Beli iPhone SE? Yakin? Baca Ini Dulu Gih

Beli iPhone SE? Emmm…, boleh saja. Tapi sebaiknya kamu ketahui dulu seperti apa spesifikasinya dengan jelas. Karena meskipun Apple menyebut bahwa iPhone SE itu kinerjanya sama dengan iPhone 6S dengan harga yang murah, ternyata ada beberapa hal yang sebaiknya kamu pertimbangkan. Daripada menyesal.

Di situs resminya, Apple menyebut harga resmi iPhone SE adalah:

Iphone SE 16 GB – $399 (x Rp. 13.000= Rp. 5.187.000)
Iphone SE 64 GB – $499 (x Rp. 13.000= Rp. 6.487.000)

Itu kalau $1 kita anggap senilai dengan Rp. 13.000,- Belum menghitung biaya impor dan keuntungan penjual di Indonesia. Perkiraan dee-nesia sih, harga iPhone SE versi 16 GB akan berkisar di 5,5 juta sementara yang versi 64 GB di kisaran 7 jutaan. Terhitung masih ‘mahal’ meski Apple menyebutnya murah. Buat yang punya uang dan Apple minded sih itu murah, haha….

Kalau dilihat dari processornya, iPhone SE memang terlihat wow, karena memakai processor yang sama dengan iPhone 6S berupa processor Apple A9. Kamu tentu paham benar seperti apa kemampuannya (dan harganya).

Dan karena sudah menyebutnya murah, Apple tidak perlu sungkan untuk memangkas fitur iPhone SE. Tidak semua fitur iPhone 6S ada pada iPhone SE. Dan kalaupun ada, tidak salah juga kalau memakai versi yang ‘sedikit’ lebih jadul. Tidak apa-apa. Kan ‘murah.’ (kog sarkastis begini ya…, haha…. Maaf.)

Ok, dee-nesia tidak ingin memengaruhi kamu untuk tidak jadi beli iPhone SE. Itu uang kamu sendiri kan? Bukan minta orang tua. Jadi terserah. Toh, sebenarnya dee-nesia juga mau…. Layar 4 inchi-nya yang imut-imut itu bagus kayaknya, dari pada trend layar smartphone jaman sekarang yang lagi berlomba membuat se-gedhe sabak.

Apple iPhone SE

Loading...

Beberapa hal yang sebaiknya kamu tahu sebelum beli iPhone SE

Tidak punya fitur 3D Touch

Emmm…, sebenarnya sih Apple sudah menanamkan fitur 3D Touch ini sejak iPhone 6S yang dirilis tahun lalu. versi iPhone 5 dan 5S juga bisa menggunakannya, meskipun harus update dulu. Tidak jelas mengapa iPhone SE malah tidak dibekali dengan fitur 3D Touch ini. Sampai sekarang masih belum jelas, apakah nantinya akan bisa diaktifkan melalui patch atau update software.

Layarnya 4 inchi

Ini bukan masalah besar. Bagi sebagian orang layar 4 inchi itu asli asik. Tapi buat kamu yang butuh layar lebih besar karena mata yang enggan berakomodasi lebih, ini memang terlihat tidak asik. Terlebih kalau sudah pernah pegang iPhone 6S. Resolusi layar iPhone SE juga sama (tidak umumnya) dengan iPhone 5S yang 640 x 1.236 piksel itu.

Terserah kamu. Kalau suka yang imut-imut, iPhone SE ini nyaman digenggam. Kalau suka yang besar-besar, ya jangan beli iPhone SE ya….

Kamera depannya medhit

Ini aneh. Semua pada berlomba memfasilitasi kaum narcisist yang suka selfie, hlah ini iPhone 5 jutaan kamera depannya cuman 1,2 mega piksel? Hmmm…. Apple menyasar pasar yang mana ini ya? Yang lain pada pamer kamera depan minimal 5 MP. Ada yang 8MP. Atau 13 MP macam punya Zenfone Selfie atau Xperia C5 itu.

Dee-nesia sih sadar diri untuk menahan diri supaya tidak tergoda berselfie.

Sensor Fingerprint Generasi Pertama

Ini bukan trend baru. Dan Apple tidak mau ketinggalan. Fingerprint Sensor punya iPhone 6S dikenal akurat dan berkinerja bagus. Bagaimana dengan iPhone SE? Ini versi murah bro…! Jadi cukuplah dengan sensor fingerprint generasi pertama saja. Jadi nanti, kalau kamu beneran memutuskan untuk beli iPhone SE ya jangan komplain kalau kadang kerjanya lambat atau kesulitan mengenali sidik jari kamu. Percayalah, masalah bukan pada jari anda.

Update:

Ternyata dugaan dee-nesia tentang harga iPhone SE salah. Di Indonesia ternyata harga iPhone SE diatas 6 juta. wkwkwk…. Berikut ini beberapa tempat yang menjual iPhone SE dengan harga paling murah:

lazada.co.id

iPhone SE 16 GB (Rose Gold) iPhone SE 64 GB (Rose Gold)
Rp. 6.775.000,- Rp. 8.250.000,-

blibli.com

iPhone SE 16 GB (Rose Gold) iPhone SE 64 GB (Rose Gold)
Rp. 6.649.000,-

Rp. 8.175.000,-

Terserah anda mau beli mana.

Bagaimana? Masih mau beli iPhone SE yang imut itu? Kalau dee-nesia masih mau. Tentu dengan catatan harganya jadi tinggal separuhnya saja. Atau syukur-syukur kalau pihak Apple mau meng-endorse sebentar atau selamanya unit iPhone SE untuk dee-nesia coba. Pasti nanti muncul posting-posting yang memuja-muji iPhone SE di sini. Haha…. ngayal…. Jangan lupa baca juga Daftar Asus Zenfone Series Yang Dapat Marshmallow.

(Visited 28 times, 1 visits today)
Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....