dee-nesia
mencari dan berbagi

Cara Back Up File Ketika Windows Tidak Mau Booting

Cara Back Up File Ketika Windows Tidak Mau Booting | Kalau Windows tidak mau booting, bagaimana cara backup file di dalam hard disk ya? Wah, bisa bikin pusing. Memang ada beberapa cara sih, kalau saya, yang paling mungkin muncul di kepala adalah dengan menggunakan Live CD atau Live USB milik Ubuntu. Nah, kebetulan, beberapa hari lalu, keduanya sedang tidak berada di tempat. Live CD-nya Ubuntu 13.04 tertinggal di tempat kerja, sementara yang Live USB saya dipinjam teman. Yang ada di rumah adalah sebuah flashdisk berisi installer Windows 8 64bit. Wah, bagaimana nih? Bisa tidak ya untuk membackup file laptop teman yang mendadak tidak mau booting, padahal dia membutuhkan beberapa file penting perusahaan tempat dia bekerja secepatnya, yang membuat opsi untuk install ulang Windows-nya atau memindahkan hard disknya ke komputer lain adalah pilihan yang terlalu lama.

Kemudian setelah mencari-cari cara backup file ketika Windows tidak mau booting, ketemulah posting dari HTG, yang memanfaatkan flash disk berisi installer Windows 8 untuk membackup data. Segera saya coba, dan beginilah langkah-langkahnya, seperti yang ditulis di HTG.

Langkah-langkah berikut ini bisa dijalankan baik ketika kita memiliki DVD installer Windows 7 atau 8, atau juga USB Installer-nya. Meskipun langkahnya sedikit berbeda, namun ternyata tidak masalah jika versi USB/DVD installer tidak sesuai dengan OS terpasang, tetap bisa.

Booting dari USB/DVD Windows Installer

Silahkan masukkan atau colokkan installer Windows anda, jika DVD ke DVD Drive, jika USB flash disk ya ke port USB, coba masukkan ke USB yang versi 2.0. Untuk port USB 3.0 biasanya bermasalah dengan driver jika anda memakai installer Windows 7. Sebelumnya, silahkan set/atur/pastikan laptop atau PC anda booting via DVD/USB terlebih dahulu. Jika semua sudah sesuai, anda akan melihat pesan “Press any key to boot from CD or DVD” Tekan sembarang t