5 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Dana Online Terbaik

Saat ini, tersedia banyak sekali aplikasi pinjaman dana online bagi Anda yang membutuhkan dana dalam waktu cepat. Rata-rata persyaratan untuk mendapatkan pinjaman dana online sangat mudah dipenuhi, terlebih ketika Anda membandingkannya dengan persyaratan untuk melakukan pinjaman reguler ke bank.

Terkesan amat mudah, sehingga banyak orang yang akhirnya malah terjebak dengan layanan aplikasi pinjaman online.

Kemudahan yang diberikan membuat mereka yang sebenarnya tidak layak mendapatkan pinjaman akhirnya bisa mendapatkan pinjaman dana. Dan tentu saja, resiko kredit atau pinjaman dananya macet jauh lebih besar dibandingkan dengan pinjaman dana dari bank secara reguler.

Berbeda dengan layanan pinjaman dana dari bank reguler yang membutuhkan agunan atau setidaknya survey untuk memastikan kemampuan Anda membayar, kebanyakan aplikasi pinjanan dana online hanya butuh KTP saja.

Belum ketika ada banyak sekali aplikasi pinjaman dana online yang ternyata beroperasi secara ilegal dan sama sekali tidak bisa dipertanggungjawabkan.

Tidak mengherankan jika Anda mengetahui atau bahkan mendengar betapa buruknya mereka dalam menghadapi nasabah, mulai dari penawaran, penagihan sampai penyelesaian pinjaman.

Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Dana Online Terbaik

Lalu bagaimana cara memilih aplikasi pinjaman dana online yang aman?

5 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Dana Online

  1. Pastikan layanan terdaftar resmi di OJK
  2. Cek review aplikasi
  3. Cek suku bunga yang ditawarkan
  4. Pastikan aplikasi dimiliki atau memiliki afiliasi dengan bank terpercaya
  5. Pahami persyaratan pengajuan kredit online aplikasi

Mari kita coba pahami satu per satu.

Terdaftar resmi di OJK

Ini adalah langkah pertama yang wajib banget Anda lakukan. Periksa dan pastikan benar-benar bahwa aplikasi pinjaman online yang Anda pilih terdaftar di OJK. Bagaimana caranya?

Mudah kog. Anda bisa melakukannya semudah ketika Anda ingin tahu dan cek kurs usd hari ini.

Setidaknya ada tiga cara, cek langsung di website resmi OJK (www.ojk.go.id), kirim WA ke nomor resmi OJK (081157157157), dan meminta informasi melalui email ([email protected]).

Jika aplikasi atau layanan yang Anda hendak gunakan ada di dalam daftar, bukan berarti semua pasti aman. Bisa saja aplikasi tersebut layanannya ada perubahan atau masalah. Sehingga, mutlak juga bagi Anda untuk cek bagaimana dengan review dan ratingnya.

Punya review yang bagus

Jika aplikasi pinjaman online ini memiliki aplikasi Android atau iOS, silahkan cek di Google Play Store (Android) atau App Store (iOS), bagaimana rating dan review yang mereka dapatkan dari pengguna.

Sebenarnya ini juga bukan cara yang benar-benar valid untuk memeriksa jika sebuah aplikasi pinjaman dana online benar-benar aman dan bagus. Mengingat rating dan review pun bisa dimanipulasi.

Yang bisa disarankan adalah baca dan cermati review yang sudah agak lama atau di bawah. Selain itu, sebaiknya Anda tidak merasa cukup untuk hanya membaca sebagian review, bacalah cukup banyak sampai Anda mendapatkan gambaran yang semakin lengkap tentang aplikasi pinjaman online pilihan Anda itu.

Selain dari Play Store dan App Store, Anda juga bisa mendapatkan gambaran lebih melalui forum-forum maupun media lain yang membahas layanan konsumen.

Semakin banyak Anda tahu mengenai layanan pinjaman online tersebut, semakin kecil juga kemungkinan Anda akan tertipu, (dan semoga – semakin kecil pula kebutuhan Anda untuk sampai pinjam uang.)

Suku bunga menarik

Suku bunga pinjaman biasanya dibahasakan manis dan tersamar. Sehingga bisa memberi kesan ringan-ringan saja bagi calon peminjam. Banyak pula yang menambahinya dengan fitur, fasilitas, yang dibungkus dengan kata benefit atau yang lain.

Ini semua membuat calon peminjam merasa semua terlihat menawarkan pinjaman dan bunga yang sama saja. Padahal tidak (selalu begitu.)

Disarankan untuk membandingkan benar-benar bunga, fitur, benefit, kemudahan atau apapun itu yang ditawarkan oleh masing-masing layanan dengan layanan yang lain.

Ini melelahkan, tetapi percayalah, Anda bisa menyelamatkan diri dari kekacauan yang tidak perlu di beberapa bulan ke depan.

Dimiliki atau berafiliasi dengan bank terpercaya

Cukup banyak fintech aplikasi pinjaman dana online yang bekerja sendiri – mulai dari sumber pendanaan sampai operasionalnya. Yang mana ini tentu saja relatif rawan, mengingat nasabah sama sekali tidak bisa memperoleh informasi mengenai kinerja keuangan si fintech.

Ada pula aplikasi pinjaman dana online yang bekerjasama – berafiliasi dengan bank terpercaya. Tentu saja, ini membuat fintech bersangkutan terlihat lebih kredibel dan memberi keamanan lebih.

Saat ini, mulai banyak bank yang bahkan meluncurkan layanan pinjaman dana online mereka sendiri. Kabar bagus, karena ini berarti persaingan diantara penyedia layanan sendiri semakin ketat. Dengan begitu, harapannya beragam layanan pinjaman dana online juga akan semakin bagus dan tetap kondusif.

Persyaratan pengajuan pinjaman online jelas

Selain bunga ringan, benefit, dan fitur perbankan yang bisa jadi akan sangat bermanfaat untuk Anda selaku nasabah, jangan lupakan juga apakah syarat mengajukan pinjaman online jelas dan tidak menjebak.

Perhatikan poin-poin penting dalam klausul kontrak pengajuan pinjaman dengan baik. Jangan sampai Anda terjebak terlanjur tanda tangan atau memberi pernyataan setuju terhadap layanan tetapi merasa tidak sepenuhnya paham di kemudian hari.

Termasuk ketika Anda nekat meminjam uang online yang syaratnya cuman foto KTP saja itu. Ini lebih menyeramkan lagi, karena persyaratannya banyak yang tidak disampaikan atau sengaja disamarkan.

Demikian 5 tips memilih layanan atau aplikasi pinjaman dana online yang bisa saya bagikan kali ini. Semoga bermanfaat.

tertarik dengan teknologi, gadget, internet, astronomi, anthropologi, sedikit politik, pendidikan, dan bisnis online

You May Also Like

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.