Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flash Disk

Sedang mencari cara membuat bootable flash disk untuk menginstall OS? Kalau caranya sih, sebenarnya semua hampir sama. Kita tidak akan membahasnya sekarang, sudah ada beberapa posting mengenai cara membakar file iso ke flash disk untuk keperluan installasi Windows atau Linux di dee-nesia ini. Misalnya:

Apa keuntungan menginstall OS (Linux atau Windows) menggunakan bootable flash disk dibanding dengan membakar file iso-nya ke DVD atau CD?

Bagi saya, keuntungan yang utama adalah tidak perlu membuang-buang keping CD atau DVD. Meskipun berharga murah, tapi mereka itu mudah sekali rusak, entah tergores, atau aus. Silahkan cek koleksi DVD anda yang usianya sudah lebih dari dua tahun, pasti banyak yang bermasalah. Selain itu, lebih praktis dan relatif lebih simple. Saya berencana untuk membuat posting lebih dalam mengenai keuntungan dan kerugian menggunakan bootable flash disk untuk menginstall OS ini di lain waktu. Sekarang kita fokus dulu dengan aplikasi gratis untuk membuat bootable flash disk.

Aplikasi Untuk Membuat Bootable Flash Disk

Loading...

A Bootable USB:

Aplikasi A Bootable USB ini adalah tool gratis dari AskVG. Termasuk sangat mudah penggunaannya karena interface yang user friendly. Saya yakin anda tidak akan mengalami kesulitan memanfaatkannya untuk membuat bootable Flash Disk.

Download A Bootable USB

Windows 7 USB/DVD Download Tool:

Kalau yang satu ini adalah freeware resmi dari Microsoft untuk membuat installer Windows di Flash Disk. Interfacenya juga sederhana dan mudah dipahami. Selain bisa membuat installer Windows dengan membuat bootable Flash Disk, Windows 7 USB/DVD Download Tool ini juga bisa membakar file iso installer Windows ke bootable DVD. Jangan terkecoh dengan namanya yang ada Windows 7-nya, karena dia juga tetap bisa untuk memfungsikan Flash Disk menjadi installer Windows 8, 8.1, atau Windows 10 sekalipun.

Download Windows 7 USB/DVD Download Tool

WinToFlash:

Saya tahunya WinToFlash itu untuk membuat installer Windows XP di Flash Disk. Kalau dengan Windows 7 USB/DVD Download Tool anda tidak bisa membuat installer Windows XP. Nah, kalau WinToFlash bisa untuk XP, Server 2003, Vista, Server 2008 dan Windows 7. Saya belum pernah mencoba untuk Windows 8 dan 10. WinToFlash juga bisa mentransfer live CD atau DVD ke Flash Disk. Meski antar mukanya kuno banget, tapi dia lumayan sakti loh.

Download WinToFlash

Setup from USB:

Ada lagi aplikasi Setup from USB. Kalau fungsinya memang sama. Yang mungkin membuat beda adalah kecepatan proses dan interface. Jika anda cocok dengan interface-nya, silahkan coba Setup from USB ini. Saya sih, lebih suka USB Universal Installer.

Download Setup from USB

XBoot:

Ini yang agak beda. Jika anda merasa menggunakan satu Flash Disk untuk satu installer OS dalam satu waktu itu tidak efektif dan membuat sumber daya, mungkin aplikasi XBoot ini cocok buat anda. XBoot ini sakti banget, karena bisa membuat multiboot USB drive dari banyak file iso sekaligus asal kapasitasnya masih muat. Sakti banget kan? Penggunaannya juga mudah.

Jika anda masih memakai Windows XP dan 7, maka pastikan anda sudah menginstall .NET Framework 4.0.

Saya belum mencobanya untuk Windows 7, 8, 8.1 dan 10. Hanya pernah menggabungkan beberapa iso antivirus dan live CD Linux. Barangkali anda mau mencobanya?

Download XBoot

Win32 Disk Imager:

Awalnya saya kenal dengan Win32 Disk Imager ini adalah ketika sedang mencari cara untuk menginstall Ubuntu 9.04 dahulu kala. Waktu itu memang saya pakai untuk membuat installer Ubuntu versi tersebut. Baru akhir-akhir ini ngerti kalau bisa juga untuk membuat installer Windows.

Download Win32 Disk Imager

Rufus:

Ini adalah aplikasi pembuat bootable flash disk yang juga sangat populer digunakan. Yang paling menarik dari Rufus adalah interface-nya. Sangat mirip dengan interface window tool Format dari Windows. Tampilan yang sederhana dan kinerja yang bagus ini membuat Rufus mudah populer diantara pengguna komputer. Anda bisa cukup senang juga, karena Rufus mendukung Bahasa Indonesia loh…

Download Rufus

Universal USB Installer

Sejatinya aplikasi yang satu ini juga lahir untuk Linux. Ketika dijalankan, silahkan klik pada tanda panah ke bawah di baris pilihan Step 1 itu dan anda akan terkejut dengan jumlah distro Linux yang didukungnya. Universal USB Installer ini juga mendukung Windows 7 dan 8. Untuk Windows 10 saya belum mencobanya. Dia hanya perlu di download dan langsung dijalankan, karena merupakan aplikasi portable.

Download Universal USB Installer

sumber: AskVG

Loading...
  • Thnask mas bro!

  • Saya pernah menggunakan sekali Windows 7 USB/DVD Download Tool untuk membuat bootable USB flash drive Windows 10. Windows 7 USB/DVD Download Tool mempunyai antarmuka sederhana namun prosesnya masih kalah cepat dibandingkan Rufus.