Cara Install Windows Live Writer di Windows 8

Kebingungan install WLW di Windows 8? Itulah yang barusan saya alami. Tapi sekarang sudah bisa. Berikut saya sharingkan cara install WLW di Windows 8.
Kenapa Windows Live Writer sulit di install di Windows 8? Akar masalahnya adalah karena secara default Windows 8 datang dengan NET Framework 4.5, padahal masih banyak aplikasi yang dibangun berdasarkan .NET 3.5. Si WLW ini juga begitu. Dia butuh .NET 3.5 terinstall lebih dulu baru mau berjalan. Sempat puyeng dan menyesal dengan tega mentala uninstall Windows 7 lebih dulu padahal belum tahu kesulitan yang muncul dengan Windows 8. Tapi ndak papa-lah. Hehe….
Ketika .NET Framework 3.5 belum terinstall, jika kita coba paksa install Windows Live Writer Offline Installer maupun kalau kita install yang versi web installer (download dari sini: Windows Live Essentials 2012) kita akan diberi tampilan seperti ini:image

Loading...

Alias kita disuruh menginstall Microsoft .NET Framework 3. Kalau kita klik link di tengah itu, kita akan disuguhi pilihan lagi:image
Saya tidak memilih apa-apa, tinggal klik NO THANKS AND CONTINUE. Kalau andai saja koneksi internet saya cukup lancar, maka mungkin tidak akan seruwet ini, tadi malam itu parah, sudah lemot, sekalinya lancar kuota habis, padahal sudah jam 11an malam. Akhirnya saya hentikan, cuman browsing-browsing via Ray saja yang kuotanya juga tinggal sedikit banget.

Kalau proses di atas lancar, maka setelah file installernya selesai di download, dia akan terinstall sendiri. Anehnya, kita tidak disuguhi jendela ketika kita install WLW di awal tadi. Yang ada ya cuman pemberitahuan bahwa proses instalasinya selesai. Maka kita harus install lagi WLW-nya.

Lha, kalau kebetulan kita tidak punya akses internet yang cepat bagaimana? Atau kuota sedang tipis? Karena ternyata file yang di download lumayan besar. Dengan kecepatan lumayan saja, bisa sekitar 2-3 jam loh. Ternyata, si .NET Framework 3.5 ini sebenarnya ada di file iso Windows 8, dan kita bisa mengaktifkannya, tanpa koneksi internet sama sekali bahkan. Mau? Baca ini: Cara mengaktifkan .NET Framework 3.5 di Windows 8 tanpa internet.

Loading...
3 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....