Cara Cepat Menulis Posting

Cara cepat menulis posting blog. | Oke, tulisan bagus itu sangat penting untuk blog anda, apalagi ketika Google benar-benar menghajar dengan si Panda. Masalahnya, apa kita punya waktu cukup untuk menulis posting dengan cepat tanpa mengorbankan kualitas tulisan itu sendiri?

Loading...
Jujur saja, berapa lama waktu yang anda butuhkan untuk menulis sebuah postingan bagi blog anda? Kalau anda menganggap anda menghabiskan waktu terlalu banyak untuk menulis posting itu, maka posting ini bisa anda baca terus, kalau ternyata anda bisa menulis posting dengan cepat, maka: sharingkan dunk… hehe…

Woke, kita lanjutkan. Inilah cara cepat menulis posting untuk blog anda.

#1: Catatlah ide-ide bagus anda!

Seberapa sering kita duduk diam saja sambil menatap layar kosong laptop, kebingungan mau menulis posting tentang apa? Jangan khawatir, anda tidak sendiri. Dan…, yang terpenting adalah: ada yang bisa kita lakukan untuk mengatasi kebuntuan ide untuk posting ini. Apa?

Catatlah ide-ide anda. Mengapa harus dicatat? Anda tentu menyadari bahwa ide untuk posting itu bisa muncul kapan saja. Ide bisa muncul ketika kita sedang makan, dolan, dan percaya atau tidak, pada waktu buang air besar anda bisa mendapatkan ide yang luar biasa banyaknya. Kan?

Siapkan saja block note kecil untuk mencatat ide-ide posting anda itu, atau anda juga bisa mencatatnya di hp, laptop, PC, atau netbook anda. Soal aplikasi apa yang anda pakai, itu terserah, Coba lakukan ini 5 hari saja, dan saya jamin anda akan merasa kebanyakan ide…. hehe….

#2 Rencanakanlah posting anda

Dalam proses menulis posting, tidak jarang kita menghapus paragraph, menata ulang peletakan paragraph, atau yang paling paling parah menghapus semua paragraph dan memutuskan untuk mulai menulis posting yang baru. Berapa banyak waktu yang terbuang karena proses ini? Masalahnya bukan pada tulisan anda, namun pada perencanaan anda.

Mulai sekarang, sebelum anda menulis posting blog anda, cobalah menuliskan lebih dulu:

  • topik utama atau paling tidak judul tulisan anda
  • introduksi (ide pembuka)
  • beberapa kata kunci yang anda mau bahas; cobalah membuatnya menjadi daftar yang berisi paling tidak lima kata kunci
  • kesimpulan dan kalimat/ paragraph “call to action”

Percayalah, anda akan merasa lebih mudah menulis ketika anda sudah memiliki kerangka.

#3 Matikan semua yang bisa mengalihkan perhatian anda

Twitter, Facebook, Google+, Skype, Gmail, …. Ok, kita harus akui mereka sangat membantu kita. Tapi mereka juga bisa sangat mengganggu. Kalau anda memakai Windows Live Writer untuk menulis posting blog, matikan saja browser anda. Kalau perlu matikan juga akses internet anda. Tapi jangan matikan ponsel anda, kasihan kalau keluarga anda menghubungi dan ternyata penting, hehe…

Sebagai ilustrasi, kalau anda online 4 jam per hari, coba amati buatlah urutan kegiatan yang anda lakukan mulai dari yang paling banyak menyita waktu sampai yang paling sedikit. Berapa lama yang anda pakai untuk mengetik posting?

#4 Ketiklah, Jangan Mengedit!

Kebanyakan orang menggabungkan 2 langkah yang sebetulnya sangat berbeda menjadi satu ketika mereka menulis. Mereka menulis sebuah atau dua kalimat, kemudian menghapus atau mengeditnya.

Kata kuncinya: Menulis adalah proses kreatif, dan fokusnya adalah bagaimana menuliskan barang mentah menjadi barang siap saji dalam bentuk tulisan.

Melakukan editing sambil menulis, atau sebaliknya, sangat menghambat kecepatan penulisan posting anda. Yang dimaksud di sini bukan kecepatan pengetikan, melainkan terhambat atau tersendatnya ide anda. Jadi, ketika anda menulis posting, menulislah, biarkan saja dahulu semua kesalahan gramatikal dan pengetikan, semua itu bisa diperbaiki kemudian. Fokuslah pada ide anda.

#5 Kalau perlu, lupakanlah detail

Melupakan detail? Bukankah ini akan membuat tulisan menjadi mentah? Detail sangat diperlukan untuk membuat sebuah posting terasa penuh dan kaya. Woke-woke, tidak perlu emosi dulu. Yang dimaksud di sini adalah: lupakan detail yang ‘sedang’ anda perlukan ketika sedang menulis posting.

Misalnya begini, anda sedang menulis suatu posting, lalu anda merasa harus menambahkan link, foto, definisi, tautan tentang hal terkait, psoting anda terdahulu, dan sebagainya yang anda rasa bisa memperkaya postingan anda. Dan anda merasa tambahan detail itu sangat penting. dan kemudian anda lari ke Google, melakukan research ‘sedikit’. dan sekian belas menit terbuang…, Saya yakin anda sering melakukan ini. kan? Lalu bagaimana dunk…?

Menambahkan detail itu sebenarnya sama dengan melakuakan pengeditan naskah posting. Jadi tambahkanlah detail seperti link dan photo, belakangan, bersamaan dengan proses pengeditan.

Nah, supaya tidak kehilangan jejak di mana anda merasa penting menambahkan detail, beri saja tanda “xxx” atau tanda lain yang sesuai dengan anda.

Woke? Bagaimana? Kalau anda melakukan tips cara cepat menulis posting di atas, sepertinya anda tidak lagi merasa kesulitan menghasilkan posting yang bagus untuk blog anda. Dan semuanya bisa anda lakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Ada saran atau tips anda sendiri? Silahkan dibagikan di sini ya….

Baca tips menulis

credit: Cara Cepat Menulis Posting ini merupakan saduran dari posting Ali Luke yang menjadi guest post di Daily Blog Tips

(Visited 19 times, 1 visits today)
You might also like
1 Comment
  1. Nova aja cukup says

    makasih infonya gan sangat bermanfaat buat saya…

Leave A Reply

Your email address will not be published.