Belajar SEO: Cara Cepat Memperbaiki SEO

Share posting ini supaya temanmu tahu kalau kamu tahu....

Seperti halnya dengan mobil atau sepeda motor yang perlu di servis tiap mencapai kilometer tertentu, blog atau website kita juga perlu di servis. Kalau selama ini kita berkecenderungan untuk cuman melakukan posting saja tanpa melakukan upaya lain untuk mengoptimalkan blog atau website kita itu, maka kita masuk kategori blogger yang sama: pemula …, hehe…. Berikut ini beberapa cara cepat yang saya ambil dari beberapa sumber. Cara-cara optimasi blog atau website ini nama kerennya SEO atau Search Engine Optimation. Belum mudeng? Sama, kalau begtu mari kita coba satu persatu. Kita coba saja, menggunakan 10 atau 15 menit ke depan untuk belajar SEO ini. Semoga sukses dech…

1. Kita mulai dengan informasi meta.
a. Kita periksa dulu judul postingan atau judul blog/website kita. Apakah mereka menjelaskan isi halaman postingan terkait? Apakah mereka berisi kata kunci yang tepat untuk mengarahkan traffik ke halaman itu?
b. Hati-hati dengan ‘meta tag’. Pastikan bahwa setiap halaman, jika keadaan memungkinkan, memiliki deskripsi ‘meta tag’ yang berbeda. mBah Google tidak suka dengan informasi yang diulang-ulang.
2. Memerikasa link
Gunakan layanan pemeriksa link gratisan untuk memastikan blog atau website kita tidak mengandung link yang putus Link yang terputus ini biasany terbentuk ketika kita membuat link ke suatu alamat di mana alamat itu tidak ada, atau sudah dihapus. Tanya saja dengan mbah Google, kita bisa memakai kata kunci “free link checker” begitu, gunakan yang menurut anda bagus.
3. Bersosioblog.
Ini istilah saya sendiri, wakakak! Kita musti rajin menge-cek peringkat dari blog/postingan kita di mata mBah Google. Karena semakin banyak orang yang masuk ke blag/website kita melalaui Google, maka peluang peringkat kita di matanya si mBah juga akan lebih baik. Kita bisa lakukan dengan dua macam Melakukan dua macam pencarian, global dan regional seccara spesifik.
Contoh: 1. “sunset photo” (global) dan 2. “sunset photo, surabaya”

Langkah 1, 2, dan 3 dapat diulang harian, mingguan, bulanan – Sesering yang kita bisa-lah. 2 langkah selanjutnya lebih sebagai langkah pemeliharaan.

4. Google Analytics.
Google Analytics adalah perangkat yang disediakan Google secara gratis, mudah digunakan, dan percaya dech… sangat berguna. Kalau kita sudah terbiasa dengan Google Analytics ini, saya yakin anda akanmerasa sangat beruntung menggunakannnya. Anda mendaftar di sini: http://www.google.com/analytics/.
Google akan memberikan kode unik untuk kita tempatkan di website atau blog kita. Tidak perlu menjadi seorang programmer untuk melakukan ini. Bagi yang sering mengganti template pasti bisa, karena inilebih mudah dari itu. Kita hanya perlu memasang kode yang diberikan Google itu sebelum kode </body>. Pakai copy paste saja demi keamanannya. Dan apa yang Anda dapatkan? Anda mengetahui berapa banyak orang yang mengunjungi situs Web, kata kunci yang membawa mereka ke situs web Anda, apa yang disebut situs mereka ke situs Web Anda, di mana mereka berasal dari berapa kali mereka yang dihabiskan di situs Web Anda dan masih banyak lagi. Dari informasi yang kita daptkan kita bisa mengubah seperlunya supaya hasilnya lebih tepat dengan target kita.
5. Alexa.
Alexa adalah tool yang paling populer untuk memantau tingkat lalu lintas situs Web. Mengapa kita harus peduli? Misalnya anda memiliki blog tentang ‘new gadget’. Anda melihat blog-blog lain yang membahas hal yang sama dengan kita, dan menemukan bahwa mereka memiliki peringkat Alexa 79.000, sementara milik anda hanya 4.500.000. Nah, ranking Alexa ini menjadi penanda seberapa populer blog anda, semakin kecil nilai ranking Alexa anda, maka bisa diartikan blog anda memperoleh lebih banyak kunjungan. Sebagai tambahan, semakin banyak lalu lintas yang Anda dapatkan, semakin besar kemungkinan Anda organik hasil mesin pencari akan lebih tinggi.
Para mbah-mbah-nya SEO pada setuju, bahwa jika kita men-download “Alexa Toolbar” dan mengunjungi blog kita setidaknya sekali sehari, mendorong orang lain untuk mendownload Alexa Toolbar itu, dan saling mengunjungi, maka kemungkinan peringkat Alexa kita juga akan meningklat.

So, kita musti belajar terus!!!! Meski masih new-bie, gak boleh menyerah… Maju terus….!

Technorati Tags: SEO,memperbaiki SEO,cara cepat,Alexa,blog pemula,blogger
Loading...