Apa Penyebab Flashdisk Write Protected?

Apa Penyebab Flashdisk Write Protected? Pernah mengalami tidak bisa memindah data atau file ke dalam flashdisk padahal masih kosong dan file di dalamnya masih bisa dibaca dan yang muncul adalah error menyebalkan ‘The disk is write-protected.’ Buat yang belum pernah mengalami tentu tidak tahu sensasinya yang bisa membuat perut mual tidak karuan. Terlebih jika data di dalamnya sangat penting, misalnya data tugas sekolah, skripsi, atau tugas dari kantor. Kan susah, sekalinya ngedit dokumen, eh tidak mau disimpan di flashdisk.

Ada sih alternatif lain memindahkan data seandainya flashdisknya memang tidak bisa dipakai, semisal dengan mengirimkannya melalui email, lewat WiFi atau Bluetooth ke smartphone terlebih dahulu baru nanti dioper ke laptop. Tapi kan itu relatif ribet. Hehe…. Butuh waktu untuk mikir juga, wkwkwk….
Jika butuh memperbaikinya, silahkan baca Cara Memperbaiki Flashdisk Yang Write Protected.
The disk is write-protected.

Loading...

Nah, jika flashdisk anda sudah sembuh atau sedang baik-baik saja, tapi anda penasaran dengan penyebabnya, silahkan baca yang berikut ini.

Inilah penyebab flashdisk write protected

Ada beberapa kemungkinan mengapa flashdisk bisa dalam kondisi tidak bisa ditulisi. Antara lain seperti ini:

  • memang secara fisik flashdisk tersebut punya switch write protection. Sekarang sangat kecil kemungkinannya kita bisa menemukan flashdisk dengan tombol seperti ini. Tapi mungkin saja masih ada yang memakai flashdisk jenis ini. Makanya, sebelumnya, silahkan cek dulu. Ada switch ini apa tidak. Jika ada ya coba pindahkan posisi-nya lalu colokkan lagi ke USB port laptop atau PC kamu.
  • memang sengaja di lock dengan aplikasi tertentu. Ada banyak aplikasi untuk membuat flash disk berada dalam kondisi terkunci. Tujuannya ya supaya flashdisk aman dari perubahan karena tidak bisa ditulisi.
  • terkena virus yang menggunakan kemampuan mengunci flash disk sehingga dia bisa memperlambat upaya kita untuk menghapusnya.
  • salah cara pemakaian. Ini yang paling sering dan umum terjadi. Salah bagaimana? Biasanya karena flashdisk dilepas atau dicabut dari port USB ketika masih ada file yang dibaca oleh aplikasi di komputer. Kalau yang terjadi hanya berubahnya status flashdisk menjadi write protected, kamu masih beruntung. Yang paling sial ya flash disk kamu bisa rusak total sama sekali tidak bisa digunakan.

Ini pertanda flash disk sudah mau rusak. Flash disk juga punya masa pakai. Terlebih jika anda memakainya tidak dengan tepat. Jika anda tidak memakai aplikasi untuk mengamankannya, selalu melepas dengan benar, sudah memastikan kalau aman dari virus, tapi ternyata peringatan write protected ini muncul juga, maka ini pertanda kalau anda musti bersiap memindahkan data di dalamnya dan beli yang baru.

Loading...
One Comment

Jangan ragu untuk berkomentar ya....