Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan via Online Tidak Pakai Ribet!

Pada umumnya orang beranggapan bahwa yang bisa daftar BPJS Ketenagakerjaan hanyalah mereka yang menjadi karyawan dari perusahaan. Padahal sebenarnya Anda yang bekerja secara mandiri di bidang informal juga bisa menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan ini.

Jika selama ini alasan Anda menunda atau tidak mau menjadi peserta BPJS adalah ogah ribet dengan birokrasi pendaftarannya, jangan apriori dulu. Sekarang semua serba online. Anda bisa mendaftar secara online. Cukup 5 menit saja.

Benefit menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan yang bisa sangat membantu ketika Anda sakit dan benar-benar membutuhkan dana itu sayang sekali kalau sampai dilewatkan. Untuk sehat butuh biaya. Terlebih kalau sedang dirundung sakit, dana yang kita keluarkan bisa membuat rencana sebelumnya harus ditata ulang – kalau bukan malah digagalkan sama sekali karena uang tabungan terpakai untuk biaya rumah sakit.

hNah, dengan menjadi peserta BPJS, biaya rumah sakit tidak lagi menjadi terlalu menakutkan. Kalaupun dana iuran BPJS Anda tidak digunakan, Anda juga bisa mencairkannya. Begini cara Pencairan BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu bagaimana cara daftarnya?

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan via Online

Cara Daftar BPJS Ketenagakerjaan

Sebelum mendaftar menjadi peserta BPJS, silahkan siapkan dulu syarat-syaratnya. Tidak ribet kog. Persyaratannya umum saja, selayaknya pendaftaran layanan semacam ini yang lainnya.

Syarat pendaftaran

1. surat ijin usaha dari kelurahan setempat
2. alamat email aktif
3. foto copy KTP
4. foto copy Kartu Keluarga
5. 1 lembar pas foto berwarna ukuran 2 x 3

Untuk surat ijin usaha, Anda hanya perlu memintanya ke kelurahan setempat, tidak sampai perlu SIUPP

Cara daftar BPJS Ketenagakerjaan via online

Anda bisa menggunakan browser di laptop ataupun di smartphone untuk mendaftar. Browsernya bebas saja. Boleh Chrome, Safari, Firefox, atau browser bawaan smartphone Anda.

1. kunjungi website resmi BPJS Ketenagakerjaan di www.bpjsketenagakerjaan.go.id
Jika ada permintaan ijin lokasi dari website BPJS ini, maka ijinkan saja dengan tap pada tombol Allow. Ini akan memudahkan Anda mendapatkan lokasi kantor BPJS terdekat dengan lokasi Anda.

2. di smartphone Anda, tap atau klik pada tombol menu 3 lapis di pojok kanan atas. Kalau Anda menggunakan browser di laptop atau PC, tap pada menu Informasi Kepesertaan seperti pada langkah ke 3 berikut ini.

atau

3. tap pada menu Informasi Kepesertaan
4. tap pada menu Bukan Penerima Upah
5. scroll ke bawah sampai ke Prosedur Layanan.
6. tap pada link di “sini” pada langkah nomor 1 yang ditunjukan
7. Anda akan diminta untuk melengkapi data pada 4 langkah pendaftaran. Yaitu informasi pekerja, profil pekerja, konfirmasi pendaftaran, dan pembayaran
8. Anda akan mendapatkan email yang berisi informasi mengenai pendaftaran Anda dan panduan langkah pendaftaran selanjutnya.
9. Bawa dokumen yang diminta ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat untuk mendapatkan kartu tanda Anda sudah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.

Bagaimana? Mudah saja bukan?

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.