akses free WiFi yang bagus saja.

Setelah Andy siap, kamu bisa pergi ke Play Store untuk install COC dan siap main di laptop atau PC kamu.

3. Install Android di PC atau laptop via Virtual Machine

Ini cara yang agak manual. Kalau kamu tidak pernah melakukannya, silahkan lebih banyak baca-baca tentang virtual machine deh. Yang paling umum digunakan adalah Virtual Box. Jadi langkah-langkah install COC-nya akan seperti ini:

  1. download Virtual Box lalu install di laptop
  2. download iso Android versi yang kamu mau
  3. jalankan Android di dalam Virtual Box
  4. setting bagaimana Android akan berjalan di Virtual Box
  5. download COC langsung dari Android di dalam Virtual Box
  6. main COC di PC atau laptop kamu.

Bagaimana? Agak ribet kan? Soal download dan install-nya itu mudah. Tapi setting Virtual Box untuk bisa menjalankan Android di PC itu susah-susah gampang. Sekalinya berhasil, terasa banget lag-nya. Namanya juga virtual, hehe… Jadi semua resource laptop akan dibagi dua antara OS host (Windows 7 atau 8 kamu) dengan OS di Virtual Box. Sama saja dengan kamu menjalankan dua OS bareng-bareng di satu komputer yang sama. Kalau RAM kamu terbatas, mending jangan dicoba deh. Agak bingung juga sih kenapa si Android ini berat banget. Rasanya bahkan lebih berat dibanding jika menjalankan Ubuntu atau Windows 10 Technical Preview di Virtual Box. Hmmmm….

Dari ketiga cara main COC di PC atau laptop di atas, sampai sekarang Bluestacks masih tetap pilihan terbaik. Dan saya masih pakai itu. Untuk Andy dan pakai iso Android, laptop yang saya pakai (Asus 1215B RAM 4GB) tidak cukup kuat. Lemot banget, hehe…

Kalau kamu ingin main COC dengan cepat, maka kamu akan butuh gems dalam jumlah besar supaya bisa membangun pasukan dan kota dengan cepat. Buat yang mau, jangan lupa untuk baca juga Cara Mendapatkan Gems COC Dengan Cepat dan Gratis (bisa juga untuk game Android yang lain).

(Visited 1,064 times, 7 visits today)
Loading...
Tags:, ,
20 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....