Aplikasi File Manager Android Terbaik

Sedang mencari aplikasi File Manager Android terbaik? Ada banyak sekali pilihan di Google Play Store, sehingga kita semakin pusing cari mana yang paling enak dipakai. Sebelum kita memilih mana yang paling bagus, sangat logis kiranya kalau kita tentukan dulu, apa kriterianya, supaya kita tidak lantas ngawur menentukan hasilnya nanti.

Salah satu keuntungan dari Android adalah, pengguna diberi akses sampai hampir semua tempat dalam storage, bahkan terkadang tanpa perlu akses ‘root.’ Kalau saya, file manager yang bagus itu kriterianya seperti di bawah ini.

Kriteria aplikasi File Manager Android

  • bisa melakukan operasi file dasar (copy/move/delete/rename/create folder)
  • bisa mengakses memory internal dan kartu SD
  • ada fitur untuk search dan sortir file
  • bisa menampilkan thumbnail untuk file media (foto dan video)
  • antar mukanya sederhana dengan desain yang bagus. Tidak ribet dengan pernik-pernik tidak perlu
  • powerful untuk manajemen file. Misalnya bisa meyeleksi folder, bukan cuman file
  • mudah digunakan. Tidak terlalu cerewet nanya ini-itu ketika beroperasi
  • tidak menawarkan yang kita tidak perlu. Wah, ini jadi agak personal ya, haha…
  • dan… ada update berkala yang membuatnya senantiasa bertambah bagus.

Jika ROM yang anda pakai itu bawaan pabrik, biasanya sudah disertakan file explorer tertentu. Tapi jika anda sendiri yang melakukan flashing ulang file ftf ROM tertentu, biasanya tidak ada. Maka langkah pertama setelah flashing ROM dan mengeset koneksi internet dan akun, adalah pergi ke Play Store dan download aplikasi file manager Android yang terbaik. Apa? Itu bingungnya. Ini pilihan anda:

Aplikasi File Manager Android Terbaik

Aplikasi File Manager Android Terbaik

1. File Manager (Explorer) buatan Rhythm Software ini favorit saya. Antar mukanya sederhana, mudah digunakan, nyaman, bisa melakukan semua yang saya sebutkan sebagai kriteria dia atas, kecuali menyeleksi untuk mengcopy folder. Membuka file zip kemudian hanya mengcopy isi-nya tanpa mengekstraknya terlebih dahulu. Menyenangkan, dan file installernya juga kecil banget.

2. ES File Explorer – Hnah, kalau yang satu ini sebenarnya luar biasa. Saya juga menginstallnya. Tapi bukan favorit. Mungkin karena dia terlalu luar biasa fitur-fiturnya. Jadi terkesan ribet. Bisa mengakses file sistem kalau Android anda sudah di root. Kemampuan lainnya adalah ES ini bisa mengirim file via WiFi dengan kecepatan jauh diatas Bluetooth, syaratnya lawan anda juga memakai ES. Mudahnya, tidak file saja, bisa menyeleksi folder dan mengirimkannya. Henak banget.

3. Astro File Manager – Ok, mungkin ini favorit anda, tapi saya tidak. Lupa alasanya apa, tapi sejak pertama dulu mencobanya, langsung tidak suka, mungkin karena pertama muncul ikon untuk folder sudah besar-besar begitu, jadi malas makainya. Fiturnya sih sangat bagus, lebih bagus dari yang nomor 1. Dia bisa langsung connect ke Dropbox, Google Drive, SkyDrive, dan layanan cloud storage lainnya. Ow, ingat, iklannya yang membuat ilfil.

4. File Expert – sebuah aplikasi dengan iklan, UI-nya bagus, untuk versi berbayarnya ada fitur unik seperti File Shredder (untuk mendete file secara permanen) dan Safe Box (untuk menyembunyikan file di dalam folder rahasia). Aplikasi ini juga menawarkan interface dengan tab, seperti yang biasa kita lihat di browser, sehingga mudah untuk berpindah-pindah folder terbuka.

5. Sliding Explorer – file explorer yang satu ini tampilannya modern, sederhana, dan tidak meribetkan pengguna dengan fitur-fitur yang membingungkan. Anda bisa dengan mudah memasukkan folder ke dalam daftar folder yang sering anda buka, dan mengaksesnya dengan cepat. Cukup dengan melakukan swipe kiri-kanan. Untuk tema aplikasi, tersedia tema light dan dark yang bisa anda pilih. Aplikasi Android ini juga mendukung file preview dan melakukan kompresi banyak file sekaligus menjadi sati file zip. Yang kurang adalah, tidak ada fitur search.

6. File Wrangler – kelebihannya adalah dia punya UI yang cantik dengan dual-pane, sehingga pengguna bisa mengcopy atau memindahkan file dari satu folder ke folder lain dengan mudah. Fitur searchnya juga bagus. Ada fitur Quick Draw untuk membantu anda mem-bookmark folder yang paling sering anda buka.

7. Google Quick Office – Quick Office memang lebih dikenal sebagai aplikasi Office Productivity, tapi di dalamnya juga terdapat fitur sebagai file manager yang mantap. Buka Internal Storage dan anda bisa membuka file sistem Android anda, memindahkan dan mengcopy file antar folder juga mudah dilakukan. Fitur search-nya secara simultan bisa mencari file di dalam HP anda maupun yang anda simpan di dalam akun Google Drive. Quick Office ini juga bisa kita gunakan untuk meng-kompres file. Kabar buruknya, sekarang Google tidak meneruskan lagi proyek Google Quick Office ini. Sudah ada Google Docs dan Google Sheet sih.

8. AirDroid – Kalau dilihat sepintas, sepertinya si AirDroid ini akan sama saja dengan aplikasi file manager Android lainnya. Fitur file managernya sendiri tersembnyi dalam tab Tools> Files. Tidak istimewa. Tapi begitu anda menghubungkan Android anda dengan dekstop laptop

Loading...
melalui WiFi di AirDroid, anda bisa mengakses dan mengatur file dalam sebuah explorer bagus dengan interface Windows Explorer.

Kesimpulannya? Mana Aplikasi File Manager Android Terbaik?

Dari sekian banyak pilihan di atas, pada dasarnya, kalau anda sudah menginstall QuickOffice atau AirDroid dalam HP Android anda, tidak perlu lagi mencari dan menginstall aplikasi file manager yang lain. Kalau anda ingin memiliki file explorer yang bisa lebih, pilihlah ES File Explorer.

(Visited 199 times, 1 visits today)
You might also like