Atur Cicilan Kredit Mobil Bekas agar Tidak Membebani Finansial

Ingin kredit mobil Avanza bekas? Sebelum mengajukan, sudah pasti ada banyak hal yang harus dipertimbangkan. Seperti halnya pemilihan jenis mobil serta leasing, sampai opsi cicilan yang sesuai dengan kondisi finansial. Jangan sampai Anda kesulitan membayar cicilan kredit mobil bekas Anda itu, cuman gara-gara terburu-buru ambil keputusan.

Tips Kredit Mobil Bekas

Memikirkan soal kondisi finansial memang sering menjadi beban tersendiri. Pembayaran cicilan yang tidak selesai tentu akan memberikan konsekuensi negatif. Karena itu, perlu memahami bagaimana mengelola biaya cicilan kredit mobil bekas agar jangan sampai menghadapi risiko yang merugikan.

Cicilan Kredit Mobil Bekas

1. Sesuaikan Budget dan Kondisi Finansial

Memperhatikan harga mobil Avanza dan menyesuaikannya dengan budget serta finansial memang sudah seharusnya jadi perhatian utama. Tidak perlu menganggarkan gengsi dengan memaksa diri membeli mobil mewah dengan harga selangit.

Sesuaikan kondisi budget dan kemampuan membayar, agar di akhir tidak akan membebani diri sendiri. Selain itu, ada yang harus ditanggung lagi, yakni cicilan kredit setiap bulan. Karena itu, pilihlah mobil bekas yang harganya tidak akan merusak alokasi dana bulanan.

2. Berkonsultasi dengan Leasing atau Dealer

Bila sudah menjatuhkan pilihan pada mobil Avanza yang akan dibeli, maka langkah selanjutnya adalah berkonsultasi dengan pihak leasing atau dealer. Ini bertujuan untuk menambah informasi lebih tentang kredit dan rincian yang akan dipilih.

Hasil konsultasi akan semakin mempermudah segala persiapan, seperti pilihan uang muka, dokumen, tenor, serta nominal angsuran yang harus dicicil per bulan.

3. Gunakan Kalkulator Kredit

Melakukan simulasi dengan kalkulator kredit merupakan metode penting dalam memahami nominal uang muka yang harus dibayarkan, tenor kredit, serta nominal cicilan setiap bulan. Pahami dengan cermat dan sesuaikan dengan kondisi finansial.

Hal ini pun dapat dikonsultasikan dengan pihak leasing dan dealer. Mereka akan merekomendasikan opsi uang muka serta nominal cicilan yang tidak memberatkan.

4. Pilih Leasing atau Dealer yang Kredibel

Pihak leasing dan dealer yang sudah kredibel bisa dibuktikan melalui terdaftarnya mereka di dalam Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI), atau masuk ke dalam daftar pihak yang diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pemilihan pihak leasing atau dealer yang tepat akan mencegah risiko kerugian dari tindakan penipuan di waktu selanjutnya. Jadi, jangan langsung tertarik dengan penawaran harga mobil Avanza yang menggiurkan dari leasing atau dealer yang tidak kredibel.

5. Membuat Pos Anggaran Cicilan

Kebiasaan positif ini sebenarnya tidak hanya baik untuk urusan pembayaran kredit, tetapi juga menabung seperti biasa. Pos-pos anggaran akan memudahkan alokasi anggaran terkait keperluan harian, tabungan, serta cicilan.

6. Bayar Cicilan dengan Segera

Tindakan ini juga tidak hanya menciptakan sikap disiplin dalam mengelola anggaran kredit, tetapi juga mengelola keuangan pribadi. Hindari menunda pembayaran, karena setelah biaya cicilan keluar, anggaran lain dapat dikelola kembali untuk keperluan lainnya.

Poin penting lain yang harus diingat adalah, jangan sekali-kali menggunakan anggaran kredit untuk membiayai keperluan lain.

Sebelum mengajukan cicilan untuk mobil bekas Avanza, ada baiknya mencoba fitur kalkulator pembiayaan dari SEVA. Perhatikan rincian uang muka, tenor kredit, serta nominal angsuran yang harus dibayar.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.