dee-nesia
mencari dan berbagi

Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flash Disk

Sedang mencari cara membuat bootable flash disk untuk menginstall OS? Kalau caranya sih, sebenarnya semua hampir sama. Kita tidak akan membahasnya sekarang, sudah ada beberapa posting mengenai cara membakar file iso ke flash disk untuk keperluan installasi Windows atau Linux di dee-nesia ini. Misalnya:

Apa keuntungan menginstall OS (Linux atau Windows) menggunakan bootable flash disk dibanding dengan membakar file iso-nya ke DVD atau CD?

Bagi saya, keuntungan yang utama adalah tidak perlu membuang-buang keping CD atau DVD. Meskipun berharga murah, tapi mereka itu mudah sekali rusak, entah tergores, atau aus. Silahkan cek koleksi DVD anda yang usianya sudah lebih dari dua tahun, pasti banyak yang bermasalah. Selain itu, lebih praktis dan relatif lebih simple. Saya berencana untuk membuat posting lebih dalam mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan bootable flash disk untuk menginstall OS ini di lain waktu. Sekarang kita fokus dulu dengan aplikasi gratis untuk membuat bootable flash disk.