dee-nesia
mencari dan berbagi

Apa Yang Menentukan CPC Adsense?

Daftar Adsense sudah, pasang script iklan Adsense sudah, jumlah visitor dan page view juga bagus, jumlah klik per hari juga alias CTR-nya juga lumayanlah, di kisaran 1 sampai 1,5%. Tapi eh… kog CPC-nya kecil banget. Tidak beranjak dari kisaran $0,3. Paling tinggi cuman $0,5. Kalau sedang beruntung dapet-lah $0,7 atau lebih, tapi itu hanya beberapa klik. Ngenes banget rasanya. Sudah capek-capek bikin posting melalui keyword research yang ruwet, cari bahan, dan mengedit posting. Tapi hasilnya masih sedikit. Terus bagaimana ini CPC bisa naik? Setidaknya ada perbaikan pendapatan sedikit-lah.

Apa yang menentukan tingginya CPC?

Yang akan saya katakan di bawah ini bukan fakta loh. Tapi cuman hasil analisa kasar dari yang pernah saya alami dan sempat baca-baca dari berbagai mastah Adsense.

CPC atau Cost Per Click adalah bayaran yang diterima publisher iklan dari satu klik iklan PPC. Kalau iklan PPC dari Indonesia sih rata-rata nilainya fixed, alias tetap. Kisarannya sekitar Rp. 500 per klik. Kalau Adsense?

Nah, itu dia. CPC iklan dari Adsense itu tidak sama nilai per klik-nya. Dan ada banyak parameter yang digunakan disana sampai kita mendapat bayaran. Apa saja parameternya? Kira