Apple Akan Membuat Mobil Tanpa Sopir Juga, Kata Elon Musk

Apple akan membuat mobil tanpa sopir seperti yang sudah dilakukan Google? Ini memang bukan pernyataan resmi dari pihak Apple. Melainkan prediksi dari Elon Musk, CEO Tesla, perusahaan produsen mobil listrik yang sekarang mulai diperhitungkan orang.

Musk menyatakan kekhawatirannya, bahwa setelah semua mobil tidak perlu sopir lagi, orang tidak akan peduli seperti apa yang akan mereka terlihat.

Jadi mengapa Apple akan terlibat dalam usaha rumit berbelit bin kompleks untuk proyek mobil tanpa sopir? Alasannya jelas, orang akan berebut membeli sesuatu yang indah dan mahal dengan merk Apple kan? Seperti iPhone itu.

Mobil Pintar Apple

Elon Musk lebih lanjut menjelaskan bahwa perusahan yang berbasis di Cupertino, California akan kesulitan untuk benar-benar membuat mobil. Membuat mobil itu cukup sulit dilakukan meskipun itu oleh perusahaan sekuat Apple.

“Perusahaan seperti Apple mungkin akan membuat mobil listrik yang menarik,” katanya. “Itu tampak sangat mungkin terjadi.”

Itu mungkin saja. Sekarang coba kita lihat, apakah Apple benar-benar ingin membuat Apple Watch? Itu seperti proyek sampingan yang tidak terlalu diberi prioritas untuk dikembangkan. Mirip ide coba-coba yang jika gagal bisa dibuang setiap saat. Mereka positif anakronistik.

Ketika ditanya jika memang Musk benar-benar mengetahui bila Apple akan membuat mobil pintar, begini jawabannya,

“Ini cukup sulit untuk disembunyikan, jika Anda menyewa lebih dari seribu insinyur untuk melakukannya.”

Beberapa insinyur ini datang dari Tesla. Oktober lalu, Musk menyatakan bahwa Apple telah mempekerjakan para insinyur yang telah dipecat dari Tesla. Ia juga mengatkan bahwa kemampuan desain Apple tidak sempurna.
Musk melanjutkan, “Apakah Anda pernah benar-benar melihat Apple Watch? Tidak. Baguslah bahwa Apple bergerak dan berinvestasi ke arah ini. Tapi mobil sangat kompleks dibandingkan dengan ponsel atau jam pintar.”
Selanjutnya, dia bersikeras bahwa dia sama sekali tidak membenci Apel.

Tapi apakah dia melihat Apple sebagai persaingan di industri mobil? Tidak semuanya. Musk mengatakan kepada BBC bahwa itu hanya akan “memperluas industri.”

Sementara itu, CEO Apple Tim Cook selalu menyangkal pertanyaan tentang ambisi Apple membuat mobil pintar. Namun, dalam beberapa hari terakhir, dilaporkan bahwa perusahaan ini dikatakan memiliki nama domain Apple.car. Apple juga dikatakan menyelidiki fasilitas pengujian mobil self-driving di Concord, California.

Apple tidak menanggapi rumor-rumor itu sama sekali.

Dalam perhelatan CES minggu lalu terlihat bahwa mobil telah berkembang menjadi salah satu perangkat yang akan ‘dihubungkan’ atau diberi perlengkapan untuk selalu terkoneksi sepanjang waktu. Jadi mungkin itu sebabnya Musk mengatakan kepada BBC bahwa proyek mobil Apple ini sudah menjadi ‘rahasia umum.’

Akan terlihat seperti apa mobil Apple nantinya? Jika kita merujuk pada produk Apple Watch yang terlihat sangat konservatif dari sisi bentuk, maka mungkin kita bisa berharap mobil pintar Apple nanti akan memiliki eksterior yang bagus. Apakah itu bisa dicapai?

Jika ya, akan seberapa sering kita nanti mengendarainya?
Musk berkata, bahwa dalam 10 tahun ke depan, manusia hanya akan menyetir sendiri sebagai sebuah hobi. Mungkin rasanya akan lebih mirip dengan ketika anda memiliki seekor kuda. Anda akan menyetir mobil sungguhan yang harus anda setiri sendiri untuk alasan sentimental dan emosi.

Emosi jelas punya pengaruh sangat besar. Musk memperkirakan, bahwa, katakanlah pada tahun 2025, ketika mobil pintar yang bisa menyetir sendiri sudah jamak digunakan, mobil biasa masih akan tetap punya tempat. Terutama untuk mengakomodasi ‘rasa’ yang kita dapatkan ketika menyetir sendiri. Mungkin ya, bisa juga tidak. via: http://www.cnet.com/

Loading...

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....