Bekerja Lebih Cepat dan Efisien Dengan Windows 8

Tips bekerja lebih cepat dan efisien dengan Windows 8 | Apakah anda merasa Windows 8 anda lambat? Atau tepatnya memperlambat anda bekerja? Kita akan membahas beberapa tips untuk mempercepat dan membuat Windows 8 di laptop atau PC anda bekerja lebih cepat. Tips ini tidak melulu berisi tweak atau trik, tapi juga bagaimana kita memanfaatkan fitur-fiturnya supaya kita sendiri menggunakannya dengan lebih eifisien, memotong beberapa kebiasaan yang kita lakukan di Windows 7 sehingga secara keseluruhan waktu kita bekerja bisa lebih efisien.

Dengan beberapa trik dan tweak sederhana, kita bisa membuat Windows 8 lebih menyenangkan. Karena pada dasarnya, Windows 8 bisa bekerja lebih cepat dibanding ketika masih memakai Windows 7, tertama jika ini tentang waktu yang diperlukan untuk booting. Sumber: HTG

Mengakali hilangnya Start Menu, Booting langsung ke Desktop

Sejak pertama kali Windows 8 keluar, keluhan pertama pengguna adalah hilangnya Start Menu, atau Start Button. Kita sudah terlanjur nyaman dengan keberadaan tombol Start di sisi kiri bawah layar desktop Windows 7 itu. Maklumlah, sejak Windows 95, tombol itu sudah berada di sana. Kenyamanan kita dengan tombol Start itu bisa memperlambat kita menggunakan Windows 8. Kaku dan kagok ketika pertama menyala yang muncul adalah Start Screen. Butuh waktu menyesuaikan diri, dan itulah yang sebenarnya memperlambat kita bekerja dengan Windows baru ini.

Jika anda sudah upgrade ke Windows 8.1, memang tombol Start sudah kembali ke tempatnya. Meski pada dasarnya, tombol itu hanya akan membawa anda ke Start Screen yang baru. Untungnya, Windows 8.1 menyertakan berbagai opsi pengintegrasian desktop yang mengijinkan pengguna untuk booting langsung ke desktop, menampilkan background dekstop anda di Start Screen, menampilkan aplikasi terinstall anda begitu anda masuk ke Start Screen, dan men-disable hot-corners yang bagi sebagian orang malah mengganggu. Dan dengan beberapa tweaks, anda bisa mengatur-atur Start Menu supaya lebih sesuai dengan kebutuhan anda.

‘Searching’ menjadi kunci utama untuk bisa membuka aplikasi, setting, dan file dengan cepat. Mulai sekarang, biasakanlah menekan tombol Windows untuk mengakses Start Screen anda, dan segera ketik nama program, setting atau file untuk mencarinya. Misalnya, anda mau membuka Firefox dari desktop. Tekan tombol Windows, ketik ‘firef’ (tidak usah lengkap), dan tekan Enter. Terbukalah Firefox.

Windows 8.1 membawa peningkatan karena menawarkan unified search dan mengijinkan anda untuk menekan tombol Windows + S untuk membuka search sidebar di desktop, dan anda langsung bisa mencari aplikasi yang anda ingin jalankan dengan cepat, tanpa perlu mengunjungi Start Screen.

Tentu saja melakukan pinning aplikasi ke taskbar juga bisa membuat semuanya lebih cepat. Caranya, ketika sebuah aplikasi sudah berjalan, klik kanan padanya, dan pilih Pin to taskbar.

Kalau anda lebih memilih Start Menu tradisional seperti di versi Windows sebelumnya, anda bisa menginstall aplikasi pengganti Start Menu untuk Windows 8.

apps by category in Windows 8

Loading...

Gunakanlah short-cut

Windows 8 and 8.1 datang dengan seperangkat shortcut baru. Diantaranya adalah keyboard shortcuts, mouse gestures, touchscreen gestures, dan bahkan trackpad edge gesture khusus. Jika anda sudah terbiasa dengan beragam gestures tadi, Windows 8 akan segera menjadi bagian dari hidup anda (saking banyaknya yang harus dihapal, haha….)

Misalnya, anda mau membuka charm Setting pada PC atau laptop tanpa touch screen, bagaimana anda melakukannya dengan mouse anda? Geser mouse ke kanan sampai mentok, atau ke pojok kanan atas/bawah, mengarahkan mouse ke tengah, klik pada Setting ketika charm bar keluar. Atau, lakukan dengan keyboard anda. Tekan tombol Windows + C dan klik Setting. Lebih mudah dan cepat kan? Kalau anda tahu semua shortcutnya, anda bahkan sebenarnya cukup menekan tombol Windows + I untuk membuka Setting. Lebih cepat lagi.

Silahkan baca Daftar 50 Keyboard Shortcut Windows 8 selengkapnya.

Shut Down lebih cepat

Shut down Windows 8 lebih cepat

Tidak seperti pada Windows versi sebelumnya, Windows 8 menyembunyikan tombol Shut Down. Sehingga untuk mematikannya tidak bisa dengan dua kali klik. Menggeser mouse itu lambat sekali. Alasannya jelas, Microsoft tidak menghendaki kita untuk mematikan Windows 8. Masih ingat kalau Windows 8 dibuat untuk memaksimalkan penggunaan di tablet? Seingat anda, kapan anda perlu mematikan smartphone dan tablet Android atau iPad anda? Jadi mengapa tablet Windows 8 harus di shut down?

Bagaimanapun, shut down tetap bisa dilakukan dengan cepat. Bisa dari Charm, desktop, menekan Ctrl+Alt+Del, atau dari layar login. Mau yang lebih cepat? Kembali ke shortcut, gunakan gabungan tombol Windows + X, pilih Shut Down.

Mempercepat waktu Booting

Windows 8 secara default sudah cepat untuk booting, jauh meninggalkan Windows 7. Juga lebih cepat ketika kita mau meng-eject Flash disk. Ini merupakan hasil dari fitur ‘hybrid boot’. Tapi kecuali kita memakai perangkat yang instan-on, waktu booting ini tidak bisa dibuat lebih cepat lagi dalam keadaan normal.

Ketika sudah berjalan beberapa lama, anda sudah menginstall banyak aplikasi yang sadar atau tidak berjalan di start up, maka waktu booting Windows 8 anda akan melambat. Cukup lambat untuk bisa dirasakan berbeda dengan keadaan awalnya. Apa yang bisa kita lakukan?

Triknya tetap sama, atur sampai aplikasi di start up optimal. Gunakan Task Manager yang di Windows 8 jauh lebih bagus. Di situ sekarang sudah ada startup program manager. Jadi untuk mempercepat proses bootingnya, aturlah aplikasi yang berjalan pada saat startup melalui startup program manager ini.

Meningkatkan kinerja Windows 8

Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara meningkatkan kinerja Windows 7 dan versi Windows di bawahnya. Optimasinya akan seputar registry, defrag hard disk, membuang aplikasi tidak perlu, dan sebangsanya. Nah, bedanya, dengan Windows 8, ada satu hal yang bisa anda lakukan untuk mempercepat kinerjanya. Ini bukan tweak, jika mungkin upgrade storage anda ke SSD. Itulah usaha maksimal yang bisa kita lakukan. Apakah upgrade ke SSD tidak mempercepat kinerja Windows 7? Iya. Tapi akan lebih optimal ketika kita pakai SSD dengan Windows 8. Karena perbedaan cara memperlakukan SSD dari kedua versi Windows ini.

Intinya, Windows 8 itu sudah cepat. Kalau terasa lambat, kemungkinannya adalah hard disk andalah yang membuatnya jadi lambat. Haha….

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....