Blog Yang Cocok Dipasangi Iklan Adsense Responsive

Blog Yang Cocok Dipasangi Iklan Adsense Responsive | Setelah beberapa lama menggunakan iklan responsive di beberapa blog yang saya kelola, jujur saja, saya kurang suka dengan iklan responsive ini. Ok, CTR memang meningkat terutama ketika pengunjung via smartphone jauh lebih banyak dibanding yang datang via desktop. Tapi CPC-nya ituloh yang bikin geregetan. Jarang banget lepas dari kisaran $0.3-0,5. Sakit hatinya itu di sini. Haha…

Saya tidak bisa mengatakan bahwa pengalaman memakai iklan adsense responsive yang saya alami ini cukup bisa mewakili pengalaman para blogger umumnya. Ada lumayan banyak faktor yang menjadi alasan mengapa hasilnya di saya cuman segitu. Yang jelas sih karena beberapa blog itu jarang saya update posting baru. Ada yang cuman seminggu sekali. Ada yang sebulan dapat 5 posting itu sudah maksimal. Ada juga yang saya tambahi posting ketika ingat atau mau saja. Terutama dalam waktu seperti ini, ketika terlalu banyak pekerjaan off-line yang dateline-nya numpuk-numpuk.Adsense Responsive Sebaiknya Dipasang di Blog Apa Ya?

Loading...

Ok, dari beberapa blog saya tersebut, kira-kira saya bisa simpulkan seperti ini:

Blog yang cocok dipasangi iklan adsense responsive

Pertama, blog tersebut harus memakai template atau theme yang responsive. Akan setengah percuma saja memasang iklan adsense responsive jika tampilan blog hanya bagus dan optimal di desktop. Salah satu penyebabnya adalah karena iklan responsive itu tidak mau dipasang di sisi kiri atau kanan saja badan posting. Maunya selebar frame badan posting.

Kedua, blog tersebut memang memasang target pengunjung yang datang dengan menggunakan smartphone. Untuk saat ini memang agak susah memisahkan mereka sekadar untuk memetakan mana yang lebih baik. Paling tidak kita bisa memperkirakan orang-orang yang mengakses internet melalui smartphone adalah calon visitor yang berusia remaja sampai 30 tahunan. Jadi kita tinggal mengira-ira apa yang mereka bakalan cari.

Ketiga, untuk memasang iklan adsense responsive, blog sebaiknya berisi hal-hal menarik temporer. Ini pendapat saya loh. Maksudnya blog berisi hal-hal heboh dengan judul bombastis begitu. Bukan berisi posting yang berat dan terlalu teknis. Untuk mencari hal-hal bersifat teknis, orang lebih banyak yang mencari via laptop. Misalnya ketika mereka bekerja. Sementara orang yang mengakses internet via smartphone itu lebih banyak datang karena menge-klik link yang ada di media sosial. Tidak tahu lagi sih. Saya ndak ada data tentang ini. Hanya perkiraan saya saja.

Keempat, iklan adsense responsive akan sangat efektif jika pengunjung baru mengeklik iklan setelah melihat posting lain. Jadi bukan ketika pertama datang terus tertarik sama iklan. Kata-nya – iklan yang muncul di setelah landing page itu harga dan relevansinya lebih baik dibanding ketika pertama datang. Karena ketika pertama datang iklan yang muncul masih sangat dipengaruhi keyword yang dia ketikkan di search engine. Lebih baik lagi, kalau dia tertarik dengan iklan setelah melihat posting ke tiga dan seterusnya. Jadi harus diupayakan kita punya banyak posting yang terkait.

Hmmm…. Saya kira itu saja. Yang lain, masih coba-coba. Ada yang punya pendapat lain?

Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....