Aplikasi Editor Foto Untuk PC Tanpa Download dan Gratis Tapi Bagus

Ketika kita bicara tentang aplikasi atau software olah edit foto untuk desktop, baik di PC atau laptop, memang yang akan disebut pertama itu Adobe Photoshop. Selain memang sudah sangat familiar di kalangan penghobi maupun profesional, Adobe Photoshop sungguh sangat tangguh untuk melakukan apapun dengan foto atau gambar anda. Namun, apa mau dikata, harganya, jangan ngomong yang bajakan loh, juga sungguh ‘terlalu’ untuk ukuran pengguna pribadi seperti kita kaum kebanyakan. Meski sebenarnya harga Adobe Photoshop yang kelewat tinggi itu juga bukan pembenaran atas ramainya aksi pembajakan.

Toh, sebenarnya, tidak semua dari kita akan memakai semua kesaktian Photoshop dalam mengolah foto. Bagi pengguna ‘biasa’ cukuplah kalau kita bisa mengubah ukuran foto, memperbaiki warnanya, memunculkan detail, atau seperti yang sekarang lagi trend – menerapkan filter supaya foto ‘biasa’ bisa terlihat ‘luar biasa’. Lagi pula, kebanyakan aplikasi pengolah foto yang berjalan di Android atau iOS sudah cukup mampu menghadirkan foto yang bagus secara visual. Jadi, kecuali anda memang seorang yang membutuhkan hasil prima semacam profesional fotografer atau designer grafis dan semacamnya, tidak perlu-perlu banget membajak Photoshop. Bagaimana jika anda merasa aplikasi foto yang mobile di smartphone anda tidak cukup dan anda ingin berbuat lebih dan ingin yang gratis? Salah satu jawaban yang paling masuk akal adalah dengan menggunakan aplikasi editor foto online alias web-based.

Keuntungan menggunakan aplikasi editor foto online adalah anda tidak perlu mendownload aplikasi, menginstallnya, lalu menjalankkannya untuk melakukan editing foto. Anda cukup membuka browser anda, mengunjungi situs aplikasi edit foto online yang anda pilih, dan segera bekerja. Karena berbasis online, maka anda tidak perlu space besar di hard disk anda. Kerugiannya? Emmmmm, sangat bergantung pada ketersediaan, kestabilan, dan kecepatan akses internet yang anda miliki. Tanpa itu, maka kita sebaiknya memakai aplikasi editor foto yang gratis tapi tidak online, seperti PhotoScape.

Aplikasi editor foto online untuk desktop ini akan sangat cocok buat mereka yang ingin mengedit foto tanpa perlu kahwatir dengan platform OS yang digunakan, mau Windows, Linux, atau OS-X, semua bisa.

Ok, berikut ini adalah beberapa pilihan aplikasi editor foto online untuk PC yang bagus dan gratis. sumber: http://www.maketecheasier.com/powerful-online-photo-editor/

1. Fotor
Anda bisa menemukan semua tool dasar yang diperlukan untuk mengedit foto di Fotor. UI atau user interface-nya juga menarik, mudah dimengerti dan digunakan. Saya yakin anda tidak perlu waktu lama untuk memahami antar-mukanya.

Ada beragam fitur yang bisa anda gunakan untuk mengedit foto, seperti crop, resize, frames, effects, text, flipping, tilt-shift, beautify, brightness, contrast, sampai temperature adjustments. Juga ada fitur 1-tap enhancement tool yang akan menganalisa foto anda dengan cepat dan kemudian memperbaikinya dengan otomatis sehingga foto anda akan terlihat dalam keadaan terbaik.

image

Loading...

Dengan Fotor, anda bisa membuat kartu ucapan, foto-foto HDR, slide, dan kalau mau picture profile akun media sosial anda. Untuk mulai menggunakannya, anda bisa segera klik pada tombol Edit a Photo di halaman pembukanya, menguplaod foto, dan mulai mengeditnya. Fotor juga punya aplikasi editor foto untuk Windows, Mac, iPhone, Android, dan Modern app khusus untuk Windows 8.

Mau mencoba? Silahkan kunjungi official sitenya: Fotor.

Catatan: jika anda kesulitan, coba update Flash Player anda atau gunakan Google Chrome versi terbaru. Pada saat saya mencobanya dengan Firefox, foto tidak bisa diunggah dengan baik.

2. Ribbet
Saya tidak mengerti mengapa aplikasi editor foto untuk PC online yang satu ini memakai nama Ribbet. Dalam bahasa kita maknanya kan negatif, haha… Tapi yang satu ini jauh dari ribet kog. Ribbet cukup memuaskan dengan fitur-fitur yang mengesankan, seperti touch up, curves, effects, pro adjust, cropping, flipping, frames, bahkan membuat layer seperti yang biasa kita buat di Photoshop, dll.

Interfacenya sendiri terlihat sangat simple dan tidak mbulet atau ribet. Langsung saja, tidak aneh-aneh. Anda juga tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya. Mulailah dengan mengupload foto dengan klik pada tombol “Upload Photo”, dan gunakan tool yang ada di sisi kiri. Silahkan di explore saja kemampuan lebihnya.

Rasa-rasanya Ribbet menggunakan cara yang sama dengan iPiccy. Kecepatan dan kemudahan menjadi salah satu kelebihan yang dibawanya. Cobalah, asyik kog. Supaya aman, anda perlu menyimpan setiap efek yang anda terapkan sebelum menggunakan efek yang lain.

image

Salah satu kekurangan – anggaplah begitu – Ribbet akan memberi watermark di setiap hasil editingnya. Sebagai kompensasi anda mendapat tools yang sangat bagus. Untuk mulai silahkan kunjungi Ribbet.

3. PicMonkey
Kalau yang satu ini tampilannya lebih sederhana dan bersih. Enak sih. Tools-nya lengkap, mudah ditemukan, user friendly. Masalahnya, tidak seperti Ribbet dan Fotor, hampir semua tools yang advance baru ada jika kita melakukan upgrade berbayar, jadi tidak sepenuhnya gratis. Meski anda juga masih bisa menggunakannya sih, tapi nanti akan ada ikon kecil yang ditambahkan. Tidak masalah besar juga, namanya juga gratis, kan? Anda tidak perlu mendaftar untuk menggunakannya. Mau? Mulai edit foto anda di PicMonkey sekarang juga. Jika anda cuman mau main-main atau sekedar mencoba, juga ada beberapa foto yang sudah disiapkan. Enak kan? Pastikan saja Flash Player anda sudah bersi terbaru.

4. iPiccy
Pilihan aplikasi editor foto online untuk PC berikutnya adalah iPiccy. Sama dengan aplikasi sebelumnya, anda bisa mendapatkan tool editing foto mulai dari yang basic sampai yang advance di sini. Anda juga hanya perlu mengupload foto anda dan mulai mengedit seperti biasa. Jelajahi saja semua efek dan filter yang boleh anda pakai. Selain untuk mengedit foto, iPiccy juga bisa berlaku seperti MS Paint, maksudnya sebagai aplikasi untuk menggambar sederhana tanpa perlu foto sebagai tempat anda mengedit. Tak sabar ingin menggunakannya? Lakukan saja di iPiccy.

image

Bagaimana? Apakah anda punya aplikasi web-based lain untuk mengedit foto dengan mudah dan nyaman? Silahkan, saya tunggu komentarnya.

Loading...

Jangan ragu untuk berkomentar ya....