dee-nesia
mencari dan berbagi

Bagaimana Cara Memperbaiki Bad Sector?

Bagaimana Memperbaiki Bad Sector? | Tenang saja, meskipun bad sector berbahaya, Windows, jika anda mengunakannya, sudah membawa tool built-in untuk mengechek hard disk, namanya CHKDSK. Dia sanggup memeriksa hard disk anda terhadap kemungkinan adanya bad sector, menandai mereka, dan sekaligus memperbaiki bad sectors supaya sector tersebut bisa digunakan lagi. Sepanjang bad sector yang muncul untuk masih bersifat soft saja, alias karena kesalahan Windows ketika menulis file dan bukan kerusakan secara fisik, maka masih besar harapan langkah memperbaiki bad sector yang anda lakukan akan berhasil dan hard disk rusak karena katanya sudah muncul bad sector tadi akan bisa kita gunakan lagi dengan normal.

Apakah harus menjalankan CHKDSK secara manual?

Tidak selalu. Jika Windows mengenali indikasi adanya masalah dengan hard disk anda, dia akan secara otomatis mengaktifkan CHKDSK ketika komputer anda booting. Enak to? Tapi kalau anda mau iseng atau serius mengechek sendiri hard disk anda, boleh dan sah-sah saja kog.

Kalau anda tidak pakai Windows bagaimana? Juga jangan khawatir, pengguna Linux dan OS X juga bisa memakai utiliti bawaan mereka masing-masing untuk mendeteksi bad sector pada hard drive.

Kalau mau iseng silahkan coba membuka Command Prompt lalu ketikkan perintah:

Loading...