Cara Mudah Menangkan Clan Wars di COC

Cara mudah menangkan clan wars di COC | Salah satu yang paling ditunggu saat main COC adalah saat clan kita melakukan war dengan clan lain. Bisa menang bisa kalah. Dan ada banyak faktor yang ikut menentukan apakah clan kita nanti menang atau kalau. Nah, itulah yang sedang kita bahas, bagaimana cara agar menang dalam clan wars COC.

Seperti dalam permainan sejenis lainnya, supaya bisa menang clan war di COC, semua anggota clan harus bekerja sama. Tahu tugasnya masing-masing, mau mengikuti arahan aturan aturan bersama, tidak pelit untuk memberi donasi, dan ini yang paling penting, setiap pemain harus tahu diri, haha….

Jika semua sudah ok, pasukan siap, spell siap, dan war dimulai, lakukan sesuai kesepakatan dengan seluruh anggota, dan tinggal tunggu hasilnya. Terkadang clan kita menemui musuh yang seimbang, sehingga kesalahan kecil saja, kita akan kalah. Atau malah-malah kita dapat musuh yang agak jauh di atas clan kita, dan… kalah deh. Ada faktor luck juga di sini, karena kita dapat musuh secara acak. Ok, kita mulai.

Cara mudah menangkan Clan Wars di COC

Pembagian tugas saat clan wars di COC

Setelah war di deklarasikan, leader, petinggi clan yang lain, yang biasanya cukup vokal dan bisa dipercaya member yang lain biasanya mulai membagi tugas untuk memberi donasi ke masing-masing anggota. Biasanya berdasarkan keadaan mereka saat itu. Siapa yang menyiapkan troop tertentu, dan sebagainya.Cara Agar Menang War COC

Loading...
Biasanya sih, setelah kita ikut suatu clan, kita akan tahu kekuatan masing-masing anggota, dan bagaimana mereka bertindak-berlaku terhadap anggota yang lain. Dari situ, biasanya akan muncul orang-orang tertentu yang mengambil peran mereka sendiri-sendiri, tanpa perlu disuruh. Ingat, tidak selalu pemain yang Town Hall-nya besar dan pasukannya kuat itu vokal. Banyak juga yang kalem-kalem saja, tidak pernah aktif di chat. Biasanya mereka ini cukup mudah dimintai pasukan, tapi tidak banyak bicara. Haha… Leader biasanya tegas tapi kalem-kalem saja orangnya. Co dan elder itu yang kebanyakan kejam.

Setelah itu, leader, co-leader, dan elder mulai membagikan pasukan ke seluruh anggota.

Pasukan Yang Wajib di Donasikan

Dengan pertimbangan tertentu, tidak semua jenis troop layak untuk didonasikan. Kan kekuatan setiap jenisnya berbeda-beda, demikian juga dengan fungsinya. Supaya menang war COC-nya, biasanya pasukan ini saja yang didonasikan:

  • Dragon (naga)
  • Wizard
  • Giant
  • Witch
  • Archer

Lainnya terlalu mudah mati dan malah cuman menuh-menuhin clan castle saja. Pasukan yang kuat lainnya, biasanya terlalu besar untuk didonasikan, kan jumlah dan jenisnya tergantung juga dari besarnya clan castle. Jadi supaya bisa di isi dengan jenis pasukan yang kuat, upgrade-lah clan castle kamu sampai setinggi yang kamu bisa. Mahal dan lama juga sih, tapi itu layak dilakukan kog.

Komposisi Pasukan Saat War COC

Beda dengan ketika menyerang musuh di mode multiplayer yang lebih untuk mendapatkan rampasan perang seperti gold, elixir, dan dark elixir – pada saat war, yang kita butuhkan adalah menang. Kalau bisa bintang tiga. Maka pasukan yang kita bawa sedianya juga yang memungkinkan untuk itu. Jangan bawa goblin dunk….

Ok, inilah pasukan yang sebaiknya kamu buat untuk persiapan supaya war COC menang.

  • Dragon (naga), terkadang ada yang menyerang dengan full dragon. Dragon ini memiliki medium damage dan hit point yang cukup besar. Jadi sangat efektif menghancurkan pertahanan musuh, kecuali kalau kamu ketemu dengan musuh yang menempatkan air defense dekat dengan Hidden Tesla.
  • Wizard: sangat efektif untuk menghancurkan segala rintangan, tapi sayang agak mudah mati.
  • Hog Rider: ini jenis pasukan yang paling kurang ajar, karena wall musuh sama sekali bukan halangan buat dia. Jadi bisa menerobos masuk langsung ke dalam. Sasarannya adalah senjata pertahanan lawan. Kompensasinya, daya pukulnya termasuk kecil dan mahal.
  • Witch: cukup siapkan satu atau dua saja jenis troop yang paling cantik ini. Lumayan untuk menambah kekuatan pasukan kamu.
  • Giant: meskipun sangat lamban bergerak, tapi Giant ini sulit matinya. Terlebih yang sudah level atas. Supaya menang war COC kamu, siapkan Giant sekitar 15-20.
  • Archer: jenis ini memang daya pukulnya tidak besar, tapi bisa berlari cepat. Gunakan archer untuk menghancurkan pasukan penjaga setelah dipancing ke pinggir.
  • Wall breaker: ini dia sang penjebol wall. Karena mahal, sebaiknya siapkan 4 saja.

Bekal Spell Yang Harus Disiapkan Saat War COC

  • Healing Spell: siapkan 1 saja. Pintar-pintarlah untuk hanya menggunakannya ketika Giant sudah terdesak.
  • Rage Spell: buat sebanyak yang kamu bisa. Tergantung dengan Spell Factory kamu.

Strategi Saat Menyerang Dalam War COC

Sebenarnya terserah kamu sih mau bagaimana menyerangnya. Cuman supaya lebih efektif dan bisa menang war di COC, ada baiknya kita berbagi strategi, hehe….

Seperti tadi, pasukan yang disiapkan adalah yang memang bagus untuk war. Siapkan setidaknya 20 Giant, 15 Wizard, 4 Wall Breaker, 1 Witch (optional), dan sisanya Archer. Kalau kamu sudah punya Dragon, ya dibawa juga. Masalahnya, Dragon itu akan menyita banyak tempat, nilainya sampai 20 untuk setiap Dragon, jadi kalau ga bisa full, mending tidak. Apalagi kalau masih ijo, hehe….

Amati dulu dimana Clan Castle, letak air defense, Wall yang tampak sebagai jebakan, dan tentu Town Hall-nya. Jika musuhmu sudah level setengah dewa, maka tidak mungkin kamu lihat Town Hall saat war berada di luar. Pasti di dalam dan sangat terlindung.

Intinya ketika menyerang saat war adalah pancing dulu isi Clan Castle musuh lalu hancurkan.

Kira-kira cara menyerangnya begini:

  • pancing menggunakan 1 atau 2 Giant
  • bawa ke pinggir yang sekiranya tidak terjangkau oleh senjata pertahanan lawan. Hancurkan dengan Archer dengan tambahan pasukan dari Castle Clan kita. Kalau kurang tambahi saja dengan Wizard.
  • pastikan semua isi CC keluar dan hancurkan sampai bersih.
  • lanjutkan dengan mengeluarkan Giant di posisi yang paling dekat dengan Town Hall lawan. Tidak perlu ragu, keluarkan saja semua.
  • ikuti dengan Wall Breaker supaya lebih mudah masuknya.
  • Setelah Giant mulai ditembaki, susul dengan Wizard, lalu Heroes yang kamu punya – Barbarian King dan Queen Archer.
  • Setelah dekat dengan Town Hall lawan, beri tambahan Rage Spell. Jadi fokus pada Town Hall.

Tips Psikologis Ketika Menyerang di Clan Wars COC

Tidak selalu, jika kebetulan dua orang pemain COC memiliki komposisi dan kekuatan troop yang sama, akan melakukan clan war dan hasilnya sama. Jangankan beda pemain, beda waktu dan beda tekanan ketika menyerang pun sudah bisa membuat perbedaan hasil clan war yang besar. Saya suka sekali mereview alias melihat ulang bagaimana para pemain besar itu bisa menang di setiap war yang mereka lakukan. Ada beberapa orang yang saya bener-bener kagum, bukan dengan kekuatan dan jumlah troop-nya, tapi dengan ketenangan dan strategi mereka yang super halus, tidak berlebihan, dan tidak boros troop, sangat efektif memilih jenis dan urutan ketika men-deploy troop mereka. Saya kira ini bukan sekadar strategi, tapi lebih ke kemampuan masing-masing pemain untuk mengendalikan tekanan psikologis ketika clan wars COC.

Jadi, kira-kira tips-nya begini:

  • jangan tegang sampai keringat dingin. Bahaya, malah jadi licin itu jempol, hehe….
  • gunakan waktu sepanjang jeda persiapan yang 24 jam itu untuk mengintip posisi pertahanan lawan yang kira-kira pantas kamu serang.
  • tentukan kira-kira mau menyerang pakai apa? Kalau posisi pertahanan udara lawan bagus, ya harus kombinasikan dengan baik antara dragon dan troop darat.
  • sebelum menyerang, lihat di chat, kira-kira perkembangan terakhirnya bagaimana. Supaya tidak malah jadi masalah dengan sesama teman clan.
  • banyak-banyaklah mengintip bagaimana para master menyerang ketika clan wars COC, bisa dari Youtube atau tempat lain.
  • kalau kalah minta maaf-lah ke teman-teman. hehe….

Bagi yang ingin lebih cepat membangun Town Hall, membangun pasukan dan lain-lain dengan menggunakan gems, silahkan baca: Cara Mendapatkan Gems COC Gratis. Jangan lupa juga untuk melihat Tips COC: Menyerang Efektif Dengan Archer Queen.

Bagaimana tips cara agar menang war di COC di atas? Apakah kamu punya cara lain yang lebih efektif? Dengan full Dragon misalnya? Atau menyerang dengan full Balloon? Hehe… Semoga menang ya….

Loading...
Tags:,
11 Comments

Jangan ragu untuk berkomentar ya....