dee-nesia
mencari dan berbagi

Browser Android Paling Ringan Untuk RAM Kecil

Aplikasi Browser Android Paling Ringan Dan Cepat untuk Android dengan RAM kecil – 512 MB ke bawah | Browser adalah aplikasi yang memungkinkan kita menjelajah internet dengan mudah. Untuk di desktop alias PC atau laptop dengan OS Windows, Linux, atau Mac, anda punya banyak pilihan yang bagus. Kalau saya sih Firefox. Ingin tahu alasannya? Baca: Ini Browser Terbaik Untuk Desktop Pilihan Saya. Tapi untuk di Android, bisa lain lagi pilihan browsernya. Apalagi jika HP Android yang kita pakai masih dengan spesifikasi minim. Misalnya RAM dibawah 512 MB. Sebenarnya ada banyak pilihan. Untuk Android dengan RAM di atas 1 GB, rasanya tidak usah bingung-bingung. Karena hampir semua browser, dengan semua plug-in dan add-on terpasang pun masih bisa dijalankan dengan kecepatan yang bagus. Saya pakai Xperia Ray yang RAM-nya hanya 512 MB. Untuk ROM sepertinya tidak banyak berpengaruh pada kecepatan browser yang dipakai. Dan saya terlalu sering gonta-ganti ROM. Yang akan kita bahas berikut ini adalah browser Android terbaik dengan stock ROM. Jadi kalau anda sudah menginstall custom ROM mungkin akan berbeda hasilnya.

Kriteria Browser Android Yang Bagus

Tentu saja ini menurut saya loh. Agak sombong sih, meskipun saya bukan tukang oprek Android, tapi rasanya pengalaman sebagai pengguna bisa membantu mereka yang butuh referensi ketika mencari browser terbaik untuk Android. Tuntutan saya sebenarnya tidak terlalu tinggi. Antara lain saya mengkriteriakan:

  • cepat. Bukan cuman soal cepat membuka halaman web, karena ini sangat tergantung dengan kecepatan akses internet di tempat kita, internet provider yang kita pakai, ramai tidaknya trafik, dan sebagainya, dan karena saya tidak punya alat ukurnya, jadi saya tidak bisa menampilkan yang tercepat dan terlambat merender halaman web. Yang saya maksud cepat di sini lebih pada cepat dibuka karena ukurannya yang kecil.
  • ukurannya kecil. Baik ketika kita download installer apk-nya di Play Store maupun ukuran RAM yang terpakai oleh aplikasi browser ini. Kan RAM-nya kecil, hehe….
  • Bisa membuka halaman web dengan baik. Bukan cuman membuka halaman web versi mobile tapi juga versi desktop, termasuk halaman web yang memakai Flash.
  • UI yang bagus. Maksudnya, antar mukanya mudah, tidak mbulet, ikon yang jelas maksudnya, tid