Beneran Mau Langganan Netflix? Baca ini Dulu Gih…

Anda ingin langganan Netflix? Yakin? Meskipun layanan Netflix sudah lumayan lama masuk di Indonesia, ternyata masih banyak yang belum jelas tentang cara menggunakan Netflix tanpa ribet. Padahal, sebenarnya sangat mudah untuk menggunakan Netflix.

Jika anda ingin menggunakan layanan Netflix, yang pertama kali harus dilakukan tentu saja adalah daftar Netflix untuk mendapatkan akun aktif. Ikuti caranya di posting Cara Daftar dan Menggunakan Netflix.

Selain itu, anda juga harus menyiapkan perangkat yang bisa mengakses internet. Tidak bisa TV biasa jika anda tidak menambahkan perangkat tertentu seperti Chromecast atau yang semacamnya.

Tetapi, sebelum anda memutuskan untuk benar-benar menggunakan layanan Netflix, ada baiknya persiapkan beberapa hal dulu….

Persiapan sebelum langganan Netflix (dan layanan streaming film lainnya)

  1. internet unlimited dengan kecepatan standar
  2. perangkat video dan audio yang memadai
  3. pikirkan ulang
Cara Menggunakan Netflix Indonesia

Halaman Awal Netflix Indonesia


Mengapa sebaiknya menggunakan akses internet unlimited dengan kecepatan standar?

Namanya saja akses video berbasis internet. Jadi wajar banget kalau anda musti pastikan memiliki akses terhadap koneksi internet yang tidak dibatasi kuota alias unlimited. Benar-benar unlimited loh…. jangan yang FUP-nya cuman sedikit.

Berlangganan akses internet murah untuk streaming Netflix itu tidak akan cukup. Rata-rata internet unlimited murah FUP-nya sangat sedikit. Antara 500MB sampai sekitaran 2GB saja.

Layanan Netflix sangat bergantung pada akses internet. Karena yang anda lakukan adalah streaming video, maka akan membutuhkan bandwidth yang tidak sedikit.

Satu film dengan durasi standar, di-stream dengan kualitas HD 1.280 x 720 pixel, kira-kira kan perlu kuota internet 1GB. Kalau filmnya agak panjangan sedikit saja, ya pasti akan lebih besar lagi.

Kalau anda niatnya nonton di layar smartphone, ya pakai yang kualitas SD saja. Biar irit, dengan sedikit mengurangi kualitas gambar dan suaranya.

Langganan Neflix itu cuman bayar film-nya. Untuk urusan kuota internet, ya bayar sendiri lagi.

Tanpa perangkat video dan audio yang memadai langganan Netflix itu ibarat makan tanpa garam

Netflix punya katalog film yang sangat besar. Selain punya koleksi judul-judul film paling baru, dia juga menyediakan film yang sudah lama dirilis.

Dan supaya bisa mengikat konsumen dengan layanan video streaming-nya, Netflix juga punya film-film khusus yang hanya dirilis melalui platform-nya ini. Jadi anda tidak bisa streaming dari tempat lain. Hanya di Netflix.

Bahkan banyak juga  film yang pada awal produksi niatnya untuk diputar di bioskop, eh, ternyata malah malah lebih memilih Netflix untuk menjadi tempat rilisnya. Masih ingat dengan The Cloverfield Paradox yang dirilis awal 2018 lalu?

hNah, dengan deretan film yang bagus-bagus begitu, akan sangat tidak pas kalau ditonton dengan TV yang ala kadarnya.

Sudah langganan yang tidak murah, ngabisin kuota internet yang besar, eh, nontonnya cuman di TV biasa dengan sound system yang juga biasa.

Ibarat makan nasi tanpa garam, atau masak daging ikan tuna sirip kuning cuman di bumbu kecap. wkwkwk
Jadi, kalau beneran anda mau langganan Netflix, ganti dululah itu TV dan audionya dengan yang bagusan dikit. hehe….

Beneran perlu berlangganan?

Nonton film dengan kualitas gambar dan suara sangat bagus plus pilihan yang bisa dibilang tidak ada batasnya, hmmm…, terbaca sangat menyenangkan. Ingat judul tertentu, cari judulnya, tonton.

Kapan?

Katakanlah, semua yang dee-nesia tulis di atas tadi itu terpenuhi. Jadi tinggal tonton. Kapan?

Katakanlah anda cuman seorang pelajar SMP, SMA, atau mahasiswa begitu. Kapan benar-benar punya waktu yang cukup luang untuk beneran nonton film. Malam sebelum berangkat tidur?

Atau jika anda adalah seseorang yang sudah bekerja.

Serius anda punya waktu ‘selonggar’ itu?

Berapa malam yang bisa anda habiskan untuk nonton dalam seminggu? Sebulan?

Kecuali anda bisa berada di rumah dalam waktu lama, dan nganggur, maka pilihan menikmati film dengan cara berlangganan seperti ini belum bisa dikatakan sebagai pilihan yang pas.

Untuk layanan video on demand, buat dee-nesia, mending pilih yang beli film per satuan daripada berlangganan. Jarang juga bisa nonton.

Yang namanya berlangganan itu berarti dipakai atau tidak, layanan tersebut sudah anda bayar. Dan waktu yang tidak anda pakai itu, tidak akan diakumulasikan untuk digunakan di kemudian hari.

Jadi?

Ya terserah anda. Mau langganan atau tidak.

Loading...

Bagi dee-nesia sih, lebih nyaman untuk nonton di bioskop kalau film itu benar-benar bagus. Kalau hanya untuk mengisi waktu luang – bukan diluangkan – mending streaming dari tempat lain yang tidak menggunakan sistem berlangganan begitu.

Beneran Mau Langganan Netflix? Baca ini Dulu Gih…
beri rating tulisan ini ya....

(Visited 267 times, 1 visits today)

Jangan ragu untuk berkomentar ya....

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.