dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Embed Video Youtube di WordPress Responsive

Untuk membuat posting blog kita semakin menarik, kadang perlu juga untuk menyertakan video yang bisa kita ambil dari Youtube. Akan lebih baik lagi kalau video yang kita sertakan itu punya kita sendiri. Pasti aman dari kemungkinan dianggap cuman memanfaatkan karya orang lain. Meskipun sebenarnya juga tidak salah-salah amat kalau kita menggunakan url video orang lain dari Youtube. Bisa jadi mereka akan berterima kasih karena akan menambah jumlah page view video yang mereka unggah itu, dan tentu saja, ujung-ujungnya akan menambah pendapatan Adsense Youtube mereka. Kalau videonya punya anda sendiri kan jadi dobel kemungkinannya pendapatan anda, kan? CMIIW sih.

Ok, begini ceritanya. Ini masih berhubungan dengan penyesuaian saya dengan platform blogging WordPress. Sebelumnya, saya memposting Tips Menyerang COC Dengan Queen Archer dan Healer. Hehe, karena saya masih main COC meski usia sudah mendekati kepala 4. Tidak terlalu tua untuk main COC kan? Nah, di dalam posting tadi saya sertakan sebuah video dari Youtube yang sebelumnya saya rekam sendiri. Main COC-nya pakai Xperia M dual, merekam-nya pakai Xperia Ray. Tanpa edit apa-apa, saya upload ke Youtube. Harapannya ya supaya laris banyak yang lihat. Sebagai alternatif tambahan pendapatan dari Adsense Youtube. Ternyata tampilannya jelek. Jadi penasaran, bagaimana cara embed video youtube di wordpress responsive ya?

Pertama yang saya lakukan untuk embed video Youtube di blog dee-nesia ini ya hanya dengan mengcopy script iframe yang diberikan Youtube ke dalam postingan. Bisa sih. Masalahnya, tampilan videonya tidak responsive. Kalau dilihat di dekstop memang tidak masalah. Tapi karena pengunjung blog dee-nesia ini kebanyakan memakai smartphone berbasis Android – sampai sekitar 60% -, saya cobalah untuk melihat tampilannya di browser Chrome pada Xperia M dual. Hik… Jelek banget tampilannya. Frame video-nya melebar melewati frame kanan luar. Jadi kalau mau lihat penuh ya harus di geser-geser gitu. nGgak banget pokoknya. Mau tidak mau, harus cari cara supaya video embed-nya tampil responsive di browser mobile. Dengan googling, sampailah saya diĀ