dee-nesia
mencari dan berbagi

Apple iPhone 7 Tidak Punya Jack Earphone, Wozniak Tidak Setuju

Kabarnya, Apple iPhone 7 tidak akan dilengkapi dengan earphone jack 3.5 mm yang sudah menjadi standar port audio di perangkat elektronik semenjak jaman Sony Walkman masih menjadi raja perangkat audio portable dahulu.

Kabar ini buruk buat semua orang. Karena artinya, pengguna harus menggunakan jack baru untuk mendengarkan musik dari perangkat iPhone 7 ini melalui earphone atau menghubungkannya dengan perangkat audio lain, seperti perangkat audio di rumah.

Rencana Apple untuk menghilangkan jack earphone 3.5 mm ini juga ditentang oleh Steve Wozniak. Salah satu co-founder Apple bersama dengan Steve Jobs di era tahun 1970an ketika mereka bersama-sama membangung Apple dahulu.

Apa yang akan terjadi jika Apple benar-benar menghilangkan jack earphone 3.5 mm di Apple iPhone 7?

“Yang jelas, akan membuat banyak orang kecewa. Ini benar-benar bukan keputusan yang baik,” demikian ujar Steve Wozniak kepada Australian Financial Review.

“Saya punya mobil dimana saya bisa mendengarkan musik dari perangkat iPhone, bisa melalui jack earphone itu tadi, atau melalui Bluetooth, dan Bluetooth bisa membuat suara musik menjadi datar,” dia menambahkan.

Apple Lightning Jack
Apple iPhone 7 Tidak Punya Jack Earphone, Tapi Pakai Ini

Jika memang dihilangkan, maka kemungkinannya, Apple akan menggunakan headphone khusus yang terhubung melalui konektor Lightning. Dan apakah itu artinya?

Pengguna harus mengeluarkan uang tambahan untuk membeli lagi semacam adapter supaya bisa menggunakannya dengan perangkat universal yang sampai saat ini belum ada di pasaran. Nanti Apple sendiri yang akan jual. Dan itu, biasanya, mahal pakai banget.

Itu sebabnya, banyak orang telah menandatangani sebuah petisi online untuk meminta Apple tetap mempertahankan jack earphone 3.5 mm di Apple iPhone 7 yang akan segera dirilis itu. Sampai saat, ini, sudah ada sekitar 303.000 tanda tangan.

Steve Wozniak dan Steve Jobs
Steve Wozniak dan Steve Jobs

Kemungkinan lain, Apple akan menyertakan headphone wireless yang dijual bareng dengan paket pembelian iPhone 7. Sementara, jika ternyata Apple lebih memilih adapter, maka Apple akan bisa memeroleh lebih banyak uang.

Hal, seperti ini sepertinya lazim dilakukan Apple. Semua barang Apple itu punya standar-nya sendiri. Dan mereka sepertinya memang berusaha agar standar dialah yang digunakan, dan tidak mau dengan mudah menggunakan standar umum.

Loading...

Meskipun Steve Wozniak resmi meninggalkan Apple sejak tahun 1985, namun sampai saat ini, namanya masih ada dalam daftar penggajian Apple sebagai penasehat. Apple iPhone 7 sendiri, rencananya akan diumumkan bulan depan di California. Jangan lupa baca juga Apple iPhone 7 Pro Tidak Jadi Dirilis (Sampai Waktu Yang Tidak Ditentukan)

(Visited 39 times, 1 visits today)