Cara Cek Rekening Penipu Online Supaya Kamu Aman Transaksi Online

Cara cek rekening penipu online | Pernah tertipu pedagang online abal-abal yang setelah kita transfer uang ternyata tidak ada kelanjutannya? Pasti jadi jengkel plus sedih tidak karuan rasanya. hNah, sebelum terlanjur jadi korban penipuan seperti ini, ada baiknya jika sebelum melakukan transfer uang, anda cek dulu nomor rekening yang diberikan. Supaya kita bisa tahu jika rekening tersebut aman dan terpercaya.

Itu sebabnya, belanja online melalui marketplace terpercaya lebih disarankan daripada melakukan transaksi langsung dengan pedagang online perseorangan. Tidak sepenuhnya aman, tapi sangat mengurangi resiko kita tertipu.

Mengapa begitu?

Karena hampir semua marketplace menyediakan fasilitas rekber (rekening bersama) atau apapun itu namanya, yang baru akan memberikan uang pembayaran konsumen kepada penjual, hanya setelah pembeli memberi tanda bahwa barang sudah diterima.

Dan sepertinya semua marketplace itu memberi sistem rating. Jadi, ya hati-hati saja belanja di marketplace pada toko yang ratingnya masih nol atau rendah banget.

Sementara kalau kita beli secara online langsung kepada penjual, ya…, resikonya bisa sangat besar dia menipu. Sama sekali tidak ada jaminan bahwa dia penjual baik-baik.

baca juga: Alternatif Adsense Terbaik Yang Gampang Daftarnya dan Mudah Dapat Uangnya

Dan pada perkembangannya, ternyata ada juga pedagang online abal-abal yang berusaha terlihat seperti pedagang online yang baik.

hNah, supaya tidak tertipu ketika belanja online, kita bisa cek apakah nomor rekening yang diberikan pedagang online tersebut aman untuk transaksi. Caranya? Begini….

Cara Cek Rekening Penipu Online

Cara Cek Rekening Penipu Online


Cara Cek Rekening Penipu Online

Mudah sekali kog caranya mengetahui jika nomor rekening tertentu itu aman atau tidak untuk transaksi online.

Setidaknya ada dua situs yang bisa kita manfaatkan untuk cek nomor rekening itu milik penipu atau bukan.

Mereka adalah cekrekening.id dan kredibel.co.id.

Keduanya memiliki fitur yang kurang lebih sama. Kalau penggunaannya, menurut dee-nesia kredibel.co.id lebih mudah, karena kita tidak perlu cari tahu dulu bank pemilik rekening yang kita mau periksa.

Kalau di cekrekening.id, kita perlu memasukkan nama bank-nya terlebih dahulu, baru nomor rekeningnya.

Tentang cekrekening.id

cek nomor rekening penipu di cekrekening.id

Cek nomor rekening penipu di cekrekening.id

cekrekening.id adalah situs resmi untuk cek keamanan rekening resmi dari Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Jadi anda tidak perlu meragukan fitur dan validitasnya.

Cara kerjanya adalah dengan membandingkan nomor rekening yang anda sedang kepoin dengan nomor rekening yang berada di database cekrekening.id.

Database rekening bermasalah di cekrekening.id ini berasal dari laporan banyak pihak. Bisa dari laporan masyarakat, asosiasi, Aparat Penegak Hukum, dan Bank.

Bentuk pelaporannya juga macam-macam, antara lain adalah:

  1. Pelaporan dilakukan secara online dan offline.
  2. Pelaporan secara online dilakukan melalui aplikasi atau website.
  3. Pelaporan secara offline dengan datang langsung ke call center disertai
    dengan membawa salinan bukti dugaan tindak pidana.

Jadi, jika anda pernah menjadi korban penipuan seperti ini, maka anda juga bisa melaporkan nomor rekening yang sudah digunakan supaya tidak lagi ada orang yang menjadi korban.

Tentang kredibel.co.id

cek nomor rekening penipu di kredibel.co.id

Cek nomor rekening penipu di kredibel.co.id

Bagaimana dengan kredibel.co.id?

Situs ini juga memiliki fitur cek rekening yang fungsinya juga sama, memeriksa jika nomor rekening tertentu terindikasi pernah digunakan untuk kegiatan penipuan online.

Cara kerjanya juga sama dengan situs cekrekening.id di atas. Yang saya tidak tahu, apakah antara kredibel.co.id dan cekrekening.id saling share database nomor rekening bank bermasalah atau tidak.

Jika anda melaporkan nomor rekening tertentu, maka kredibel.co.id akan melakukan peninjauan terlebih dahulu, mulai dari kronologis kejadian, bukti-bukti transaksi berupa screenshot percakapan atau bukti transfer, dan lain-lain sampai bisa diputuskan sebuah rekening memang bermasalah dan digunakan untuk aktivitas penipuan atau tidak.

Jika terbukti, maka kredibel.co.id akan melakukan blacklist nomor rekening tersebut.

kredibel.co.id memiliki database nomor rekening yang berasal dari sebagian besar bank yang beroperasi di Indonesia, mulai dari Bank Mandiri, Bank BRI, Bank BNI, Bank BCA, Bank CIMB Niaga, Bank BTN, Bank Danamon, Bank Permata, dan masih banyak lagi.

Di dalam situsnya, kredibel.co.id mengklaim telah menyelamatkan uang pengguna sampai lebih dari 3 milyar rupiah. Itupun baru sejak 1 Januari 2018. Hmmmm….

baca juga: Cara Dapat Cashback Setiap Kali Belanja Online Dengan Mudah

Lalu bagaimana?

Menurut saya sih, jika benar-benar mau aman, maka sebelum melakukan transfer uang ke penjual, sebaiknya kita cek nomor rekening mereka ke dua situs ini. Karena ada kemungkinan database mereka berbeda.

Loading...

Kalau anda pernah menjadi korban penipuan online, jangan ragu untuk melaporkan nomor rekening mereka. Bisa juga sekadar curhat-curhat di bawah sini dengan berkomentar. Jangan lupa share dan like-nya ya…. Safe shopping ya….

Cara Cek Rekening Penipu Online Supaya Kamu Aman Transaksi Online
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 63 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.